Sudahkah dihotel Anda menerapkan Cross Training?

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Setiap karyawan pasti ingin meningkatkan kualitas kinerja dan meningkatkan keterampilannya. Salah satu kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan hotel untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan kerja mereka adalah dengan mengikuti Cross Departmental Training. Cross training adalah mode pelatihan bagi karyawan hotel untuk lebih mengenal pekerjaan dari departemen lainnya di dalam hotel dengan cara si karyawan melakukan pekerjaan atau melakukan pelatihan kerja di departemen lain dengan jumlah durasi tertentu.

Untuk melakukan cross training ini beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah waktu pelaksanaan. Umumnya, peserta akan dijadwalkan setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan utama pada departemennya.

Contoh penerapan cross departmental training adalah sebagai berikut:

Seorang karyawan accounting mengikuti Cross Departmental Training ke Kitchen. Tujuan dari cross training bagi karyawan accounting adalah supaya si karyawan dari departemen accounting ini lebih mendalami lagi mengenai alur transaksi atau proses bisnis yang terjadi di dalam departemen F&B Product dengan langsung melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh tim F&B Product.

Bila biasanya peserta dari departemen accounting ini hanya menerima data cost of food yang sudah berisi angka yang di isi oleh F&B Product, maka dengan adanya Cross Training ini  peserta dapat mengetahui bagaimana F&B Product membuat sebuah data Cost of Food sehingga bisa diolah oleh departement accounting menjadi sebuah laporan Cost of food.

Umumnya proses pelaksanaan Cross Training ini dimulai dari:

  • Karyawan meminta ijin kepada atasan, mengisi formulir dan diserahkan ke bagian HRD
  • Bagian HRD akan memproses ke departemen yang ingin dituju dengan durasi waktu dan ruang lingkup pekerjaan yang akan dipelajari.
  • Departemen lain menyetujui untuk permintaan Cross Training dan menyediakan tenaga pengajar (trainer) untuk mendampingi proses belajar dengan metode On The Job Training.

Adapun manfaat yang diperoleh setelah dilakukannya Cross Departmental Training ini adalah :

Manfaat Bagi hotel :

  • Hotel akan mendapatkan karyawan yang memiliki kemampuan yang beragam (multi skill)
  • Manajemen akan lebih mudah untuk melakukan pertukaran posisi yang telah siap dan memiliki keterampilan sesuai kriteria yang diinginkan
  • Hotel akan memiliki karyawan cadangan yang dapat memback up pekerjaan apabila posisi pada pekerjaan tersebut sedang kosong.

Bagi karyawan

  • Karyawan akan lebih mengenal job description di departemen lain dan memahami beban kerja yang ada. Sehingga timbul rasa empathy dan meningkatkan kerjasama tim antar departemen.
  • Karyawan akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baru
  • Karyawan bisa sedikit mengurangi stress akibat rutinitas kerja dan pekerjaan yang monoton yang dilakukan didepartemenya
  • Karyawan akan lebih mendalami dan memahami permasalahan yang ada di departemen lain
  • Karyawan dapat mengenal lebih jauh anggota tim dari departemen lain dan menjalin komunikasi yang efektif setelah Cross Training dilaksanakan.

Jadi, apakah dihotel Anda sudah memberikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk mengikuti Cross Training Training?  Semoga budaya belajar senantiasa ada di hotel Anda.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id