Mengenal Profesi IT Dihotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – banyak kita jumpai bahwa persepsi kebanyakan hotelier bila melihat orang yang jago dibidang komputer selalu disebut sebagai IT, padahal setiap orang  tersebut memiliki bidang keahlihan dan latar belakang yang berbeda-beda. Sebelum penulis mulai bekerja di hotel, baik di bagian operasional dan bagian lain, pada saat kuliah, penulis bekerja paruh waktu (6 jam sehari) sebagai tenaga pengajar ilmu-ilmu komputer baik dari sisi softwere, hardwere dan network selama empat tahun. Maklum, penulis butuh uang untuk biaya hidup selama masa kuliah, jadi ya sambil kerja, ngerjain PR juga sambil kerja, biasanya sambil nginstal windows 98 yang pakai CD yang ribetnya minta ampun itu hahahaha.

Selain itu, setelah modal terkumpul, sembari bekerja, penulis sudah membuat bisnis dibidang Softwere Developer dengan membuat beberapa produk yang telah digunakan dibeberapa hotel lokal. Alhamdulilah,  bisnisnya Gagal Total dan penulis belajar bahwa ketika mau bisnis harus “Fokus” tidak bisa disambi-sambi dan pemilihan team yang berintegritas tinggi sangat diperlukan.

Alhamdulilah, sampai sekarang masih belum kapok, karena memang penulis hobi dan senang dengan dunia IT dihotel walaupun semuanya dipelajari secara otodidak sama teman-teman. Dengan kepercayaan dan funding yang cukup besar dari investor,  penulis bangkit lagi bersama para profesor dan praktisi perhotelan untuk memulai bisnis yang sudah hampir 8 tahun di hold karena berbagai alasan. Tujuannya supaya para hotelier tanah air memiliki solusi yang tepat sasaran dimana system yang dibangun berdasarkan keilmuan, riset dan dari para praktisi dibidangnya, sehingga indonesia tidak tergantung lagi dengan tekhnologi luar negri yang harganya mencekik.

Nah, Artikel berikut adalah beberapa bidang keahlihan dan spesifikasi serta rincian pekerjaan ditiap-tiap bidang IT yang menurut riset kami akan muncul di industri perhotelan tanah air dalam waktu dekat. Bidang keahlihan dibawah ini bisa berfungsi sebagai team, baik dalam mengembangkan aplikasi atau sebagai profesi untuk membantu mendongkrak nilai bisnis hotel.

  1. Project Manager 

Seorang project manager bertugas untuk mengkondisikan semua project berjalan dengan requirement dan time frame yang dibutuhkan. Ia bertugas untuk merekrut semua tim yang akan terlibat dalam project, mengatur struktur biaya, serta membuat estimasi laba dan rugi atas produk yang diciptakan.

Ia juga mengkoordinasikan pekerjaan kesetiap sub tim, merencanakan dan mengawasi setiap detail proses dari mulai rancang bangun workflow, coding, user interface hingga proses implementasi dilapangan. Latar belakang yang tepat untuk posisi ini adalah programmer dengan dilengkapi pengetahuan dan sense of business yang handal. Kenapa posisi ini harus berlatar belakang programmer, karena tugasnya mendistribusikan task lalu mengontrol kebersihan dan kerapihan dalam bahasa program yang akan diimplementasikan. Sedangkan keahlihan bisnis diperlukan untuk menyesuaikan alur system sesuai alur bisnis dan menghitung tingkat return on investment.

2. Business Process / System Analyst

Profesi ini bertugas untuk menganalisa bagaimana sebuah proses business yang ada, menyederhanakan workflow sehingga  ketika system diterapkan dapat mengurangi alur pekerjaan dan meningkatkan potensi keuntungan bagi bisnis yang dijalankan oleh kliennya. Profesi ini layak ditempati oleh orang yang mengetahui persis seluk beluk bisnis hotel sehingga penerapan system akan sesuai dengan harapan. Penulis biasanya suka mengambil peran ini, tentunya dengan langsung belajar dengan teman-teman ahli dibidangnya.

Ia juga bertindak untuk memberikan masukan kepada stakeholder  layaknya seorang konsultan dibidang strategi bisnis. Posisi ini cocok ditempati oleh mereka yang berlatar belakang pengalaman dan pendidikan dibidang Manajemen Bisnis, khususnya dibidang perhotelan. Biasanya seorang business process juga bertindak sebagai trainer ketika system akan diaplikasikan. Sehingga, studi kasus yang diberikan akan berjalan sesuai dengan kondisi yang nyata seperti dalam bisnis yang dijalankan.

3. Programmer

Seorang programmer bertugas untuk menterjamahkan workflow yang telah dibuat oleh seorang business process kedalam sebuah bahasa program dengan berbagai macam logic yang menyertainya.

Programmer adalah orang “Logic” yang cerdas dalam mengolah berbagai macam kondisi dalam business process kedalam sebuah bahasa kode. Programmer sendiri juga masih dibagi menjadi beberapa bidang keahlihan, yaitu yang bertugas dan memiliki kemampuan untuk membuat bahasa pemprograman data terstruktur dan tidak terstruktur yang sangat penting untuk pengembangan system dihotel.

Khusus untuk programmer mobile aplication, baik untuk Android dan iOS memiliki spesifikasi keahlihan yang  berbeda dengan web based maupun dekstop.

Bahasa pemprograman yang paling banyak dipakai adalah PHP, CSS, HTML5,  java script dan lain-lain.  Mereka juga harus memiliki kecakapan dalam pengaturan database seperti SQL atau Oracle.

4. Interface Designer 

Nah, ini termasuk katagori “seniman” dan kebalikan dari si Programmer yang demen sama logic. Kalau mereka berdua ini ndak singkron, potensi bubar jalan dalam pembuatan system bisa terjadi dan hasilnya project bisa wassalam. Profesi ini bertugas untuk memastikan bahwa unsur design yang ditonjolkan selaras dengan workflow, bahasa pemprograman dan brand image dari product yang akan dibuat. Mereka harus menguasai software-sofware yang digunakan untuk mendesign antar muka dari aplikasi yang akan dibuat. Gambaran umumnya ya mirip-mirip sama design graphic staff yang ada dihotel, tapi kalau yang ini fokusnya melengkapi dalam proses pembuatan system (aplikasi)

5. User Experience 

User Experience ini bertugas untuk mengontrol semua kualitas yang ada, seperti workflow, user design interface (tampilan system), memeriksa kerusakan bahasa program (bug) dan memeriksa kualitas system secara kesuluruhan. Ia juga melakukan validasi atas system yang dibuat dengan melakukan uji coba oleh end user secara langsung, merangkum hasil survey dari user dan memberikan laporan rekomendasi perbaikan-perbaikan atas system yang telah diuji coba. Kurang lebih tugasnya untuk melihat semua unsur Touch Points dan memberikan masukan kepada tim atas hasil temuan.

Kelima profesi tersebut diatas adalah tim yang dapat mengembangkan dan menciptakan software-software applikasi dihotel. Jumlah tim dapat disesuaikan dengan tingkatan cakupan project yang akan dibuat. Biasanya, profesi ini merangkap sebagai orang yang membantu dalam proses pembuatan dokumentasi (user manual) untuk panduan penggunaan.

6. Animator

Profesi ini tergolong dalam katagori seniman. Profesi animator ini juga masih dipecah lagi menjadi beberapa tingkatan keahlihan, dimulai dari story boarder, lighting, animating dan keterampilan menggambar baik secara 2D maupun 3D.

7. Network

Profesi ini yang paling banyak ada di IT Hotel, karena ruang lingkup pekerjaannya yang mengharuskan mereka berada disana. Profesi ini bertugas layaknya seorang “admin” yang memastikan semua user mendapatkan akses ke system sesuai otoritasnya. Umunya, sebelum hotel dibuka, profesi ini akan melakukan setting topoligy network untuk semua jaringan komputer dan infrastruktur hardware pendukungnya.

Mereka adalah perpanjangan tangan dari Sang Pembuat system. Misalnya, jika system PMS dihotel down, maka profesi ini akan meminta bantuan kepada provider. Tugas lainnya adalah memastikan jaringan internet dan semua perlengkapan hardware berjalan dengan baik. Mereka harus memiliki kemampuan dibidang topology network dan microtic technology yang banyak digunakan dihotel-hotel yang berkaitan dengan database dan jaringan internet.

8. Social Media & Digital Marketing

Profesi ini bertugas untuk memonitor semua pergerakan alur social media yang digunakan oleh hotel. Mereka harus memiliki keterampilan untuk mengembangkan jaringan sosial media, meningkatkan jumlah database aktif, dan melakukan penetrasi pasar secara digital. Mereka harus mampu mengelola budget untuk social media campaign, memasukkan konten-konten sesuai dengan waktu yang tepat, menganalisa perilaku pasar.

9. Content Writer

Profesi ini bertugas untuk membuat konten-konten milik hotel yang akan disebarkan ke target yang telah ditentukan. Profesi ini biasanya berkolaborasi dengan animator, video maker, dan Social Media Marketing.

10. Web Traffic Analyst 

Bertugas untuk mengontrol kualitas traffic sesuai dengan target, mengoptimalkan Search Engine, baik yang organik mapun  berbayar, menekan bounch rate, menganalisa alur channel distribusi kunjungan ke website hotel, mengatur jaringan affiliate, aggregator, dan traffic channel lainnya. Biasanya posisi ini disebut juga sebagai SEO Analist untuk pengoptimalan website. Tapi, kedepan akan menggunakan title Web Traffic Analist karena cakupan pekerjaan di hotel jauh lebih luas yang bertujuan untuk membantu team distribusi dan digital marketing.

Selain itu, mereka bertugas untuk mengontrol tingkat konversi kunjungan terhadap nilai bisnis dan memberikan masukkan kepada Social Media dan Digital Marketing untuk melakukan  beberapa langkah strategis secara tepat sasaran pada saat yang tepat. Profesi ini mengharuskan keahlihan analisa tingkat tinggi, mahir dibidang Google Analytic atau menguasai Traffic Management Tools dan web reputation lainnya seperti Alexa, Similar Web atau sejenisnya.

Jadi, jangan sampai salah memberikan tugas yah, bila Anda meminta dibuatkan suatu design kepada profesi programmer atau network, dapat dipastikan pekerjaan mereka berantakan karena bukan pada bidangnya, karena mereka biasa bekerja dengan “Logic”, Kecuali mereka memiliki bakat seni dan memiliki keterampilan dalam mengoperasikan software pendukung.

Sebaliknya, bila Anda meminta profesi designer dan network untuk membuat bahasa pemprograman, dipastikan mereka akan stress karena bukan pada keahlihannya. Kalau toh bisa, mereka akan ambil jalur pintas melalui bahasa pemprograman secara open sources yang pastinya seluruh workflow harus disesuaikan dengan process business yang ada dan  berpotensi rusak atau dihiject karena mengambil bahasa program yang terbuka dan banyak diketahui oleh orang lain. Jadi berikanlah tugas sesuai dengan porsinya masing-masing.

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin | IHLC.co.id

Pelajari Juga Artikel Menarik dibawah:

Mengenal Tekhnologi Big Data

Hubungan Antara Tekhnologi Big Data dan Artificial Intelligent 

Auto Pilot Hotel Management 

Like & Share

2 thoughts on “Mengenal Profesi IT Dihotel

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id