Rain Forest Fashion Festival

hotelier.co.id – Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK) adalah salah satu Program Studi (prodi) yang berada di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Prodi ini memiliki program pembelajaran praktik yang diselenggarakan sebagai upaya dalam keberhasilan pencapaian target pembelajaran dan mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswinya.

Creative Event merupakan program yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK) disetiap tahunnya. Adapun tujuan dari penyelenggaraan creative event yaitu agar mahasiswa-mahasiswi Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK) dapat mempelajari cara mengelola dan menyelenggarakan suatu acara.

Selain itu, creative event yang diselenggarakan setiap tahunnya diharapkan mampu memberikan efek positif bagi seluruh pihak terkait dan juga dapat memperkenalkan Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung serta Program Studi Manajemen Bisnis Konvensi & Event (MBK) pada masyarakat luas.

Beberapa event kreatif yang telah diselenggarakan oleh Manajemen Bisnis Konvensi dan Event (MBK) antara lain Strereo 2013, Musik Taman 2015, Picnic for Charity 2015, dan Time Out pada 2016. Di tahun 2017 MBK kembali menyelenggarakan event kreatif dengan judul Rain Forest Fashion Festival.

Event ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 6 Mei 2017 pada pukul 10.00 – 17.00. Berlokasi di Taman Hutan Raya Ir. Hj. Djuanda, Dago Pakar, Bandung. Acara fashion ditengah rimbunan pohon-pohon di hutan konservasi inilah yang akan memberikan kesan dan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan bagi para pengunjung acara.

Pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif di Indonesia yang terus berkembang pesat, diprediksi akan mendominasi perekonomian dimasa depan. Salah satu sub-sektor dari industri kreatif tersebut adalah industri fashion. Melihat pesatnya perkembangan, permintaan pasar akan tren fashion, dan juga ingin memiliki konsep yang unik dan beda dari yang lain, adalah cikal bakal tercetusnya event Rain Forest Fashion Festival ini.

Yang menjadikan event ini unik adalah dari konsepnya sendiri. Rain Forest Fashion Festival merupakan acara festival fashion yang berlatar belakang di area hutan konservatif sebagai venue dari acara ini sendiri.

Dimana konsep tema dalam acara ini diciptakan bukan untuk mengikuti tren, tetapi untuk menciptakan tren fashion yang baru, dengan tema ‘Rustical Edgy’ yang terdiri dari dua esensi yaitu ‘Rustic’ bersifat natural dan sederhana dimana menjadi simbol dari konsep venue yang digunakan acara ini, yakni area hutan dan ‘Edgy’ bersifat jelas/kontras, berani serta bebas yang menjadi simbol dari tren fashion yang akan dibawakan dalam acara ini.

Acara utama dari Rain Forest Fashion Festival yaitu Fashion Show di area Taman Hutan Raya IR.H.Djuanda serta acara pendukung yaitu Talkshow, Food and Fashion Bazaar. Fashion show yang menampilkan koleksi dan hasil karya terbaik mulai dari desainer-desainer muda hingga brand terkenal di Indonesia seperti Berrybenka, Hijabenka, Komunitas Hijaber United Bandung, dan lain-lain. Melihat koleksi-koleksi terbaik dari para desainer muda di tengah teduhnya suasana hutan menjadi sebuah momen yang tidak boleh terlewatkan.

Sesi Talkshow dari acara ini mendatangkan Jovi Adhiguna Hunter sebagai salah satu pembicara dengan topik Pentingnya “Concept Creating“ dalam Dunia Fashion. Beliau merupakan salah satu fashion influencer yang sangat humble dan banyak digemari oleh peminat fashion akan memberikan wawasan lebih dan pengalaman-pengalamannya selama di industri fashion. Pada sesi kedua Talkshow akan diisi oleh Ariella dari Berrybenka, Lizzy dan Maya dari Hijabers United Bandung dengan topik Passion dalam Bisnis Fashion di Indonesia .

Tidak lengkap rasanya jika tidak memanjakan lidah jika berkunjung ke sebuah acara. Food and Beverage bazzar area pada Rain Forest Fashion Festival mendatangkan banyak tenant makanan terkini dengan rasa yang tentunya akan memuaskan lidah dan perut. Raja Otak, Hai, Yo!, Lili’s Donut and Dessert, I am Ocha, Cheese King dan Sate Sableng akan siap untuk melayani keinginan para pengunjung yang ingin berwisata kuliner. Dengan acara utama fashion tentunya para fashion tenant pun akan siap untuk memuaskan kebutuhan fashion para pengunjung. Iluvia Indonesia, Maneka x Aroma dan Soft Ink akan membuat anda tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Selain itu, Rain Forest Fashion Festival ini didukung oleh beberapa sponsor diantaranya yaitu Hotel Papandayan, Bober Cafe, Teh Pucuk, Hotel Harris, Honda, Crafters, MAM EO, QL Cosmetic, Bake it!, dan BNC.

Acara ini juga bekerjasama dengan beberapa media partner yaitu official Radio FM Ardan, Official Instagram Explore Bandung, Venue Magazine, Katulistiva, Radio Telkom University, Event Bandung, Radio Universitas Parahyangan, Event apa aja, Radio Univesitas Padjajaran, Radio Kampus Institut Teknologi Bandung, Starglam Magazine, Cosmo Girl!, Sugar&Cream, Rajanya Event, Radio Universitas Pasundan, Kicau Bandung, Hotelier.co.id, Follow Bandung, Bandung’s Update, Bandung Banget, dan Follow Bandung.

Rain Forest Fashion Festival ini adalah acara yang wajib untuk dikunjungi. Selain konten dan konsep acara yang unik dan baru pertama kali diselenggarakan, Rain Forest Fashion Festival tidak dikenakan biaya masuk, pengunjung cukup diminta untuk registrasi sebelumnya di website stp-bandung.info/RF3. Jadi, tunggu apa lagi?

By Dinda | Bandung, 28 April 2017.

Rain Rain Forest Fashion Festival