Meningkatkan Direct Booking Dengan Affiliate Marketing

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Sebagai orang awam, pernahkah teman atau kerabat Anda meminta tolong kepada Anda untuk mereferensikan produknya? Lalu, setelah produknya terjual, Anda pun diberikan hadiah sebagai tanda terima kasih. Teman Anda memilih Anda untuk membantu mereka merekomendasikan produknya karena Anda dianggap memiliki koneksi yang berpotensi untuk menjual produk mereka.

Ya, itulah affiliate marketing yang juga diterapkan dalam dunia digital. Lalu, bagaimana si proses penerapan secara digital untuk menunjang “Direct Booking” ke website hotel Anda?

Untuk belajar menerapkan di hotel Anda, Yuk kita belajar dari industri Online Travel Agent tentang bagaimana mereka menerapkannya.

Exhibit 1: Agoda Referring Website. Source: SimilarWeb

Sebagai contoh dan proses belajar, kita akan melihat bagaimana Agoda menerapkan program affiliate marketing-nya yang terbukti sukses menggait jutaan pelanggan. Dari Exhibit 1 diatas terlihat bahwa 21.91% dari total 46.85 juta pengunjung website agoda per Agustus 2017 bersumber dari referensi website lain seperti chinesean.com, tridadvisor.com, mafengwo.cn dan erg.io dimana mereka bekerjasama dan terhubung dengan agoda.

Contoh affiliate partner Agoda adalah chinesean.com yang merupakan webiste yang bergerak khusus dibidang Affiliate Network di Cina atau TripAdvisor yang merupakan “Meta Search” engine. Agoda juga bekerjasama dengan berbagai macam jenis blog yang memiliki traffic dan target pembaca sesuai dengan standard Agoda, sehingga para pengunjung situs blog berpotensi untuk memesan kamar melalui blog tersebut yang kemudian proses booking diproses oleh Agoda.

Apakah ini gratis? Tentu tidak, Agoda membayar besaran komisi tertentu bagi blog yang mengirimkan tamu kepada Agoda. Itulah salah satu cara kenapa pemilik Blog mendapatkan pundi-pundi rupiah. Lain ceritanya dengan TripAdvisor, Trivago atau Google yang merupakan “Meta Search” Engine, skema pembayarannya ada yang per click ada juga yang menggunakan system komisi per bookingan kamar yang berhasil masuk mengirimkan tamu ke pihak Agoda. Anda dapat menerapkan strategi yang sama untuk website hotel Anda.

Affiliate marketing memang bukan hal yang baru, Agoda hanya salah satu contohnya saja. Selain industri OTA, Hotel chain  internasional yang berpengaruh besar di Industri perhotelan juga sudah menerapkan strategi yang sama sejak lama. Berikut adalah daftar link untuk menuju ke halaman pendaftaran affiliate:

Lalu, bagaimana cara untuk menerapkannya pada hotel Anda?

Jujur saja, rada ribet, karena Anda harus memasang engine tambahan pada “Booking Engine Anda”. Jika Anda berada di corporate office dimana Anda mengelola banyak hotel, maka cara ini sangat efektif dan effisien untuk Anda lakukan yaitu dengan cara membuat Tracking Engine untuk mengelola laporan, produktifitas, dan system pencairan komisi dari semua affiliate webiste yang telah diajak kerjasama dengan Anda.

Kenapa program affiliate ini penting untuk meningkatkan “Direct Booking” ke webiste hotel Anda?

Pertama yaitu dengan berafiliasi dengan website lain yang memiliki tingkat pengunjung tinggi dan kualitas pembaca, maka link website Anda akan mudah ditemukan oleh target pelanggan Anda.

Kedua, jika dilihat dari alogaritma Search Engine, maka website Anda akan lebih dipercaya dan ditempatkan dalam daftar teratas oleh search engine karena telah terhubung dengan website-website dengan traffic dan kualitas tinggi. Alogaritma-Nya simple, sama seperti di dunia nyata dimana orang lain yang belum kenal dengan Anda akan percaya dengan Anda karena dikenalkan oleh teman-Nya yang lebih dulu ia telah kenali dengan track record yang baik. Nah, dalam search engine, ketika website Anda telah dipercaya oleh Google, Yahoo atau Bing, maka Anda akan ditempatkan dalam daftar teratas ketika user memasukkan “kata kunci” yang sesuai dengan “kata kunci” yang telah Anda tetapkan dalam website Anda.

Dalam semua penjelasan diatas, maka “Dunia Digital Adalah Dunia Kolaborasi”, siapa yang bersama-sama maka mereka akan lebih cepat dalam mewujudkan mimpinya. Kuncinya adalah “Gotong Royong” atau bahasa keren-Nya kolaborasi. Mungkin saja Anda mempersepsikan bahwa beberapa OTA bertempur sengit, padahal dibalik itu mereka saling berkolaborasi dan sinergi dalam ekosystem travel industry.

Jadi, system affiliate marketing ini sebetulnya bukanlah hal yang baru, didunia nyata pun kita telah melakukannya. Lalu, Apakah Anda sudah berkolaborasi dengan para blogger berpengaruh dijagat maya dan menggunakan digital affiliate marketing dalam strategy distribusi Anda?

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik Di Bawah:

7 Cara Meningkatkan RevPAR

9 Trik Mengambil Foto Hotel Yang Menjual di Dunia Online

Memilih OTA Berdasarkan Pasarnya 

Mengggunakan Opaque Pricing 

Konversi Direct Booking Dengan Meta Search Engine

Bagaimana Cara Kerja Digital Distribution Channels di Hotel? 

Peta Distribusi Penjualan Global 

Intro to Fundamental Revenue Management 

Price WAR, Kapan Berhenti?

Revenue Management Key Indicators 

Analytic: Pilih Occupancy Tinggi atau ADR?

Channel Manager Sebagai Alat Kontrol Distribusi 

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id