Proses pencegahan dan penanganan situasi darurat dihotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Keamanan dan keselamatan merupakan hal yang mutlak dijaga bagi semua karyawan yang berada di area hotel. Perlengkapan dan teknologi keamanan yang canggih hanya akan menjadi percuma apabila tidak didukung oleh Sumber Daya Manusianya. Maka dari itu, manajemen hotel wajib memberikan pelatihan keamanan untuk karyawannya, sehingga mereka mampu berpartisipasi aktif dalam proses pencegahan dan penanganan situasi darurat dihotel. Adapun bentuk pelatihannya meliputi beberapa hal dibawah:

1. Pengenalan teknik penggunaan alat pemadam api ringan (APAR)

Di beberapa sudut hotel pasti tersedia APAR yang berfungsi sebagai pemadaman api pertama jika terjadi kebakaran. APAR ini terdiri dari beberapa tipe yang berfungsi di tiap katagori barang yang mudah terbakar yaitu APAR jenis Air, Tepung kimia (Dry chemical powder), jenis Busa (Foam Liquid AFFF), Jenis Co2, dan APAR jenis hallon (thermatic Hallon).

Untuk katagori barang mudah terbakar dibagi menjadi 3 kelas yaitu:

Kelas A : berfungsi untuk memadamkan api yg bersumber dari bahan-bahan pembakar seperti Kayu, Kertas, Kain, Karet, Plastik, dll

Kelas B : berfungsi untuk memadamkan api yg bersumber dari bahan-bahan pembakar seperti Bensin, Gas, Oil, Cat, Solvents, Methanol, Propane, dll.

Kelas C : berfungsi untuk memadamkan api yg bersumber dari bahan-bahan pembakar seperti Komputer, Panel Listrik, Genset, Gardu Listrik, dll.

APAR di hotelDengan adanya pengetahuan tentang APAR diatas, maka karyawan dapat turut serta dalam  memadamkan api dengan menggunakan APAR yang tepat sesuai dengan Katagori sumber barang-barang pembakar pada pengelompokan kelas-kelas diatas.

Contoh aplikasinya: APAR jenis Air cocok digunakan untuk katagori Kelas A dan tidak cocok digunakan untuk memadamkan api pada katogeri kelas C.

2. Penganalan bentuk dan struktur bangunan hotel

Pengenalan bentuk dan struktur bangunan hotel ini berguna apabila terjadi situasi darurat maupun terjadi bencana alam berupa gempa bumi. Karyawan dan tamu akan mengetahui jalan keluar darurat di hotel dan penempatan titik kumpul yang aman bagi karyawan dan tamu hotel dengan cepat apabila terjadi situasi darurat.

Sedangkan pada saat terjadi gempa bumi, karyawan dapat mengetahui bangunan-bangunan mana saja yang rawan roboh sehingga dapat menghindari bangunan tersebut untuk tempat perlindungan.

Emergency Floor Plan

3.Pelatihan Pemadaman Api menggunakan Hydrant

Sebagai salah satu persyaratan mutlak pada saat sertifikasi hotel berbintang, setiap hotel diwajibkan memiliki tabung hydrant yang dilengkapi dengan selang.

Pihak manajemen hotel dapat bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) didalam melakukan kegiatan pelatihan pemadaman api ini.

Setelah mengikuti pelatihan ini, karyawan harus dapat secara mandiri dan siap sedia untuk memadamkan api dengan hydrant tanpa harus menunggu tim pemadam kebakaran dari BPBD tiba di lokasi kebakaran, sehingga situasi dapat teratasi sedari dini.

4. Pelatihan penanganan tamu hotel yang mengalami kondisi darurat

Keselamatan dan keamanan tamu hotel juga menjadi tanggung jawab pihak hotel, oleh sebab itu karyawan perlu dilatih untuk menangani tamu yang mengalami kondisi darurat seperti : Pingsan secara tiba-tiba, sakit keras, keracunan, meninggal dunia secara mendadak dan lain-lain. Untuk pelatihan ini pihak manajemen hotel bisa bekerjasama dengan rumah sakit setempat maupun puskesmas.

Dengan adanya pelatihan ini, maka karyawan harus dapat memberikan pertolongan pertama kepada tamu yang mengalami beberapa kondisi darurat diatas, sehingga keadaan tamu dapat tertangani secara dini.

5. Pelatihan keamanan jika terjadi ancaman maupun pembunuhan

Hotel adalah salah satu jenis dari fasilitas publik, situasi yg tidak dikehendaki bisa saja terjadi dihotel Anda sewaktu-waktu. Misalnya ancaman bom, serangan teroris, perampokan, atau bahkan terjadi kasus pembunuhan yang berada di salah satu kamar hotel.

Nah, agar karyawan dapat mengerti dan bertindak sesuai dengan prosedur yang tepat, maka pihak manajemen hotel bisa bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan pelatihan ini. Tidak hanya security saja yang harus mengikuti pelatihan ini, tetapi semua karyawan yang berada di hotel termasuk General Manager dan Manager level keatas dan menengah pun wajib mengikuti pelatihan ini.

Manfaat mengikuti pelatihan ini bagi General Manager adalah GM dapat dengan cepat dan tepat memutuskan langkah apa yang harus diambil oleh karyawan jika terjadi ancaman maupun terjadi pembunuhan di kawasan hotel.

Pelatihan Ancaman Bomb dan Teror digunakan untuk melatih karyawan dalam penanganan ancaman teror dihotel

6. Simulasi untuk penanganan kebakaran (reka adegan)

Setelah pelatihan memadamkan api dengan APAR maupun Hydrant, karyawan dapat mengikuti simulasi penangan kebakaran yang dibuat oleh manajemen hotel. Adapun scenario yg digunakan meliputi Awal terjadinya kebakaran, cara memberikan informasi kebakaran yang benar kepada tamu hotel sehingga tamu tidak mengalami kepanikan, cara mengamankan tamu yang tepat agar tamu menuju assembly point (titik aman untuk berkumpul), penyelamatan karyawan dan tamu yang masih terjebak di ruangan, penanganan tamu dan karyawan yang menjadi korban kebakaran (pingsan karena menghirup asap, luka bakar ringan sampai berat, maupun yang meninggal dunia).

Pelatihan CPR Fisrt Aid di Hotel

Tujuan simulasi tersebut adalah untuk melatih karyawan agar tidak panik dan menguasai keadaan ketika kondisi tersebut benar-benar terjadi.

Keenam hal diatas merupakan hal yang wajib diikuti oleh semua karyawan hotel agar karyawan hotel dapat cepat dan tanggap terhadap berbagai macam kondisi darurat sehingga manajemen hotel dapat memberikan rasa aman, nyaman dan tentram bagi para tamu dan karyawan hotel.

 

Baca Juga:

Apa saja tugas dan peran tim pemadam kebakaran di hotel?

Scenario umum yang harus dilakukan saat kebakaran

Like & Share

2 thoughts on “Proses pencegahan dan penanganan situasi darurat dihotel

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id