Sertifikasi Usaha Pariwisata Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Tahukah Anda dasar hukum dalam Usaha Pariwisata dalam meningkatkan mutu pelayanan di hotel Anda?

Berikut adalah beberapa rangkuman pertanyaan dan jawaban yang paling sering ditanyakan oleh hotel.

Apa Dasar Kebijakan Pemerintah mengenai Sertifikasi Usaha?

Untuk meningkatkan kualitas bidang pariwisata Indonesia khususnya produk, pelayanan dan pengelolan, pemerintah  telah mengeluarkan beberapa kebijakan-kebijakan, salah satunya adalah undang undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Pasal 54 yaitu berkenaan dengan pengelolaan usaha pariwisata dimana hotel harus memiliki standar usaha pariwisata yang dilaksanakan melalui sertifikasi.

Siapa yang berhak melakukan proses Sertifikasi Usaha Pariwisata?

Pada pelaksanaannya, proses sertifikasi dilaksanakan oleh lembaga mandiri yang berwenang yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata yang termaktub dalam Pasal 19, Pasal 22, Pasal 23 yaitu Sertifikasi usaha pariwisata dilaksanakan oleh LSU bidang Pariwisata yang telah ditunjuk oleh Kementrian Pariwisata.

Apa Tanggung Jawab Moral LSU dalam proses sertifikasi?

Untuk menjamin bahwa proses sertifikasi  dilaksanakan secara transparan, obyektif, dan kredibel sesuai dengan tata cara sertifikasi usaha pariwisata. Sehingga, hasilnya dapat dipertanggung jawabkan sesuai amanah yang diberikan oleh negara dan masyarakat.

Siapa yang mengawasi LSU?

LSU dalam operasionalnya diawasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), sehingga segala proses yang telah dibakukan oleh KAN wajib dipenuhi oleh LSU, jika tidak maka bisa dibekukan bahkan ditutup dalam menjalankan operasionalnya.

Apa Tugas LSU?

Salah satu tugas dan wewenang LSU Bidang Pariwisata antara lain melakukan audit yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas usaha pariwisata, seperi bidang usaha Hotel, Restoran, Agen Perjalanan, Transportasi dan sebagainya…

Apa Manfaat yang bisa dipetik oleh hotel? 

Dengan patuh mengikuti Sertifikasi Usaha Pariwisata yang diwajibkan oleh pemerintah, maka hotel dapat memberikan jaminan kepada para pelanggannya bahwa produk, proses dan kaidah tata kelola hotel sudah memenuhi kualifikasi sesuai standard klasifikasi usaha yang diwajibkan.

Hotel juga dapat menggunakan hasil sertifikasi sebagai alat kelengkapan marketing, baik untuk pasar domestik dan internasional.

Apakah badan usaha perhotelan anda sudah tersertifikasi?

Salam Jempolier!

By Arief Rachman

About The Author

Arief has over 15 years of hotel profesional experience and Auditor for several world class organization such as Hyatt, Hilton, TUV Renald and other institition.

Currently he is managing the audiors for PT. ENHAII MANDIRI 18, the most experienced Hotel Certification Provider in Indonesia with wide range of various expertise in the hospitality industry.

https://www.lsupenhaii.com

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id