Titik Rawan Macet Di Jogja Ketika Lebaran

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id- Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hitungan jari, tak lama lagi kita akan bersama-sama kumpul keluarga untuk mengadakan Syawalan sekaligus acara Halal Bi Halal. Buat temen-temen yang akan mudik atau berliburan ke Jogjakarta, tak ada salahnya untuk menghindari titik rawan macet saat travel di Jogja ketika lebaran nanti. Titik mana saja sih yang rawan macet?

Titik rawan macet di Kota Jogja dibagi kedalam  empat bagian berikut ini:

Jogja Utara

  • Sekitar Terminal Jombor sampai dipersimpangan bawah Flyover Jombor. Kendaraan yang akan masuk ke kota Jogja dari arah Magelang maupun arah sebaliknya akan bertemu dipersimpangan jalan tepat di bawah Flyover Jombor.
  • Sepanjang Jalan Kaliurang sampai ke area kampus Universitas Gajah Mada. Jalan kaliurang merupakan jalan utama menuju ke objek wisata kaliurang yang berada di lereng gunung merapi, selain itu jalan kaliurang merupakan salah satu wilayah dengan banyak cafe dan restoran sehingga akan banyak mobil yang parkir di pinggiran jalan.
  • Ringroad condongcatur dari depan Hartono Mall sampai ke jalan Gejayan. Ringroad Condongcatur juga menjadi titik rawan macet di waktu lebaran ini. Selain Hartono Mall, di Ringroad Condongcatur ini juga terdapat objek wisata “Upside Down” atau rumah terbalik dan jalan utama menuju ke objek wisata Jogja Bay.

Jogja Barat

  • Jalan Godean sampai Ringroad Gamping. Jalan godean merupakan jalan alternatif menuju kota jogja dari arah Barat ( Wates-purworejo-kebumen). Jalan Godean tidak begitu luas sehingga kemungkinan akan terjadi kepadatan, selain itu di jalan Godean terdapat perempatan yang tidak ada lampu lalulintas nya sehingga pengendara diharuskan waspada dan hati-hati.
  • Jalan Wates adalah jalur lintas selatan bagi pemudik dari arah jakarta dan sekitarnya yang akan menuju ke Jogja dan Jawa Tengah. Penumpukan kendaraan akan terjadi apabila jumlah kendaraan yang akan masuk ke jogja semakin banyak.

Jogja Timur

  • Jalan Oerip Sumoharjo sampai ke arah Flyover Janti. Di sepanjang jalan oerip sumoharjo sampai ke arah Flyover Janti merupakan pusat pembelanjaan di Kota Jogja. Di sepanjang jalan tersebut terdapat 2 mall besar (Ambarukmo Plaza dan Lippo Plaza) dan 1 pusat pembelanjaan (Gardena) sehingga apabila parking area yang dimiliki ketiga pusat perbelanjaan tersebut tidak bisa menampung banyaknya kendaraan, maka kendaraan akan terparkir di pinggir jalan sehingga akan menimbulkan sedikit kemacetan.
  • Flyover Janti sampai Gerbang Objek Wisata Candi Prambanan. Jalan tersebut merupakan jalan utama bagi para pemudik yang hendak menuju ke daerah Klaten dan surakarta. Selain itu, objek wisata candi prambanan masih menjadi objek wisata yang favorit.
  • Piyungan sampai ke Bukit Pathuk Jalan Wonosari. Piyungan dan jalan wonosari merupakan jalan utama menuju ke arah kabupaten gunungkidul dan ke kawasan objek wisata berupa pantai. Yap, banyak pemudik yang akan menikmati keindahan objek wisata alam berupa pantai di kawasan kabupaten gunung kidul yang kemudianakan menyebabkan kemacetan yang panjang.
    Jogja selatan
  • Jalan Parangtritis. Jalan parangtritis merupakan jalan menuju objek wisata pantai parangtritis dan sekitarnya.
  • Jalan Imogiri. Jalan imogiri juga merupakan jalan menuju ke objek wisata. Ada beberapa objek wisata di kawasan ini yakni Makam raja-raja mataram, kebun buah Mangunan dan puncak becici. Selain itu di jalan imogiri ini juga pusat kuliner Sate klathak (sate kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi ban motor) yang sempat booming karena merupakan lokasi syuting film Ada apa dengan cinta di tahun 2016 kemarin.

Jogja kota
Jalan Brigjen katamso sampai ke arah jalan Mataram. Jalan Brigjen katamso sampai ke arah jalan Mataram merupakan jalan menuju kawasan Malioboro dan Pasar Gedhe Beringharjo.

  • Titik 0 kilometer sampai alun alun utara
  • Sentra Gudeg wijilan
  • Jalan Mayjend DI. Panjaitan sampai ke plengkung gading. Jalan ini merupakan jalan menuju ke alun-alun selatan.
  • Seputaran Alun- alun selatan. Karena banyaknya wisatawan yang ingin menikmati malam di alun-alun selatan, bisa dipastikan akan terjadi kemacetan di seputaran wilayah alun-alun selatan karena sebagian jalan digunakan untuk area parkir kendaraan di malam hari.
  • Stadion Kridosono.Titik kemacetan juga terjadi di jalan stadion kridosono, karena kendaraan yang akan menuju ke arah Malioboro akan dipaksa melewati jalan di depan stadion Kridosono, begitu juga dari jalan mataram yang akan menuju ke stadion kridosono juga akan melewati depan stadion.
  • Jalan jendral sudirman sampai ke Tugu Jogja. Jalan jendral sudirman merupakan jalan utama dari arah timur (solo) yang akan menuju ke arah barat ( Wates-purworejo) selain itu objek wisata tugu jogja juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemudik untuk foto-foto sekaligus menikmati angkringan kopi jos khas jogja.

Itulah beberapa titik rawan macet yang berada di jogjakarta. Dengan adanya sedikit pemetaan mengenai titik rawan macet di jogja, diharapkan teman-teman akan bisa memanage waktu dan memperkirakan daya tempuh sehingga emosi di jalan menjadi lebih terkontrol dan lebih siap untuk menghadapi kemacetan yang mungkin timbul di titik rawan macet yang sudah diulas di atas.

Jaga kesehatan dan patuhilah rambu-rambu dan marka jalan, semoga selamat sampai tujuan dan kumpul bersama keluarga besar, dan selamat datang di Jogjakarta. Bantulah  warga Jogja untuk disiplin dalam berlakulintas dan terus menjaga kebersihan serta keindahan Jogjakarta dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Salam jempolier!!
By Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id