Mengenal Fair Share Bagi Hotelier

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda makan Pizza sepiring berdua, bertiga atau berempat? Jika Anda makan Pizza tersebut berdua dibandingkan dengan berempat, besar mana porsi Pizza yang Anda dapatkan? Berdua? atau berempat?

Ilustrasi tersebut juga sama dengan cara kita dalam menghitung Fair Share dalam dunia perhotelan yang bisa Anda gunakan sebagai indicator untuk memonitor pergerakan supply kamar hotel di kota Anda. Sebagai hotelier, memberikan pelayanan terbaik adalah salah satu dari banyak cara yang digunakan untuk mengukur kesuksesan hotel dalam menjalankan roda operasionalnya.

Faktor pelayanan adalah faktor internal dimana “antena” hotelier melihat kedalam, dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana kita menggunakan “antena” kita keluar untuk melihat ruang kompetisi yang sedang atau akan dihadapi oleh hotel, sehingga Anda dapat lebih pro aktif dalam menyikapi berbagai situasi yang berpotensi akan Anda hadapi dalam ceruk panasnya kompetisi.

Lalu, apa sih Fair Share itu dan Bagaimana cara mengetahui berapa share yang kita miliki?

Pembagian Pasar (Market Share) sama persis seperti pembagian satu loyang Pizza yang bulat itu yang dibagi kedalam beberapa irisan. Semakin banyak irisan berarti bagian pasar Anda terbagi dan terkurangi.

Rumus menghitung Fair Share

Cara menghitungnya adalah dengan membangi Room Availability (ketersediaan jumlah kamar Anda) dengan jumlah keseluruhan kamar kompetitor yang sudah Anda tentukan.

Contoh Penerapannya adalah sebagai berikut:

Kapita Hotel Memiliki Kamar sejumlah 208, lalu total ketersedian kamar pada keseluruhan kompetitor yang telah Anda tetapkan adalah sebesar 1,006 kamar, maka:

Fair Share = 208 / 1,006 = 0.21

Dengan demikian Fair Share pada Kapita Hotel adalah sebesar 21% bila dibandingkan dengan semua kompetitor yang telah Anda tentukan di kota Anda. Untuk keperluan analisa, Indicator ini berhubungan dengan indicator lain, seperti Actual Share dan Occupancy.

Cara membacanya adalah sebagai berikut:

  • Jika occupancy hotel Anda berada pada level 100% berarti bagian pasar Anda adalah sebesar 21%

Lalu, kenapa kita harus mengetahui Fair Share untuk hotel kita? Manfaatnya adalah untuk mengetahui laju pertumbuhan jumlah kamar hotel (supply) di kota Anda sehingga Anda dapat lebih peka dan tepat dalam mengambil berbagai kebijakan internal.

Sudahkah Pizza Anda terbagi? Berapa banyak bagian Anda?

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Fundamental Revenue Management 

Pentingnya Performance Management Bagi Hotelier

KPI Revenue Management 

Pentingnya Forecast Bagi Hotelier 

5 Cara Menentukan Kompetitor

Menganalisa Value Proposition Hotel 

Cara Menghitung Average Rate Index (ARI) 

Cara Menghitung Occupancy 

Cara Menghitung RevPAR

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id