Prospek Masa Depan Perkuliahan Pariwisata dan Perhotelan

hotelier.co.id – Perhotelan adalah salah satu jurusan yang populer di Indonesia ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata favorit dunia.Ada apa saja sih jurusan yang ditawarkan di dalam sekolah tinggi perhotelan dan pariwisata?

1. Jurusan Akomodasi perhotelan

Jurusan akomodasi perhotelan ini merupakan jurusan yang paling banyak diambil oleh calon mahasiswa. Bidang konsentrasi program pendidikannya dibagi kedalam beberapa keahlihan dibawH.

a. Tata Boga/ Kitchen 

Didalam bidang peminatan tata boga ini, mahasiswa akan didik dan dilatih menjadi calon juru masak profesional yang ahli baik di dalam praktik maupun teori. Setelah dinyatakan lulus, mereka akan langsung terjun di dunia F&B product baik di hotel maupun di restorant.

Di dalam jurusan tata boga ini mahasiswa diajarkan berbagai macam masakan seperti Oriental Style (gaya oriental atau masakan asia timur), Chinesse Style (masakan chinnese), Western style (gaya western atau masakan eropa dan amerika), Middle-East Style (gaya middle east atau masakan timur tengah). Untuk Western style juga dibagi beberapa kategori seperti American, Europan dan Australian. Prospek untuk peminatan tata boga ini sangat luas, mengingat masih sedikit tenaga juru masak profesional di Indonesia dan peluang pekerjaannya pun sangat besar karena pertumbuhan bisnis bidang restoran dan hotel terus miningkat

b. Akomodasi Perhotelan

Di dalam bidang peminatan hospitality ini, mahasiswa akan didik dan dilatih menjadi  tenaga perhotelan yang profesional dan siap kerja. Di dalam jurusan hotel akomodasi ini terdapat sub peminatan yang bisa dipilih oleh mahasiswa seperti Front office (kantor depan) dan Housekeeping (tata graha). Prospek untuk peminatan bidang  ini juga masih cerah. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di hotel atau kapal pesiar.

c. Ticketing, MICE, Tour & Travel

Didalam bidang peminatan ini, mahasiswa akan didik dan dilatih menjadi tenaga di bidang MICE maupun berwirausaha mendirikan Tour & Travel Agent. Prospek untuk peminatan ilmu ini juga masih cerah, karena masih sedikit Tour & Travel operator yang membutuhkan tenaga kerja.

2. Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan kedua adalah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Perbedaan antara jurusan akomodasi perhotelan dengan Manajemen Perhotelan dan pariwisata adalah prosentase antara teori dengan praktik. Jurusan akomodasi perhotelan ini biasanya terdapat di dalam sekolah vokasi dengan grade Diploma yang menitik beratkan kepada praktik, sementara Manajemen perhotelan dan pariwisata ini berada di dalam universitas dengan grade Sarjana yang menitik beratkan pada teori dengan spesifikasi keahlihan dibidang manajemen.

Di dalam jurusan manajemen perhotelan dan pariwisata ini mahasiswa akan diajarkan akuntansi, bisnis, manajemen, serta wawasan mengenai hospitality and tourism.

Terus bagaimana prospek setelah lulus?setelah dinyatakan lulus, mahasiswa bisa melamar di departemen akunting , HRD, Sales and Marketing atau berbagai departemen lain di sebuah hotel. Jurusan manajemen perhotelan dan pariwisata ini mempersiapkan para mahasiswa agar kelak siap untuk menjadi  seorang manajer yang handal di bidang perhotelan dan pariwisata.

Baca Juga: Sarjana Perhotelan, setelah lulus apakah bisa menjadi Manajer?

Itulah beberapa prodi dan jurusan pariwisata dan perhotelan yang bisa menjadi bidang peminatan apabila ingin berkarir di dunia perhotelan dan pariwisata. Pastikan jurusan yang akan diambil itu sesuai dengan minat agar kelak lulus dengan baik sehingga menjadi tenaga perhotelan dan parwisata yang handal yang  kompetensi dan menjalani pekerjaan dengan senang hati.

Baca Juga Artikel dibawah:

Pilihan Berkarir Bagi Lulusan Studi Pariwisata dan Perhotelan 

Tips Memilih Lembaga Pendidikan Bidang Pariwisata dan Perhotelan

Apa sih Sifat yang dibutuhkan di bidang pariwisata dan perhotelan?

Pilih Mana? Mental Driver atau Penumpang ketika bekerja dibidang Pariwisata dan Perhotelan?