Menggerakkan bisnis hotel melalui wifi

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Saat ini bisnis hotel bersaing ketat antara satu hotel dengan hotel yang lainnya. Kebutuhan biaya tetap setiap tahun semakin meningkat, sedangkan harga kamar memiliki kecenderungan menurun yang dapat mengakibatkan potensi profit menjadi tergerus tergilas olah gilanya kompetisi.

Dalam situasi seperti sekarang ini, diperlukan terobosan kreatif dari semua departemen yang ada di hotel. Salah satu contoh kreatifitas yang bisa kita lakukan adalah Wi-Fi yang menjadi ranah departemen IT. Lalu, kreatifitas apa yang bisa mereka lakukan agar dapat membantu menggerakan bisnis di hotel Anda?

Bagian Pertama: Integrasi Wifi Access dengan Social Media

Saat ini tekhnologi microtic sudah dapat terhubung dengan berbagai social media. Anda dapat membeli “Device Router” yang dapat mendukung untuk konektifitas tersebut. Untuk urusan setting, sangat mudah karena device tersebut sudah dilengkapi dengan aplikasi software pendukungnya. Catatanya: Anda harus sudah memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Google+, lalu gunakan API (Application Programming Interface) yang telah tersedia dari pihak social media tersebut. Ikuti saja petunjuk setting yang telah disediakan dalam buku manual yang disertakan dalam produk router yang Anda beli.

Ilustrasi penerapannya adalah ketika tamu akan menggunakan Wifi dihotel Anda, maka mereka harus log in dengan menggunakan akun sosial media mereka. Khusus untuk Facebook, Anda dapat meminta pengguna Wifi untuk “Like” akun Anda sebelum mereka mendapatkan akses internet. Namun, saat ini Facebook memberlakukan harga dikisaran IDR 150 hingga IDR 500 per like. Namun, bila anda menggunakan setting “Check In” sebelum tamu menggunakan akses wifi, Facebook memberikan API secara geratis.

Lalu, apa manfaatnya bila Anda menggunakan Social Log In ini?

Pertama, Anda telah memiliki basis data dari existing customer Anda yang sedang atau telah mengkonsumsi produk dan layanan Anda. Sehingga, akurasi strategi dalam aktifitas pemasaran menjadi tepat sasaran. Kedua, simple untuk tamu Anda untuk mengakses Wifi di hotel Anda. Mereka tidak perlu report lagi bertanya user name dan password yang dibutuhkan. Namun, bila tamu menghendaki privasi, maka bisa disediakan “access code” di konter Front Desk.

Bagian Kedua: Manfaatkan Wifi untuk promosi produk dan layanan hotel

Masih menggunakan tekhnologi microtic yang sama, maka Wifi dihotel Anda bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi menggatikan brosur cetak. Format promosi dibuat sedemikian rupa dengan berbagai macam jenis konten, dari mulai artikel berformat text, picture, atau video. Manfaat dari bagian kedua ini adalah menghemat biaya cetak brosure dan tepat sasaran karena level demand kebutuhan wifi dihotel cukup tinggi.

Bagian Ketiga: Manfaatkan Wifi sebagai sumber revenue baru

Wifi dapat dijadikan sebagai ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari iklan yang bisa Anda sajikan tanpa mengganggu kenyamanan tamu. Anda bisa memasukkan konten iklan berformat video, text atau picture. Anda bisa bekerjasama dengan biro iklan digital untuk mengelola dan mencari pengiklan kelas nasional dan internasional sehingga Anda dapat tetap fokus dalam core business Anda.

Itulah ketiga kreatifitas yang bisa dilakukan oleh IT hotel untuk membantu hotel dalam effisiensi biaya marketing, melakukan penetrasi pasar via social log in dan meningkatkan pendapatan hotel melalui kerjasama dengan agency digital advertising.

Penulis  telah melakukan uji coba dan berhasil dijalankan dari tahun 2015.

Baca Juga Artikel dibawah:

Strategi Hotel Dalam Melakukan Penetrasi Ke Pasar 

Mengetahui Sales Process di hotel

Mengenal Digital Marketing di Hotel

Pentingnya Channel Manager sebagai alat distribusi Penjualan Kamar Hotel

Pentingnya Cutomer Relationship Management di Hotel

Kontributor:

Ikin Solikin

IHLC.co.id

Like & Share

2 thoughts on “Menggerakkan bisnis hotel melalui wifi

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id