Menggunakan B2B Hotel Market Place

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pastinya kita semua familiar sekali dengan Traveloka, Agoda, Expedia dan Booking.com, Nah mereka itu semua adalah Online Travel Agent dimana jenis bisnisnya adalah B2C (Business to Customer).

Pada model bisnis B2C seperti ini,  penjualan kamar hotel dimulai dari Hotel Mengirimkan informasi kamar, harga dan jumlah ketersediannya yang kemudian dijual oleh OTA kepada end user customers. Ilustrasi simpleNya: Anda nitip dagangan Anda di sebuah toko, lalu mereka ecerkan kepada pelanggannya secara langsung.

Berbeda dengan B2C, maka platform yang sudah ada 30 tahun silam yang bernama GDS (Global Distribution System) ini merupakan sebuah bisnis yang modelnya adalah “Business to Business” (B2B) market place untuk ¬†industri travel seperti penerbangan, hotel, rental mobil dan penjualan paket wisata.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

 

EXHIBIT 1: Global Distribution System, Ilustrated by HOTELIER.CO.ID

Dalam Exhibit 1 diatas, dapat kita pelajari bahwa :

  1. Industri travel dari mulai Rental Mobil, Hotel dan Airline mengirimkan informasi ketersediaan kamar dan harga kepada GDS dengan menggunakan teknologi Application Programing Interface (API) baik berformat XML atau JSON.
  2. Ratusan Ribu Travel Agent dan Corporate Clients, baik Offline dan Online diseluruh dunia yang tergabung dalam GDS dapat mengakses informasi yang diberikan oleh hotel dan bertransaksi melalui GDS.
  3. Travel Agent menjual produk yang ada di GDS kepada end customer
  4. Corporate Clients yang memiliki cabang di seluruh dunia dan dimana karyawannya memiliki volume travel yang sangat tinggi juga tergabung dalam GDS untuk memesan keperluan travel bagi karyawan mereka.

Kenapa harus menggunakan GDS dan siapa saja yang harus terbabung dalam Global Distribution System ini?

  • GDS membuka channel pemasaran Anda secara global yang terhubung langsung dengan para pemain besar di Industri Pariwisata dan perhotelan. Semakin banyak jangkauan exposure mengenai hotel Anda, maka semakin besar pula peluang “konversi” ke hotel Anda.
  • Jauh sebelum OTA bertebaran, Hotel Chain International sudah sejak lama menggunakan layanan GDS ini, karena memang jangkauan pasarnya Global. Jika Anda “hotel chain lokal” dan ingin masuk kepasar internasional, maka GDS layak untuk dijadikan salah satu jalur distribusi penjualan Anda. Catatannya: Tim internal Anda harus sudah sangat siap dalam memberikan pelayanan yang prima. Jika tidak, maka akan menjadi boomerang sendiri bagi hotel dikemudian hari.

Siapa saja sih provider GDS?

Artikel ini bukan iklan, tujuannya hanya untuk proses belajar tentang hotel saja. Berikut ini adalah daftar provider pemain lama yang secara terus menerus memperbaharui platform mereka:

Jadi, Apakah Anda hanya mengandalkan yourbrand.com dan OTA saja untuk distribusi digital Anda? Ataukah Anda sudah mulai berfikir jauh untuk membagi jalur distribusi Anda?

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Dibawah:

Daftar Isi: Fundamental Revenue & Distribution

Digital Distribution Landscape

Non Digital Distribution Channel

Channel Manajer Sebagai Jantung Distribusi  

OTA vs Direct Booking, Untung Mana?

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id