Mengenal salam ala Indonesia

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Jika seorang tamu masuk ke dalam lobby hotel, di depan pintu lobby akan disambut dengan salam dari mulai security, bell boy, dan receptionist.

Coba lah perhatikan gesture tubuh dari petugas-petugas tersebut ketika memberikan salam kepada tamu. Ada yang meletakkan tangan kanannya didada, ada juga yang meletakka  kedua tangannya di depan dada, dengan sedikit membungkuk, kemudian dengan ramah dan senyum yang tulus mereka mengucapkan “selamat datang, boleh saya bantu?”

Gesture atau gerakan tubuh petugas hotel saat menyambut Anda  memiliki makna bahwa tamu hotel adalah prioritas utama didalam melakukan pelayanan. Dengan salam  tersebut maka seluruh karyawan di unit hotel dapat mengekspresikan keterbukaan, kesiapan membantu dan keramahan bagi para tamu agar tamu merasa nyaman dan merasa disambut ketika mereka berada di hotel.

Kedua jenis salam tersebut banyak sekali digunakan di industry hospitality ditanah air, karena merupakan ciri khas Indonesian Hospitality. Coba perhatikan hotel-hotel lokal dibawah group Santika, Horison atau Dafam, mereka adalah operator lokal yang menerapkan ciri khas tersebut. Coba juga perhatikan standard salam di Garuda Indonesia atau maskapai lokal lainnya, mereka menerapkan hal yang sama, kenapa? Karena spirit mereka adalah indonesia, yaitu ingin mengenalkan tradisi pelayanan indonesia bagi para tamu-tamunya. Baik lokal maupun tamu internasional.

Gerakan/gesture untuk  salam tersebut di beberapa daerah di Indonesia berbeda-beda cara melakukannya, akan tetapi memiliki kesamaan yakni mengekspresikan keramahan, dan menghormati orang lain. Keramah tamahan adalah hal yang utama didalam melakukan pelayanan jadi harus kita lestarikan budaya keramah tamahan yang merupakan ciri khas orang Indonesia ini.

Pemberian salam kepada tamu dilakukan pada saat tamu datang ke area hotel atau outlet, pada saat tamu sedang menikmati layanan baik didalam kamar maupun di area hotel dan pada saat tamu meninggalkan area kita.

Ketika ada tamu sambutlah dengan ramah dan lakukan gesture salam sesuai standard di hotel Anda agar tamu tersebut merasa dihormati dan diperhatikan. Sehingga kesan pertama dan terkahir dapat menjadi pengalaman yang unik bagi para tamu-tamu yang mendapatkan pelayanan Anda.

Kontributor

Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id