Pentingnya Customer Relationship Management

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – melanjutkan artikel Auto Pilot Hotel Management, maka dalam artikel ini akan dibahas salah satu bagian dari Sales Engine yang disebut sebagai Customer Relationship Management (CRM). Seperti namanya, maka system ini berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan customer.

Melihat fungsi Sales & Marketing yaitu: Mencari pasar baru, mempertahankan dan mengembangkan pasar yang sudah ada, maka system CRM yang dibangun pun harus disesuaikan dengan fungsi tersebut. Gambarannya sih sebetulnya sangat sederhana, yaitu system ini berfungsi untuk mencatat daftar pelanggan baru dan mencatat seluruh kegiatan Sales & Marketing.

CRM ini penting karena berhubungan dengan data-data customer, siapa saja yang menggunakan hotel kita, berapa produksi yang dihasilkan oleh masing-masing account dan mengawasi produktifitas kerja dari seluruh tim sales. Pemilihan system hendaknya hati-hati karena system ini merupakan sumber dari proses pembuatan strategi penjualan hotel dimana semua data-data baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur diterjamahkan dalam sebuah statistik untuk keperluan analisa.

System ini biasanya terintegrasi dengan booking engine, channel manager, Revenue Management, eMail management, Property Management System dan intranet milik hotel untuk keperluan kolaborasi dengan departemen lainnya. Singkronisasi dengan kelima system tersebut sangat penting untuk menjalankan proses otomatisasi dalam mendapatkan laporan analitik yang real time dan akurat.

Bila melihat fungsinya, yaitu untuk mencatat seluruh aktifitas sales & marketing yang dimulai dari merumuskan budget, membuat kalender kegiatan sales (sales plan), hingga pengiriman materi-materi promosi hotel, maka sebetulnya CRM ini banyak tersedia dipasaran. Dimulai dari yang gratisan, murahan hingga yang paling mahal.

Yang gratisan tapi kualitasnya oke punya yang biasa digunakan oleh digital marketer misalnya, Anda bisa menggunakan:

https://www.hubspot.com/products/crm

atau yang berbayar tapi murah meriah, Anda bisa mencoba:

https://www.zoho.com/crm/zohocrm-pricing.html

Nah, kalau yang paling mahal dengan feature reporting yang canggih dan bisa custom workflow yang biasanya dipakai di hotel bintang lima asal Mamarika bisa dilihat disini:

https://www.salesforce.com

Sales force ini sangat canggih karena telah mengadopsi tekhnologi “Artificial Intelligent” dimana didalam system sudah dilengkapi mesin untuk memberikan advice atas langkah strategi yang akan dijalankan, selayaknya orang yang memberikan petunjuk/advice.

Diluar sana juga masih banyak sekali CRM gratisan yang berbentuk Open Sources. Kalau mau aman sih memang buat sendiri sesuai dengan strategi dan alur bisnis dihotel Anda.

Dengan memiliki CRM maka, kualitas laporan penjualan menjadi lebih kredible, kegiatan sales menjadi lebih termonitor dan teratur, serta mempermudah kita dalam menganalisa data-data statistik yang kita miliki untuk menunjang produktifitas penjualan di hotel.

Salam Jempolier

By: Ikin SolikinIHLC.co.id

Baca Juga Artikel Menarik Di Bawah:

Cara Menjadi Magnet Ketika Berkomunikasi 

Tekhnik Menjual Produk dan Layanan Hotel 

Cara Melakukan Canvasing untuk mencari pasar baru

Menerapkan Budaya Sales di Hotel

Menerapkan Budaya Revenue Management di Hotel 

Like & Share

One thought on “Pentingnya Customer Relationship Management

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id