Mengenal posisi kerja di F& B Service

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id- Secara umum, tugas dan tanggung jawab dari departemen Food & Beverage Service adalah untuk memastikan memberikan kualitas pelayanan di Restoran, Room Service, Bar Cafe, Lounge dan Coffee Shop baik di hotel, kapal pesiar atau independence outlet berjalan dengan efektif dan efisien serta menghasilkan nilai bisnis yang positif.

Secara garis besar semua posisi pada departemen ini mengharuskan karyawan untuk selalu tampil bersih, ramah, sopan dan santun. Memiliki keterampilan komunikasi dan bahasa yang fasih, senang berinteraksi dengan orang lain, cekatan dan terampil serta memiliki jiwa usaha dan innovasi tinggi dalam menghadirkan sebuah pelayanan kepada para tamu external dan internal.

Berikut adalah beberapa posisi kerja di pada departemen Food & Beverage Service:

1.Waiter/Waitress

Tugas utama waiter/s adalah melayani tamu di dalam melakukan pemesanan menu dan mengantarkan pesanan tersebut hingga sampai ke meja tamu. Waiter/s juga bertugas untuk menjaga kebersihan outlet dan meja tamu.

2.Order Taker

Tugas order taker ini melayani tamu yang melakukan pemesanan menu lewat kamar hotel dan mengantarkan pesanan tersebut ke kamar dari tamu yang memesan.

4. Barista

Tugas barista adalah membuat menu minuman non alkoholic seperti menguasai pembuatan beraneka ragam Coffee & Tea.

5. Bartender

Tugas bartender ini membuat menu minuman alkoholic dan melayani tamu di bar hotel.

6. Admin FB Service

Tugas Admin di dalam FB Service adalah membuat, menginput dokumen dan melakukan stock opname terhadap bahan baku dan peralatan yang ada di FB Service store.

6.Cashier

Tugas cashier ini adalah mencatat tamu yang datang ke restaurant, menerima pembayaran dan membuat laporan dan transaksi keuangan untuk diserahkan ke departemen akunting.

7. Captain/leader

Tugas utama kapten ini adalah koordinator para waiter di dalam melakukan tugasnya

8.Supervisor Restaurant

Tugas utama supervisor restaurant ini adalah melakukan kontrol terhadap kinerja waiter dan admin. Selain itu membuat jadwal kerja, memberikan pelatihan kepada karyawan, membantu staff dalam handling complain dan masalah operasional lainnya, serta memastikan ketersediaan stock barang-barang dan peralatan kerja.

9. Outlet Manager

Outlet Manager ini adalah pimpinan atau kepala Restaurant, Bar, Lounge, Cafe, Coffee Shop dan Banquet / meeting room. Tugasnya adalah membuat kebijakan dan bertanggung jawab penuh atas operasional terhadap outlet yang dikelolanya. Misalnya: membuat menu dengan head chef , merumuskan kalender rencana promosi, membuat dan mengevaluasi biaya produksi dan operasional, melatih, mengembangkan, dan membimbing karyawan. Serta, mengawasi jalannya operasional kerja di outlet yang dipimpinnya.

10. Food & Beverage Manager 

Bertugas untuk membawahi semua Outlet Manager, posisi ini bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Sumber Daya Manusia, memastikan keuntungan dalam bisnis di departemenya, mengelola dan mengawasi standar kerja, mengevaluasi operational kerja, menerapkan perubahan strategi bisnis dan aktifitas-aktifitas lainnya.

11. Food & Beverage Director

Umumnya, posisi ini membawahi dua departemen sekaligus yaitu Food & Beverage Service dan Kitchen. Bertanggung jawab penuh atas semua aktifitas management untuk kedua departement tersebut.

Posisi-posisi yang tersedia untuk departement Food & Beverage ini umumnya berbeda-beda antara hotel satu dengan hotel yang lainnya. Penentuan posisi kerja biasanya mengikuti:

  • Besar kecilnya scope operasional kerja yang dicerminkan dari skala klasifikasi bintang. Semakin tinggi bintangnya maka semakin banyak pula posisi yang tersedia.
  • Standard nama-nama, tugas dan tanggung jawab disetiap hotel sesuai dengan karakter brand yang diusungnya.

Baca Juga untuk lebih mengenal:

Posisi kerja di Food & Beverage Production

Posisi Kerja di Front Office

Posisi kerja di Finance

Find The Latest Jobs at FB Service
Find The Latest Jobs at FB Service
Like & Share

4 thoughts on “Mengenal posisi kerja di F& B Service

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id