Peran Penting Media Masa Bagi Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Media masa adalah salah satu partner penting bagi hotel baik untuk hotel yang akan menuju grand opening (hotel baru) ataupun hotel yang sudah lama berdiri. Media masa sendiri dibagi menjadi 3 yakni:

Pertama media cetak seperti koran, tabloid, majalah. Kedua, media elektronik seperti Televisi dan radio. Ketiga, media online seperti website ataupun koran online.

Sebagai salah satu partner bagi hotel, peran media masa sangatlah penting bagi pertumbuhan bisnis unit hotel tersebut. Peran penting media masa bagi hotel dibagi menjadi empat, yaitu: Promosi, Publikasi, Edukasi, dan Kontrol. Mari kita bahas satu persatu ya…

Peran Media Sebagai Alat Promosi Hotel

Media masa adalah sarana bagi hotel untuk memperkenalkan diri ke publik (masyarakat) melalui iklan yang terpampang pada halaman media masa tersebut. Biasanya, divisi Sales and Marketing akan melakukan kerjasama dengan pihak media dalam hal pemasangan iklan. Di dalam iklan yang ditayangkan di media masa ini pihak hotel akan memberikan penawaran berupa harga special atau special price yang bertujuan untuk mendongkrak tingkat penjualan hotel.

Peran Media Sebagai Publikasi Hotel

Media masa juga merupakan sarana bagi hotel untuk mempublikasikan event, produk atau pelayanan hotel. Contohnya, jika ingin mempublikasikan “event” maka hotel dapat mengundang wartawan dari media-media yang berada di kota dimana hotel tersebut berdiri.

Penulis kasih tips nih, kalau mau mengundang wartawan ke event hotelmu, undangan yang akan dikirimkan ke media tersebut jangan ditujukan kepada Pimpinan redaksi tetapi langsung kepada wartawan (Tim peliput), selain itu Staff PR juga harus membuat surat permohonan peliputan sehingga pimpinan redaksi media tersebut akan memberikan mandat kepada wartawannya untuk meliput event hotelmu.

Undangan ditujukan langsung ke wartawan bukan ke pimpinan redaksi yaitu dengan membuat surat permohonan peliputan. Semua peliputan di media masa itu gratis dan tidak dipungut biaya.

Cara lainnya adalah staff PR (Public Relation) membuat sebuah Press Release kemudian dikirimkan ke media media tersebut agar dimuat pada esok harinya.

Peran Media Sebagai Alat Edukasi 

Selain sebagai media promosi dan publikasi, media juga bisa menjadi sarana edukasi pasar untuk mengenalkan produk yang akan dikeluarkan. Sehingga penetrasi merek menjadi lebih cepat. Misalnya, mengenalkan apa sih karakteristik dari hotel Anda? kenapa Anda menjual produk yang berbeda dari hotel lain?

Media juga berperan sebagai alat edukasi publik, misalnya saja hotelier.co.id yang berupaya mengedukasi masyarakat mengenai keilmuan pariwisata dan perhotelan, sehingga diharapkan banyak masyarakat luas yang semakin tertarik untuk belajar, bekerja dan menekuni bisnis dibidang hospitality di tanah air. Contoh lainnya, misalnya pemerintah yang melakukan berbagai macam aturan-aturan tentang kepariwisataan  melalui media masa agar jangkauannya lebih luas.

Peran Media Sebagai Fungsi Kontrol 

Yang terakhir adalah media masa bisa menjadi fungsi kontrol Sosial bagi hotel. Tujuan dari kontrol tersebut agar kegiatan operasional hotel tidak merugikan masyarakat di sekitarnya. Contohnya: pada tahun 2014 lalu hampir seluruh media masa yang berada di Jogja meliput dan mempublikasikan berita tentang salah satu unit hotel di daerah Kusumanegara Yogya didemo oleh masyarakat disekitar karena melakukan penyedotan air tanah secara besar-besaran sehingga membuat sumur warga menjadi kering.

Akibat pemberitaan tersebut, pihak dari pemerintah Kota Jogja segera melakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan pihak hotel yang didemo warga juga berjanji akan mengurangi penyedotan air sumur dan beralih ke air PDAM. Akan tetapi, Pihak hotel juga memiliki hak untuk mengklarifikasi ataupun hak untuk menjawab kebenaran berita yang dipublikasikan oleh media masa apabila pihak hotel merasa dirugikan oleh pemberitaan tersebut.

Jadi, peran penting media masa bagi hotel adalah sebagai sarana promosi, sarana publikasi, sarana edukasi dan juga sebagai fungsi kontrol sosial. Oleh sebab itu, hotel biasanya akan melakukan kerjasama dengan pihak media sebagai partner yang penting bagi aktifitas operasionalnya, karena media masa bisa turut membantu untuk menaikkan tingkat bisnis hotel dengan membantu penetrasi ke pasar, membuat masyarakat menjadi lebih pintar dan mengingatkan pemangku kepentingan atas hal-hal yang dianggap kurang tepat dan merugikan.

Salam Jempolier!

By Galih Satria Hutama

Baca Juga Artikel dibawah:

FAQ: Apa Motivasi hotelier.co.id menulis?

Tentang hotelier.co.id

Like & Share

3 thoughts on “Peran Penting Media Masa Bagi Hotel

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id