Tips check out bagi tamu hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Check out adalah proses konfirmasi tamu hotel kepada pihak hotel setelah menyelesaikan masa menginap di hotel dan akan keluar dari unit hotel tersebut. Seperti halnya check in, terkadang terdapat tamu yang belum mengetahui cara untuk check out.

Bagaimana sih cara melakukan check out kamar hotel?

Cara melakukan check out kamar hotel :

  1. Seperti halnya check in, tamu harus mengetahui jadwal kapan harus checkout. Keterlambatan untuk check out akan dikenakan tambahan biaya oleh pihak hotel. Umumnya, jadwal check out adalah jam 12.00, namun setiap hotel bisa juga memiliki ketentuan yang berbeda. Silahkan periksa pada surat konfirmasi yang dikirimkan oleh Pihak Hotel atau Travel Agent Anda.
  2. Kemasi barang bawaan anda dan pastikan jangan ada yang tertinggal di dalam kamar
  3. Pastikan juga jangan ada barang- barang milik hotel yang terbawa selain peralatan mandi, sandal hotel, dan air mineral yang diletakkan di meja kamar.
  4. Pastikan juga apakah anda mengambil air kemasan atau makanan yang disediakan di dalam lemari pendingin di kamar. Kalau iya, maka segera dibayarkan pada waktu check out di counter receptionis, kecuali jika fasilitas minibar tersebut sudah ada dalam paket yang Anda beli.
  5. Isilah guest comment card yang telah disediakan oleh pihak hotel. Guest comment card ini adalah kartu dimana tamu bisa memberikan kesan dan kritikan terhadap pelayanan hotel. Sehingga hotel akan mengevaluasi, menjaga atau meningkatkan kualitas pelayannya.
  6. Sebelum melakukan check out di counter reception, alangkah baiknya didahulukan untuk sarapan di resaurant dengan menggunakan voucher makan yang diberikan ketika check in bila kamar Anda termasuk kedalam paket yang Anda beli.
  7. Serahkan kunci kamar ke staff reception. Beberapa hotel menerapkan aturan denda bila kunci kamar Anda tidak diserahkan.
  8. Setelah itu staff reception akan memberikan informasi kepada staff housekeeping untuk pengecekan kamar. Pada saat pengecekan kamar sebaiknya anda  menunggu sejenak sampai ada informasi dari staff housekeeping untuk memastikan bahwa tidak ada barang anda yang tertinggal didalam kamar hotel
  9. Staff Reception akan membuat bukti pembayaran untuk tamu. Apabila uang yang digunakan untuk deposit jumlahnya kurang, maka staff reception akan menagihkan kekurangan uang tersebut. Begitu juga apabila terdapat sisa uang dari jumlah deposit, receptionis juga akan memberikan sisa uang tersebut.
  10. Bila Anda puas dengan layanan hotel dan memiliki remcana perjalanan dikota yang sama, lakukan reservasi sebelum Anda meninggalkan hotel. Melakukan reservasi jauh hari akan menguntungkan untuk Anda karena biasanya harga kamar lebih rendah dibandingkan bila pemesanan dilakukan mendadak. Karena banyak hotel saat ini yang menerapkan konsep Dynamic Rate, yaitu harga dipatok berdasarkan besaran jumlah permintaan kamar. Sama persis seperti penerapan harga di industri penerbangan.

Demikianlah cara melakukan checkout kamar di hotel bagi Anda sebagai tamu. Dengan mengetahui prosedur check out tersebut, semoga Anda lebih memahami aturan hotel, sehingga Anda pun akan menjadi lebih nyaman pada saat ingin meninggalkan hotel.

Kontributor

Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id