Menganalisa Value Proposition dari Kompetitor Anda

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – setelah kita mempelajari artikel 5 Cara Bagaimana Memetakan Kompetitor, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat analisa “Value Proposition”, hal ini berguna bagi Anda untuk memetakan “Nilai dari harga” yang Anda tawarkan kepasar.

Part 1 Brand & Values Relationship 

Brand & Values sangat berhubungan erat, karena Brand menandakan sebuah persepsi yang dibangun dipasar, sehingga brand merepresentasikan sebuah nilai yang akan diterima oleh calon customers. Contoh ilustrasinya sebagai berikut:

Katakanlah Anda membeli sebuah mobil dengan dua pilihan brand yang berbeda: Yang pertama adalah Toyota Avanza dan yang kedua adalah Honda Mobilio. Kedua Brand tersebut adalah MPV, sama-sama 7 seater dengan range harga yang sama.

Apa persepsi Anda? Nilai-nilai apa yang Anda dapatkan dari masing-masing Brand tersebut? Walau terlihat dilevel segmentasi pasar yang sama, nilai-nilai yang diberikan jelas berbeda, tergantung persepsi dan image yang telah mereka bangun dipasar.

Jika kita kaitkan dengan topik kita, berarti kita harus mengetahui nilai-nilai apa saja yang diberikan oleh hotel atau brand kita dan kompetitor, karena  akan berpengaruh besar terhadap level harga yang akan kita terapkan.    

Part 2 Revenue Management & Marketing

Marketing sangat erat hubungannya dengan Revenue Management, terutama dalam hal strategi dalam mengkomunikasikan produk hotel Anda kedalam pasar  yang tentu saja sangat berpengaruh terhadap segmentasi pasar dan harga yang diciptakan. Kerjasama antar keduanya harus berjalan beriringan dan seirama.

Jika Anda pernah mengikuti pelatihan Marketing, masih ingatkah Anda dengan topik  SWOT Analysis?

Nah, dalam Fundamental Revenue Management, Anda juga akan menggunakan hal yang sama yang dapat digunakan untuk menganalisa Value Proposition untuk hotel Anda dibandingkan dengan kompetitor.

Untuk mempelajari SWOT lebih lanjut, silahkan kunjungi  artikel ini.

ComSet Value Proportion Creation

Dari ilustrasi gambar diatas, maka Anda dapat menganalisa apa saja “kelebihan” dan  “kekurangan” dari kompetitor dan hotel Anda, yaitu dengan cara memetakan Value Proposition secara lebih rinci.

Misalnya: dengan melihat langsung fasilitas Kamar, Restaurant atau fasilitas lainnya yang dimiliki oleh kompetitor dengan metode scoring seperti terlihat dalam ilustrasi dibawah.

Part 3 Value Proposition Assessment & Analysis

Untuk mengetahui nilai-nilai yang diberikan oleh daftar kompetitor Anda, maka Anda dapat melakukan Value Assessment dengan cara melakukan kunjungan secara langsung ke teman kompetitor Anda dengan membawa contoh worksheet dibawah:

ComSet Value Proportion Creation

Dalam ilustrasi table diatas, Hotel B memiliki Value Proposition tertingi dengan skor 23 dengan memasang harga kamar sebesar Rp 870.000 atau Rp. 20.000 diatas harga yang Anda tawarkan. Lalu, diikuti oleh Hotel C dengan skor 19 dengan level harga yang sama dengan hotel Anda. Sedangkan Value Proposition terendah diberikan oleh Hotel D dan Hotel E dengan total skor 13.

Contoh diatas hanya sebatas ilustrasi saja, pada kenyataanya: Anda dapat merubah kriteria sesuai dengan pasar Anda. Misalnya saja hotel Anda adalah termasuk katagori “kelas budget” dimana kompetitor Anda berada dikelas yang sama. Tentu saja Anda harus mengeluarkan fasilitas leisure seperi swimming pool atau spa  jika mereka juga tidak memiliki fasilitas tersebut.

Cara memberikan skor dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda, yang terpenting adalah Anda mengerti makna dari skor yang Anda buat sendiri.

Dalam contoh diatas, skor dibuat antara -5 yang berarti terendah dan +5 yang berarti nilai tertinggi. Dimensi yang bisa Anda masukkan dalam kriteria Value Proposition antara lain sebagai berikut:

  • Lokasi, poin ini bisa diartikan lokasi dimana hotel kompetitor  berdiri. Kriteria dalam menilai bisa diukur dari seberapa strategis hotel mereka dengan akses jalan utama, seberapa dekat dengan tempat-tempat menarik yang bisa menjadi “demand” pasar bagi hotelnya. Selain itu, kriteria lokasi juga bisa dilihat dari unsur keunikan tempatnya, misalnya hotel yang memiliki view cantik seperti Pantai, Gunung atau Danau walaupun tidak dekat dengan akses utama bisa saja memiliki bobot skor yang lebih baik bila  dibandingkan dengan hotel yang viewnya perumahan atau perkampungan.
  • Kualitas dari fasilitas Restoran seperti suasana dan dekorasi di restoran, variasi menu yang ditawarkan, kualitas presentasi, rasa, kebersihan area restoran, keramahan petugas saat melayani, kecepatan pelayanan, dan penguasaan staff atas product knowledge.
  • Kualitas Breakfast/sarapan yang meliputi variasi menu sarapan yang disajikan, pola penyajian atau display breakfast dan ambience yang meliputi penerangan, suara musik atau aktivitas yang disajikan oleh staff untuk tamu.
  • Leisure facilities seperti Spa, sarana outbound, atau swimming pool
  • Guest Room Quality seperti kerapihan dan kebersihan kamar atau perlengkapan amenities yang disediakan
  • Nilai pelayanan secara umum seperti: Keramahan petugas, kemampuan petugas dalam menjawab pertanyaan dan memberikan solusi, kecepatan, kerapihan petugas dan akurasi dalam memberikan pelayanan secara umum.

Semua poin diatas merupakan daftar dari “Value Proposition” dari kompetitor Anda, baik secara tangible maupun intangible. Untuk mendapatkan contoh worksheet yang digunakan dalam ComSet Value Assessment diatas, silahkan download dalam contoh format disini. Silahkan dirubah sesuai kebutuhan Anda ya..

Dari contoh diatas maka Anda dapat melakukan strategic analysis secara mendalam, yaitu dengan melihat posisi harga yang ditawarkan, “kelebihan” dan “kekurangan” dari masing-masing hotel yang kemudian ditindak lanjuti dengan membuat strategic planning untuk melakukan perbaikan dan rencana strategis lainnya untuk hotel Anda. Sehingga, nilai dan harga jual yang Anda tawarkan dapat sesuai dengan segmentasi pasar, values, level harga dan demand yang ada dipasar yang akan Anda bidik.

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin 

Pelajari Juga Artikel Menarik Dibawah ini;

Fundamental Revenue Management 

Mengenal Segmentasi Pasar di Hotel 

Brand is More Than Just a Logo

Menggunakan SWOT Analysis 

Menghitung Average Daily Rate (ADR)

Menghitung RevPAR

 

Like & Share
error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id