Persiapan sebelum magang kerja di hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Masih membahas di seputaran magang kerja, teman-teman sebelum magang kerja ada baiknya mempersiapkan diri secara baik sehingga proses magang kerja pun menjadi lebih optimal. Apa sih yang harus dipersiapkan teman-teman untuk magang di hotel?

Pertama, Memilih divisi atau departemen yang sesuai dengan background kuliah kamu

Hal yang pertama adalah memilih divisi atau departemen sesuai dengan background kuliah. Seperti kuliah jurusan Tata boga divisi atau departemen yang sesuai adalah F&B, kuliah jurusan bahasa asing bisa di divisi atau departemen Front office. Mengapa memilih departemen sesuai dengan background kuliah? Karena dengan teman-teman memilih departemen sesuai background,teman-teman sudah bisa membayangkan seperti apa hal yang akan dikerjakan. Selain itu dengan memilih departemen yang sesuai dengan background, teman-teman bisa memperkuat teori yang telah diajarkan di bangku perkuliahan.

Kedua,Pelajari Standard grooming unit hotel tersebut

Walaupun teman-teman magang kerja, tapi wajib hukumnya untuk mentaati peraturan unit hotel tersebut. Salah satunya adalah standard grooming. Apa itu standard grooming? Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel mengenai standard grooming.

Ketiga, Pelajari Standard Operation Procedure dari pekerjaanmu

Selain peraturan, teman-teman juga harus mempelajari Standard Operation Procedure (SOP) dari pekerjaan yang akan kamu tangani. Misalnya ketika magang di departemen F&B, teman-teman diminta untuk memotong daging ayam oleh Chef atau kepala koki  maka hal yang pertama adalah mempelajari SOP mengenai pemotongan daging ayam itu seperti apa sehingga hasil dari kerjamu memenuhi standard yang telah ditetapkan oleh para manager.

Keempat, Pelajari istilah-istilah perhotelan

Untuk nomor 4 ini khusus teman-teman yang magang di hotel tapi background kuliahnya bukan jurusan hospitality and tourism (perhotelan dan pariwisata). Mengapa perlu mempelajari istilah-istilah perhotelan? Karena untuk mempermudah komunikasi antar staff, biasanya staff akan menggunakan istilah-istilah perhotelan. Untuk mempelajari istilah-istilah perhotelan bisa searching melalui mbah google, banyak website ataupun blog yang memberikan postingan tentang istilah-istilah perhotelan termasuk website hotelier.co.id

Kelima, Persiapkan Stamina dengan baik

Setalah 1-4 sudah kamu lakukan, persiapan nomor 5 adalah stamina. Yap.. stamina yang prima dan kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan ketika magang di hotel. Dengan kondisi tubuh yang fit, teman-teman akan selalu bisa dan mampu untuk mengikuti ritme kerja hotel yang dinamis. Cara paling mudah menjaga stamina agar tetap fit adalah menjaga pola makan dan pola tidur. Jadi ketika besok pagi teman-teman sudah mulai magang, malam hari sebelumnya jangan begadang.

Keenam, Berdoa dan meminta restu orang tua

Yang terakhir adalah berdoa dan meminta restu orang tua agar selama teman-teman magang mendapatkan manfaat dan pengetahuan dan selalu dalam perlindungan tuhan.

Itulah beberapa persiapan yang teman-teman bisa dilakukan sebelum memulai magang kerja di hotel. Jadi, di dalam magang kerja pun kita harus ada persiapan agar ketika teman-teman lebih siap lagi untuk melakukan magang kerja.

 

Kontributor

Galih Satria Hutama

Pelajari juga artikel menarik dibawah:

Apa Sifat dan Karakter yang dibutuhkan hotel?

Pilih Mental Driver atau Penumpang

Apa Prospek Kuliah Sarjana Perhotelan, Bisakah mereka jadi Manager?

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id