Persiapan untuk bekerja di hotel bagi freshgraduate

Hotelier.co.id- Industri perhotelan masih menjadi salah satu favorit bagi pencari kerja terutama seorang Freshgraduate (lulusan baru). Salah satu penyebabnya adalah siklus kerja di industri perhotelan ini sangat dinamis dan cenderung fleksibel sehingga tidak membuat jenuh. Tentu saja ketika bekerja di hotel, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan supaya kamu menjadi hotelier yang jempolan.

Apa saja bekal yang harus dipersiapkan untuk bekerja di hotel? Simak artikel di bawah ini

Beberapa bekal yang harus dipersiapkan diantaranya :

  • Kemampuan komputer

Kemampuan komputer ini sangat diperlukan ketika kita memasuki dunia kerja terutama bekerja di hotel . Hampir setiap posisi pekerjaan pasti membutuhkan kemampuan komputer karyawannya karena di unit hotel ini semua pekerjaan akan terintegrasi ke dalam sistem komputer.

  • Kemampuan bahasa asing

Walaupun tidak mutlak diperlukan, tetapi ada beberapa posisi kerja yang mewajibkan seorang calon karyawannya memiliki kemampuan untuk berbahasa asing baik itu secara lisan maupun tulisan seperti posisi kerja sebagai GRO (Guest Relation Officer) maupun FDA (Front Desk Agent). Bahasa Asing yang paling banyak digunakan sebagai syarat di dalam  lowongan kerja adalah bahasa inggris dan bahasa mandarin. Untuk mengasah kemampuan bahasa asing, kita bisa mengikuti salah satu program pendidikan yang ditawarkan oleh Lembaga yang menyelenggarakan pelatihan bahasa asing.

  • Profesionalisme Attitude (etika profesional)

Profesionalisme Attitude ini sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja terutama pada industri perhotelan. Walaupun IPK mu tinggi, kalau tidak punya profesionalisme Attitude ini juga pasti akan ditolak pada saat proses rekrutmen. Profesional Attitude ini diantaranya :

  • Kedisiplinan Kerja

Kedisipilinan kerja adalah hal yang mutlak dijunjung tinggi oleh karyawan. Kedisiplinan kerja ini termasuk diantaranya adalah patuh terhadap SOP dan Peraturan yang telah dibuat oleh Manajemen. Pihak hotel cenderung tidak mau merekrut calon karyawan yang dinilai mengabaikan peraturan perusahaan.

  • Etos Kerja

Etos kerja ini juga menjadi bahan penilaian manajemen terhadap karyawannya. Karyawan yang memiliki etos kerja yang tinggi akan lebih cepat mendapatkan promosi daripada karyawan yang memiliki etos kerja yang rendah. Etos kerja ini juga dapat dilihat dari cara bagaimana karyawan tahan terhadap tekanan kerja yang muncul, mengambil inisiatif dan berfikir positif.

  • Tanggung jawab

Rasa tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan juga menjadi penilaian terhadap karyawan. Di dalam perkuliahan kita sudah diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh Dosen ataupun tutor, sehingga ketika memasuki dunia kerja kita sudah terbiasa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pimpinan. Bekerja dengan tepat dan tuntas mutlak diperlukan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab perkerjaan.

  • Etika dan Sopan santun

Yang terakhir adalah etika dan sopan santun. Karyawan yang tidak memiliki etika dan sopan santun pasti menjadikan penilaian kinerja karyawan menjadi jelek. Penilaian pertama terhadap etika dan sopan santun calon karyawan bisa dilihat oleh HRD melalui aktivitas rekrutmen. Syarat ini sangat penting karena sebagai hotelier Anda berkewajiban melayani tamu dan rekan kerja dengan sopan santun.

  • Kemampuan berkomunikasi

Bekal terakhir yang harus dimiliki oleh calon karyawan perhotelan  adalah kemampuan berkomunikasi. Sering kita jumpai karyawan yang pandai secara akademik ketika dihadapkan pada sebuah diskusi atau rapat kerja cenderung diam tanpa banyak suara dan hanya mengikuti jalannya rapat, ada pula karyawan yang biasa-biasa saja secara akademik tetapi ketika dihadapkan pada sebuah diskusi atau rapat kerja dia sangat enjoy untuk menyampaikan pendapatnya sehingga rapat pun berjalan dinamis. Untuk mengasah kemampuan berkomunikasi ini, kita harus sering berinteraksi dengan berbagai macam karakter orang. Kemampuan berkomunikasi ini juga sangat diperlukan di dalam sebuah kerja sama tim atau ketika melayani tamu hotel.

Keempat bekal tersebut sebetulnya bisa dipelajari apabila kita serius untuk belajar dan mengupgrade kemampuan diri. Dengan kita memiliki keempat bekal tersebut setidaknya kita sudah menyiapkan diri untuk menuju dunia kerja di industri perhotelan  yang penuh dengan persaingan dan kompetisi di dalamnya.

Kontributor

Galih Satria Hutama