Supervisor: Your Role As A Problem Solver

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Setelah kita mempelajari beberapa artikel mengenai peran pentingnya supervisor dalam menunjang kesuksesan hotel, cara memimpin briefing, peran penting supervisor sebagai trainer dan  cara memberikan evaluasi kepada tim kita, maka dalam artikel ini kita akan mengulas tentang peran penting seorang supervisor sebagai problem solver di departemen Anda masing-masing.

Merujuk dari berbagai sumber, maka permasalahan yang umum dihadapi supervisor terdiri dari 4 hal, yaitu sebagai berikut:

Pertama adalah yang berhubungan dengan “Fraud” / Pelanggaran yang dilakukan Oleh Karyawan

Sebagai Supervisor di Restoran, tentunya Anda mengetahui berbagai macam aturan yang ada di departemen Anda, misalnya yang berhubungan dengan Food Safety, Hygiene, atau aturan-aturan lain yang bergubungan dengan  integritas profesi yaitu “kejujuran”. Berikut ini adalah ilustrasi dari kasus yang mungkin Anda pernah alami.

Di area dapur, Anda melihat bahwa karyawan Anda sedang pesta makan bersama teman-temannya ketika mereka baru saja selesai “Clear Up” buffet di restoran. Anda mengetahui bahwa untuk alasan Food Safety, maka dalam aturan disebutkan bahwa karyawan dilarang makan untuk makanan yang disajikan untuk tamu, karena khusus makanan karyawan sudah disediakan di kantin karyawan. Mengetahui pelanggaran tersebut, sebagai Supervisor di Restoran yang langsung melihat kejadian perkara, Apa yang akan Anda lakukan?

Jawaban A: Saya biarkan karena tidak berdampak kepada Food Cost

Jawaban B: Saya biarkan karena saya juga pernah melakukannya bersama mereka

Jawaban C: Saya beritahukan dan menjelaskan kembali aturan main yang seharusnya dilakukan karyawan

Jawaban D: Saya sampaikan ke Manajer untuk ditindak.

Jika Anda mengalami hal tersebut, yang mana jawaban Anda? Apa konsekuensi  bila Anda menjawab A, B, C atau D? Silahkan refleksikan kedalam diri Anda sendiri tentang pilihan jawaban yang Anda pilih.

Intinya, setiap jawaban atau tindakan yang Anda lakukan mengandung konsekuensi, baik positif maupun negatif. Sebagai Supervisor, maka Anda harus mengambil tindakan untuk memperbaiki situasi.

Selain yang berhubungan dengan pelanggaran, Anda juga harus mampu menyelesaikan masalah lainnya misalnya: Karyawan tiba-tiba sakit atau langganan sakit setiap hari Jumat, karyawan yang belum mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan berbagai masalah lain dibidang Sumber Daya Manusia. Anda sebagai Supervisor berperan penting dalam mencari solusi dan menindak lanjuti berbagai masalah yang Anda hadapi tentang performa kerja dari staff Anda.

Kedua, yang berhubungan dengan Tamu Hotel 

Pernahkah Anda mendapatkan informasi dari staff bahwa mereka perlu bantuan Anda karena ada tamu yang komplain?

Nah, disini Anda berperan untuk membantu staff dalam menghadapi keluhan pelanggan dengan mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi. Artikel lengkapnya silahkan di baca disini (catatan: sesuaikan dengan kebijakan dihotel Anda). 

Selain itu, Anda juga harus menindak lanjuti berbagai macam masalah lainnya, Misalnya Nilai Pencapaian Guest Comments yang harus ditingkatkan dan hal-hal lain yang berhubungan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada tamu hotel.

Ketiga, Menangani Masalah yang berhubungan dengan Produk atau Alat kerja

Sebagai Supervisor Di Engineering, Pernahkah Anda mengalami kerusakan pada alat kerja Anda? Atau pernahkah Anda mengalami kekurangan stock barang untuk proses perbaikan hotel?

Nah, disinilah peran Anda dalam berkoordinasi dengan Manager Anda atau departemen lain sangat diperhitungkan dalam menangani situasi, sehingga staff Anda merasa nyaman ketika bekerja karena mereka memiliki alat yang cukup untuk bekerja.

Contoh lainnya, sebagai Chef De Partie di Kitchen, pernahkan Anda mengalami kerusakan atau kekurangan pada alat masak Anda?

Misalnya: Kompor yang rusak atau Gas LPG yang habis? Sama Halnya dengan Engineering, Anda pun harus aktif mencari solusi dan mengkomunikasikan hal tersebut kepada orang yang memiliki otoritas untuk menyelesaikannya.

Jadi, peran Supervisor dalam mendeteksi dan mencari solusi atas berbagai macam masalah yang ada sangat diperlukan untuk memastikan bahwa semua aturan dijalankan dengan baik, memastikan semua tamu puas atau membantu karyawan untuk dapat menggunakan peralatan kerja sebagaimana mestinya.

Supervisor yang melakukan pekerjaannya dengan baik adalah mereka yang berorientasi kepada “Solusi” dan menjadikan permasalahan sebagai “peluang” untuk mengasah keterampilan kita dalam memimpi dan aktif berkomunikasi dengan orang lain untuk bersama-sama menyelesaikan masalah yang timbul. Sehingga, Anda dapat menjadi pemimpin yang tegas dan bijaksana yang dapat melalui rintangan yang Anda hadapi dengan baik.

Salam Jempolier!

By: Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik dibawah ini:

Supervisor: Pentingnya Peran Supervisor di Hotel

Supervisor: Cara Memimpin Briefing

Supervisor: Peran Supervisor Sebagai Trainer

Supervisor: Cara Memberikan Evaluasi

Karakter Pemimpin Ala Indonesia

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id