Penamaan Jalan Arteri di Sepanjang Ringroad Jogja

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id- Ring Road atau Jalan Lingkar yang ada di Jogja sebelumnya hanya dikenal dengan sebutan Ring Road Utara dan Ring Road Selatan. Sebutan yang kemudian digunakan sebagai nama jalan tersebut, ternyata cukup menimbulkan kesulitan untuk mencari alamat. Karena, sebutan Ring Road Selatan dan Ring Road Utara, masing – masing mencakup ruas jalan yang panjang dan membentang dari timur ke barat.

Tetapi mulai 24 Agustus 2017, Ring Road telah memiliki nama. Sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 166/KEP/2017 tentang Penamaan Jalan Arteri (Ring Road) Yogyakarta.

Dari surat keputusan yang ditandatangi pada 24 Agustus 2017 ini, berisikan pemberian nama ruas jalan ring road Yogyakarta.

Berikut ini daftar nama baru sejumlah jalan tersebut:
Jalan Siliwangi, dimulai dari Simpang Empat Pelem gurih hingga Simpang Empat Jombor (panjang ruas 8,58km), warna kuning.
Jalan Padjajaran, dimulai dari Simpang Empat Jombor hingga Simpang Tiga Maguwoharjo (panjang ruas 10km), warna Merah.
Jalan Majapahit, dimulai dari Simpang Tiga Janti hingga Simpang Empat Jalan Wonosari (panjang ruas 3,2km), warna orange.
Jalan Ahmad Yani, dimulai dari Simpang Empat Jalan Wonosari hingga Simpang Empat Jalan Imogiri Barat (panjang ruas 6,5km), warna biru muda.
Jalan Prof. Dr. Wirjono Projodikoro, dimulai dari Jalan Imogiri Barat hingga Simpang Empat Dongkelan (panjang ruas 2,78km), warna hijau.
Jalan Brawijaya, dimulai dari Simpang Empat Dongkelan hingga Simpang Tiga Gamping (panjang ruas 5,86km), warna biru tua.

Pemilihan nama – nama Kerajaan Nusantara ini, dimaksudkan untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa perjuangan panjang telah dilakukan bangsa untuk merdeka.

Perubahan nama jalan di Ringroad jogja, Sumber : (grafis dan tulisan via IG @Jogjainfo )

 

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id