Promosi hotel melalui media sosial

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- di era sekarang ini  hampir setiap penduduk di Indonesia memiliki akun media sosial seperti Facebook maupun instagram. Media sosial seperti facebook atau intagram bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif apabila dimanfaatkan dengan baik.

Sudah banyak restaurant, cafe, tempat nongkrong kawula muda yang menggunakan media sosial sebagai sarana promosi sekaligus membentuk branding dirinya. Tak ada salahnya juga unit hotel memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Ada beberapa bentuk bahan promosi melalui media sosial yang bisa dibuat oleh staff marketing sebuah hotel :

  1. Artikel advertorial

Advertorial adalah salah satu jenis iklan yang disajikan melalui gaya bahasa jurnalistik. Advertorial berasal dari 2 kata yakni Advertising dan editorial. Artikel advertorial yang telah dibuat oleh salah satu staff marketing hotel bisa diblasting ke beberapa website perhotelan seperti hotelier.co.id ataupun media online yang memiliki jumlah viewer yang besar. Di dalam membuat sebuah artikel advertorial ini menuntut kreatifitas dan minat seorang staff untuk belajar menulis. Contoh artikel advertorial : klik disini

  1. Vlog seorang staff

Vlog merupakan video dokumentasi jurnalistik yang dishare melalui website maupun youtube. Tidak ada ketentuan untuk membuat sebuah Vlog selama tidak menyangkut SARA. Vlog juga bisa menjadi salah satu bahan promosi bagi hotel, caranya adalah dengan meminta salah satu staff yang hobby selfie “kekinian” dan memiliki wajah yang fotogenic untuk membuat sebuah video gaya bebas yang berisi tentang promosi (seperti menampilkan menu makanan yang favorite di restaurant hotel atau kegiatan sehari-hari di hotel) kemudian mempostingnya di instagram maupun youtube. Apabila tidak ada staff yang mau membuat sebuah vlog, unit hotel bisa bekerjasama dengan artis- artis vlogger untuk membuat sebuah video promosi.

  1. Akun fanspage facebook dan instagram

Facebook dan instagram adalah media sosial yang paling banyak diakses oleh khalayak umum dari masyarakat biasa sampai seorang presiden dan pejabat negara . Staff marketing unit hotel bisa tuh membantu hotel untuk membuat akun fanspage facebook dan instagram untuk aktifitas promosi bagi hotel. Seorang staff yang ditunjuk sebagai admin fanspage facebook dan instagram ini adalah seorang staff yang memiliki imaginasi dan kreatifitas yang tinggi serta mengikuti trend masa kini ( gak lucu juga kalau foto dan video di instagram terkesan kaku dan dingin)

Manfaat dari promosi melalui media sosial ini adalah :

1. Jangkauan luas selama terkoneksi internet

2. Akan lebih cepat menyebar dengan share dari akun satu ke akun lainnya

3. Biaya promosi relatif murah (bahkan tanpa mengeluarkan budget promosi)

4. pembuatan bahan promosi lebih cepat (kalaupun berupa video ,proses editing video tidak serumit editing didalam membuat banner ataupun baliho)

5. Brand hotel akan lebih cepat terkenal dikalangan netizen (masyarakat internet) apabila bahan promosi yang dishre melalui media sosial tersebut menjadi “hits” dan “booming “ terutama bagi kawula muda.

Keberhasilan dari promosi melalui media sosial ini tergantung dari kreatifitas seorang staff sales and marketing maupun staff public relation didalam create sebuah materi promosi agar netizen menjadi tertarik untuk reshare ataupun like materi promosi hotel kita melalui akun pribadi netizen. Semakin banyak netizen yang re-share dan like semakin nge-“hits” materi promosi kita, maka netizen yang penasaran dengan materi promosi tersebut akan datang langsung ke hotel. Yuk, kita bijak didalam memanfaatkan media sosial, ada pepatah mengatakan “mulutmu harimaumu”, kita gunakan media sosial untuk kegiatan yang positif seperti promosi. Jadi, apa nama akun hotelmu di instagram dan di facebook?

Salam jempolier!

By Galih Satria Hutama

pelajari juga artikel dibawah ini:

Manfaat menulis bagi karir anda

Etika bermedia sosial bagi hotelier

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id