Pentingnya membangun Personal branding bagi karyawan perhotelan

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id- Personal branding adalah sebuah cara memasarkan diri atau proses pembentukan image kita secara individu dimata orang lain. Lantas apa pentingnya membangun personal branding untuk karyawan perhotelan?

Seperti kita ketahui Industri perhotelan adalah salah satu industri yang mengedepankan pelayanan dan keramahtamahan. Setiap hari, setiap saat karyawan perhotelan akan langsung face to face dengan tamu. Disinilah tamu bisa membedakan karyawan yang sudah memiliki personal branding dengan karyawan biasa. Karyawan yang sudah memiliki personal branding akan kelihatan menonjol dibandingkan dengan karyawan yang belum memiliki personal branding.

Manfaat Personal Branding yang bisa didapatkan karyawan :

1.Personal branding membantu Anda untuk membangun visi Anda, baik di bidang pekerjaan, tujuan pribadi, nilai-nilai, dan juga target-target Anda sehingga Anda dapat bergerak ke arah yang lebih baik untuk pemenuhan karir Anda.

2.Personal branding berfungsi untuk alat rem bagi Anda. Sebagai sarana introspeksi dan reflektif, dan untuk memeriksa serta menghilangkan segala kelemahan yang mungkin menghambat pencapaian Anda.

3.Personal branding juga memiliki manfaat memberikan keuntungan prestise bagi Anda. Karena secara tidak langsung, Anda mempunyai suatu hal yang dapat Anda gunakan sebagai senjata untuk berkompetisi di lingkungan kerja Anda.

4.Personal branding akan secara tidak langsung menjadikan Anda memiliki jiwa pemimpin. Mengapa demikian? Sebab, personal branding tersebut memiliki tiga hal yang akan memberikan manfaat untuk Anda, diantaranya:

  • Adanya kejelasan: Akan ada kejelasan tentang siapa Anda, siapa pesaing Anda, dan apa target Anda.
  • Konsistensi: Secara konsisten nantinya personal branding akan dirancang untuk Anda agar semakin terlihat target Anda apa nantinya.
  • Memberikan nilai lebih dalam aktifitas Anda nantinya: Dengan adanya personal branding, Anda akan menjadi proaktif.

 

Lalu bagaimana caranya membangun dan membentuk personal branding bagi karyawan?

1.Mengenal dan mengetahui diri anda sendiri seperti apa.

Hal ini sangat penting karena sebagai dasar pembentukan personal branding diri anda sendiri

2.Membentuk personal branding karyawan sesuai dengan jati dirinya sendiri

Di dalam membentuk personal branding karyawan dibutuhkan peran dari pihak manajemen hotel tersebut.Peran penting pihak manajemen hotel di dalam membantu karyawan untuk membentuk personal branding adalah dengan mengikutkan karyawan dalam berbagai bentuk pelatihan ketrampilan dan memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang sehingga dapat memunculkan  rasa percaya diri terhadap kemampuan dirinya sendiri.Mengubah image seorang karyawan sangat sulit,dibutuhkan kesabaran dan keseriusan baik itu dari pihak manajemen hotel maupun dari diri pribadi karyawan tersebut.

3.Mulai membangun relasi.

Semakin banyak orang yang mengenali Anda maka semakin kuat juga Personal Branding yang Anda ciptakan. Anda juga harus sering berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda meskipun mereka adalah orang yang baru Anda kenal, orang-orang penting atau siapa pun juga supaya dapat memperluas jaringan Anda.Nah disinilah bedanya anda dengan rekan kerja anda.Walaupun sama cara dan standard melayani tamu,tetapi anda akan mendapatkan nilai tambah lagi di mata tamu,sehingga anda akan dikenal oleh tamu.

4.Terus menerus memperbaiki diri

Sesuatu hal jika tidak di jaga maka akan cepat punah. Begitu pula dengan Personal Branding, jika Anda tidak ingin Personal Branding Anda cepat punah maka Anda harus mampu memelihara atau menjaga apa yang sudah Anda bangun supaya orang-orang disekitar Anda akan selalu percaya kepada diri Anda dan hotel tempat kerja anda .Jangan sampai anda dicap sebagai karyawan yang suka cari muka dan cari pujian oleh karyawan lainnya karena hilangnya personal brand anda.Cara mudah untuk memperbaiki diri sendiri adalah dengan menerima kritikan dan masukan dari orang lain.

Hotel yang memiliki karyawan dengan personal branding akan memiliki kualitas di dalam melayani tamu sehingga visi dan misi hotel berupe service excellent pun bisa terlaksana.Selain itu,occupancy kamar pun akan meningkat seiring dengan meningkatnya pelayanan yang diberikan.Dampaknya adalah kesejahteraan karyawan pun akan semakin meningkat,begitu juga dengan target omset hotel pun juga akan tercapai.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id