Video Learning: Mengenal Big Data & Analytic

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – dalam video dibawah ini dijelaskan apa itu Big Data & Analytic dan apa manfaatnya untuk bisnis. Dibawah video ini dijelaskan dalam bentuk artikel contoh penerapan tekhnologi ini dalam industri perhotelan. Selamat menonton dan belajar.

Video diatas menerangkan bahwa saat ini tersedia banyak sekali data yang berasal dari berbagai macam sumber, misalnya data dari internal hotel Anda, data yang berasal dari luar seperti dari social media, dan berbagai macam sumber lainnya. Data-data tersebut terdiri dari dua jenis yaitu: terstruktur dan tidak terstruktur yang kemudian dikerucutkan menjadi sebuah data yang terstruktur yang bisa digunakan sebagai alat untuk menganalisa  proses bisnis dan mengambil keputusan secara instan.

Data Terstruktur dan Contoh Penerapannya

Contoh data terstruktur misalnya data-data yang Anda masukkan berada dalam sebuah Field/kolom. Jenis data ini bila di entry secara terus menerus maka hasil akhirnya akan lebih mudah untuk dianalisa. Contoh penerapan dihotel seperti system PMS di hotel. Disana ada field misalnya Purpose of Visit dimana dalam kolomnya misal  tersedia dua pilihan yaitu (Business or Leasure).

Dalam kurun waktu tertentu data tersebut bisa dijadikan sebuah laporan, misalnya berapa banyak sih jumlah tamu yang telah melakukan kunjungan bisnis dalam 3 bulan terakhir? Dari hasil laporan tersebut maka Anda bisa menggunakannya sebagai alat pengambilan keputusan.

Misalnya: Karena Anda melihat bahwa 40% dari pasar Anda adalah dari segmen tamu bisnis yang berasal dari kota-kota seperti (20% dari Jakarta, 10% Surabaya, 5% Makasar dan 5% dari kota lain), maka Anda pun bisa memutuskan untuk:  Membuat Paket Kamar untuk Tamu Business,  memilih Media yang akan digunakan untuk memasarkan paket tersebut ke sasaran lokasi yang akan Anda capai, lalu memetakan sasaran target perusahaan yang akan dibidik dan lain-lain. Jadi, data terstruktur ini sangat penting sekali, akurasi dalam entry data pun juga sangat penting yang bertujuan  untuk menghasilkan data yang bisa  dianalisa dan memaksimalkan proses dalam pengambilan keputusan dengan akurasi yang tepat.

Data Tidak Terstruktur dan Contoh Penerapannya

Data tidak terstruktur ini asalnya bisa dari internal perusahaan Anda atau dari luar. Contohnya adalah data-data dari  facebook, twitter, linkedin, trip advisor, riview di berbagai online travel, google dan lain-lain. Data tersebut berformat macam-macam, dari mulai text, video, image dan lain sebagainya. Lalu, data tersebut di strukturkan menjadi sebuah statistic yang bisa dianalisa dalam mengambil keputusan. Contoh penerapannya dihotel adalah sebagai berikut:

Banyangkan,  berapa banyak orang yang komen atau memberikan riview tentang hotel Anda? Bayangkan pula betapa repotnya kita untuk menganalisa dengan melihat satu per satu. Nah, dengan tekhnologi Big Data ini maka, Data-data riview tersebut diambil, kata per kata dipadukan, diolah dan disajikan dalam bentuk statistic. Contoh: Anda bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang komen, berapa banyak yang membicarakan mengenai “kebersihan hotel”, “kecepatan pelayanan”, “keramahan petugas”, “Kualitas Makanan”, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal tersebut maka hotel bisa melakukan tindakan perbaikan atau menpertahankan apa yang sudah bagus, merespon riview secara realtime, dan berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk proses koordinasi.

Contoh penerapan lainnya misalnya: apakah kompetitor Anda juga menggunakan OTA seperti booking.com, agoda atau OTA lainnnya? Anda juga bisa mengambil data yang mereka masukkan kedalam platform OTA tersebut, misalnya mengambil data ketersediaan kamar dan harga yang dipasang oleh competitor, lalu mengambil keputusan menaikkan atau menurunkan harga jual untuk hotel Anda.

Jadi, manfaat dari Big Data & Analytic ini adalah mempermudah pekerjaan kita dalam mengumpulkan data, menganalisa, memprediksi dan mengambil keputusan yang akurat sesuai saran yang diberikan oleh system. Untuk memenangkan pasar memang membutuhkan intelligent yang bersumber dari data yang bersih, memerlukan komitment dari pemimpin untuk memupuk budaya dalam memelihara kebersihan data, sehingga keputusan dapat diambil dengan cepat, business process menjadi lebih effisien, kepuasan pelanggan dan karyawan juga meningkat, akhirnya tingkat produktifitas bisnis meningkat. Tekhnologi Big Data ini bisa diterapkan disemua sendi-sendi architecture system di hotel Anda. Dalam Video learning selanjutnya kita akan bahas apa hubungan antara Big Data dan Artificial Intelligent Technology.

Salam Jempolier

By: Ikin SolikinIHLC.co.id

Baca Juga artikel menarik dibawah: 

Bidang Keahlihan IT yang akan Muncul

Pentingnya Online Reputation Management 

Like & Share

5 thoughts on “Video Learning: Mengenal Big Data & Analytic

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id