Wisata Kraton : Plengkung Gading

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Seperti diketahui, di Kraton Yogyakarta memiliki Benteng pelindung dari serbuan penjajah kolonial di masa lampau. Benteng Kraton tersebut mengelilingi area Kraton Kasultanan Yogyakarta.

Benteng Kraton tersebut terdapat 5 pintu ( gapura) sebagai satu satunya jalan keluar dan masuk masyarakat di jaman penjajahan yakni plengkung Tarunasura di sisi Utara , Plengkung Madyasura di sisi timur , Plengkung Nirbaya di sisi selatan, Plengkung Jagabaya di sisi Barat daya , dan Plengkung Jagasura di sisi barat Kraton kasultanan Yogyakarta.

Saat ini, hanya tinggal 2 gapura saja yang wujudnya masih asli yakni Plengkung Tarunasura yang lebih dikenal dengan sebutan plengkung Gading dan Plengkung Nirbaya yang lebih sering dikenal dengan sebutan Plengkung Gading.

Plengkung Gading merupakan pintu / gapura dari Beteng Kraton Yogyakarta yang berada di Selatan, kurang lebih 300 meter dari alun alun selatan.

Apa yang membedakan plengkung Gading dengan plengkung Wijilan? Perbedaan yang paling mencolok dari plengkung Gading adalah adanya menara sirene yang sampai sekarang masih bisa digunakan. Menara Sirene untuk sekarang ini hanya digunakan untuk 2 momen : yang pertama adalah setiap tanggal  17 agustus sebagai pengingat peristiwa detik detik Proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan yang kedua adalah setiap menjelang buka puasa saat bulan ramadhan sebagai pertanda bahwa sebentar lagi akan tiba saatnya buka puasa dan adzan maghrib.

Dalam sistem tata letak wilayah Kraton Kasultanan Yogyakarta ini, Plengkung Gading digunakan sebagai akses keluar jenazah Sultan yang mangkat (meninggal) menuju ke makam raja- raja mataram yang berada di Imogiri, maka konon selama Sultan masih sugeng ( hidup) tidak diperkenankan untuk melewati plengkung Gading tersebut.

Plengkung Gading juga merupakan salah satu Cagar Budaya yang dilindungi oleg negara dan pemerintah lho..

Wujud dari bangunan Plengkung gading apabila dilihat dari utara ( dalam beteng Kraton) foto by Gal

Buat kalian pecinta fotografi dan hobi selfie, plengkung Gading ini juga merupakan spot foto yang menarik lho.. saran dari saya apabila ingin mengambil foto di kawasan Plengkung Gading ini waktu yang tepat adalah senja atau sekitar jam 5 sore agar mendapatkan panorama sun set yang sangat cantik.

Plengkung Gading bila dilihat dari Luar beteng Kraton (foto by Gal)

Nah, demikian dulu nih perkenalan kita dengan salah satu Cagar Budaya warisan Kraton kasultanan Yogyakarta ini.

Ingat, cagar budaya harus kita jaga kebersihan dan keindahannya terutama dari corat coret tangan tangan jahil. Kalau bukan kita yang menjaga keindahan dan kebersihan cagar budaya ini lalu siapa lagi?

 

Salam jempol!!

By Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id