Merancang Materi Slide Presentasi Yang Wow!

hotelier.co.idPernahkah kamu melihat presentasi yang keren seperti yang dibuat Steve Jobs sang pendiri Apple yang tersohor itu? Bagaimana? Kamu tertarik?

Tidak dipungkiri bahwa alat-alat “Multi Media” yang digunakan dalam sebuah presentasi mampu menyihir para pesertanya. Namun tahukah kamu tentang cara merancang “Slide Presentasi” yang bagus? 

Jika kita ingin mengetahui cara membuatnya dan ketika “search di google” dengan kata kunci “Impactful Slide Presentation”, maka banyak sekali konten-konten yang berhubungan dengan “key word” tersebut. Lalu, jika kamu pernah mengikuti workshop misalnya tentang “Impactful Presentation” pastinya banyak sekali kaidah-kaidah atau aturan yang dapat diterapkan. Misalnya saja seperti aturan dibawah ini:

6 Rules 

Yaitu dalam satu “slide presentasi” memuat maximum hanya 6 suku kata dan 6 bullet points

20:20 Rules 

Yaitu rules yang menyatakan bahwa presentasi yang efektif harus disampaikan dengan maksimum 20 menit dan 20 slide. 

Image Tells Thousand Words

Yaitu aturan bahwa presentasi yang “Wow” harus banyak gambarnya dibandingkan konten “text”

Simplified The Number 

Yaitu dengan cara “membulatkan atau menyingkat” bilangan angka yang panjang          

Keempat rules tersebut hanya sebagian kecil dari rules yang ada dan sudah banyak diterapkan oleh para presenter kelas dunia. Namun, apakah rancangan slide tersebut menjamin bahwa presentasi kita menjadi “Wow” gitu? 

Presentasi yang berguna dan tepat sasaran tidak harus mengikuti rules diatas, syaratnya simple saja, yaitu “konten presentasi” harus relevan dengan “target audience” dan “sasaran” yang akan diraih.  Tentu saja melakukan “make up” terhadap “slide presentasi” sangat diperlukan untuk menjaga image kita sebagai presenter yang profesional. 

Dalam sebuah presentasi untuk keperluan “bisnis” maupun untuk “training” di hotel haruslah mengacu kepada rumus (Problem = Solving) yaitu dengan cara menggali kebutuhan atau permasalahan dengan cara “bertanya dan memberikan solusi” yang dibutuhkan oleh para audience. Presentation is not one way communication model, tapi menggunakan pendekatan “looping communication model”.

Yang membuat WOW itu adalah cara penyampaiannya, sedangkan slide presentasi berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah pemahaman audience  serta memberikan image positif terhadap konten yang kita sajikan yang tentu saja akan berimplikasi terhadap kesan positif dari para audience. 

Kunci utama dari sebuah presentasi adalah “konten materi harus sesuai dengan konteksnya” yaitu peserta dan topik yang disajikan sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Jadi, kesimpulannya adalah merancang sebuah “slide presentasi” untuk keperluan pelatihan hendaknya mengikuti “Instructional Design” yang telah di rancang, sehingga kompetensi yang akan diajarkan dapat terserap dengan baik oleh para peserta. 

Jika kamu ingin belajar cara membuat “slide presentasi”  atau mendapatkan templete-templete presentasi gratis untuk pelatihan yang menarik, yuk gabung dengan “Hotel Trainer Community”.

Pendaftaran untuk batch pertama khusus untuk HR, Senior Management dan C-Level professionals akan ditutup tanggal 30 Juni 2018. Batch kedua akan segera menyusul dengan katagori peserta yang berbeda.

Registration: HOTELIER.CO.ID/Trainer   

Baca: Kenapa Komunitas Trainer Hotel Dibuat? 

Salam Jempol!

By Ikin Solikin