Pensiun Bukan Fase Menakutkan

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Apakah Anda sedang gundah menyambut masa pensiun Anda?

Dalam sebuah percakapan, ia mengatakan: “Ibu Ade, bulan depan saya akan terima gaji terakhir saya”. Kalimat yang saya dengar dalam perjalanan ke Bandara Ngurah Rai dari seorang karyawan hotel bernama Pak Made (sebut saja namanya begitu) menggelitik pikiran saya.

Saya tanya berapa anaknya dan apa pendidikan mereka. Pak Made, yang lulusan SD, dan sudah berkarya di posisi driver selama 22 tahun di hotel yang sama ini, dengan bangga berecerita anak pertamanya adalah Lulusan Sarjana Manajemen Perhotelan, STP Bali dam sekarang bekerja sebagai Supervisor Accounting di salah satu hotel terkenal di Legian, Bali. Anak ke-2nya, Lulusan Sarjana Manajemen Rumah Sakit dan sekarang menikah dengan seorang dokter gigi yang sedang mengambil spesialis bedah mulut.

Saya sudah sangat terpesona mendengar ceritanya. Lalu pak Made melanjutkan, anak ke-3 mengambil jurusan Pendidikan Agama Hindu, karena anaknya yang terkecil ini ingin menjadi guru agama Hindu.

Amat membanggakan dan mengharukan pada saat beliau mengatakan semua sekolah anak-anak saya dibiayai oleh hotel, Ibu Ade. Apa yang Pak Made ceritakan ke saya tiba-tiba membuka sisi lain dari karyawan yang akan pensiun.

Apa yang mereka sudah capai dalam hidupnya? Bagaimana sebuah hotel bisa menyumbangkan sebuah keberhasilan bagi suatu keluarga. Yang terpenting, bagaimana Pak Made berkomitmen untuk memberi pendidikan yang terbaik kepada anak-anaknya, meskipun pekerjaan beliau hanya di level staff biasa. Apa yang Pak Made lakukan adalah contoh bagaimana Pak Made bisa memanfaatkan yang diberikan oleh hotel untuk membuat hidupnya menjadi penuh makna.

Pak Made menutup percakapan kami dengan mengatakan saya tidak mau anak-anak saya menderita seperti saya dulu. Saya selalu ingatkan mereka untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan dan membuktikan bahwa mereka bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.

Terima kasih Pak Made sudah berbagi kebijaksanaan menjadi orang tua yang bertanggung jawab dan menjadi karyawan yang berdedikasi. Selamat menempuh fase baru dari kehidupan, fase menikmati apa yang sudah dicapai selama 22 tahun berkarya.

Ucapan terima kasihpun tidak cukup untuk mengungkapkan penghargaan saya terhadap karyawan seperti Pak Made. Pensiun bukan fase yang menakutkan jika kita menyiapkan semuanya dengan baik.

By Ade Noerwenda

About The Author

16 years experience in hospitality industry with the latest position as Director of Human Resources Malaysia, Indonesia, Singapore at Accor (2008-2014). Today, I build and manage Dinamis Indonesia, a Human Resources and Corporate Social Responsibility Consultant.

http://www.dinamisindonesia.com

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id