Mengenal stakeholder eksternal hotel

Hotelier.co.id – Setelah  artikel lalu kita mengenal stakeholder ( pemangku kepentingan) hotel dari segi internal , pada artikel ini kita akan mengenal pemangku kepentingan hotel dari segi eksternal atau yang berada di luar hotel. Stakeholder (pemangku kepentingan) dari eksternal hotel diantaranya Supplier, Pemerintah , Bank , Tamu , Hotel pesaing, masyarakat , pers/media.

Apa sih peran stakeholder eksternal bagi hotel? untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu agar kita mengenal siapa saja dan peran apa saja para pemangku kepentingan dari luar hotel karena ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang hehehe…

  • Supplier

Stakeholder pertama yang berasal dari eksternal hotel adalah Supplier. Supplier adalah partner kerja dari hotel yang siap memenuhi ketersediaan bahan baku, oleh karena itu keberhasilan operasional hotel juga sebagian tergantung pada kemampuan pemasok / supplier dalam mengantarkan bahan baku dengan tepat waktu. Oleh sebab itu didalam memilih supplier diperlukan kriteria kriteria khusus seperti kualitas bahan baku , ketepatan waktu mengantar , dan segi harga.

Cara hotel bertanggung jawab terhadap supplier adalah dengan memberikan pembayaran maupun pelunasan secara tepat waktu

  • Tamu

Suatu hotel tidak bisa beroperasi tanpa adanya tamu yang datang untuk menginap atau memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Tamu juga merupakan target dari hotel untuk menjual jasa dan fasilitas yang dimilikinya sehingga untuk menggaet tamu agar tertarik untuk menginap ,hotel harus memberikan pelayanan yang terbaik serta harga yang bersahabat.

Cara hotel bertanggung jawab terhadap tamu adalah dengan memberikan kualitas pelayanan atau service excellent sehingga tamu akan mendapatkan satisfied terhadap pelayanan hotel.

  • Hotel pesaing

Kesuksesan operasional unit hotel biasanya tergantung pada pengetahuan karyawan tentang pesaing dan peranan mereka dalam bisnis. Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Dengan keberadaan pesaing , karyawan maupun manajemen operator dituntut agar selalu meningkatkan kualitas pelayanan demi memperoleh tamu.

Cara hotel bertanggung jawab terhadap pesaing adalah dengan bersaing secara sehat sehingga tidak menimbulkan perang harga yang dapat merusak hubungan baik antar hotel, karena pada dasarnya hotel-hotel dibangun untuk mensupport aktivitas pariwisata daerah.

  • Pemerintah

Peran penting pemerintah bagi hotel adalah sebagai regulator terkait dengan PERDA dan juga sebagai pemungut pajak hotel dan restaurant yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD) Sehingga dari PAD tersebut pemerintah dapat mengalokasikannya untuk kepentingan publik

Cara hotel bertanggung jawab terhadap pemerintah adalah dengan menjadi Hotel yang taat hukum dan taat pajak sehingga berkontribusi didalam pembangunan daerah.

  • Bank

Peran Bank adalah sebagai pihak yang menampung dana yang dikelola oleh unit hotel dengan jaminan keamanan terhadap dana tersebut, selain itu pihak bank juga menjadi pihak perantara keuangan antara unit hotel dengan tamu melalui produknya seperti Cheque, debit card, dan credit card sehingga mempermudah tamu untuk melakukan pembayaran. Selain itu pihak bank juga bisa berperan didalam menambah pasokan dana operasional hotel melalui kredit bank.

  • Masyarakat

Peran masyarakat adalah sebagai pendukung keberadaan hotel dan bisa menjadi kandidat tenaga kerja yang bisa diakomodir oleh hotel. Apabila ada kejadian yang menimpa hotel , masyarakat di sekitar hotel yang akan selalu memberikan support pertama contohnya apabila terjadi kebakaran di hotel ,maka masyarakat akan bertindak untuk menyelamatkan dan memadamkan api bersama dengan karyawan hotel.

Cara hotel bertanggung jawab terhadap masyarakat adalah dengan cara menjadi hotel yang peduli terhadap lingkungannya

  • Media

Peranan media atau pers bagi hotel adalah sebagai sarana publikasi dan promosi. Dengan adanya pers atau media , event atau kegiatan yang diselenggarakan oleh hotel dapat dipublikasikan sehingga calon tamu dapat mengetahui informasi event tersebut.

  • Lembaga pendidikan/sekolah perhotelan

Selain pihak-pihak yang sudah disebutkan diatas, lembaga pendidikan / sekolah hotel juga bisa menjadi stakeholder eksternal bagi hotel. Dengan adanya lembaga pendidikan / sekolah hotel akan mempermudah proses rekrutmen dan seleksi bagi karyawan hotel. Untuk mendapatkan karyawan hotel yang berstatus alumni dari sebuah sekolah hotel , pihak hotel bisa bekerjasama dengan sekolah hotel tersebut dalam memenuhi kebutuhan formasi karyawan hotel tersebut.

  • Lembaga sertifikasi perhotelan

Satu yang terakhir dan yang tidak bisa dilupakan adalah peran dari lembaga sertifikasi perhotelan bagi hotel. Yap , lembaga sertifikasi perhotelan memberikan sertifikasi baik untuk karyawan maupun untuk aktivitas operasional hotel tersebut. Dengan adanya sertifikasi , tamu akan merasa yakin dengan kualitas jasa pelayanan yang diberikan oleh hotel.

Dengan adanya stakeholder diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam menjalankan kegiatan operasional hotel. Baik buruknya kinerja hotel dapat mempengaruhi hubungan dengan stakeholder eksternal.

Salam jempolier!!

by Galih Satria Hutama

baca juga artikel dibawah ini

Cara hotel peduli dengan lingkungan

Peran hotel bagi pembangunan daerah

Mengenal arti penting sertifikasi usaha pariwisata