Mencari Karyawan Tantangan Terberat

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Banyaknya pembangunan hotel di indonesia memiliki dampak tersendiri terhadap proses perikrutan karyawan.

Mencari karyawan yang tepat dibidang perhotelan bukanlah perkara yang mudah saat ini. Karena, jumlah antara supply SDM dan demand boleh dikatakan sangat timpang. Hal ini berimbas kepada persaingan yang ketat untuk mendapatkan karyawan yang tepat.

Merujuk kepada data BPS tahun 2015 yang dirilis di website mereka, di indonesia terdapat 18.353 hotel dengan total jumlah kamar 507,196. Itu berarti, bila kita kalikan dengan rata-rata ratio antara jumlah karyawan dan kamar sebesar 0.6, maka terdapat 304,318 karyawan. Bila pertumbuhan pembangunan bisnis hotel sebesar 5%, maka saat ini (2016) terdapat sekitar 319,533 karyawan yang bekerja di sektor per hotelan.

Lalu, apa dampak atas pertumbuhan tersebut?

“Talent War”

Ya, hal ini sudah sering kita dengar diseminar-seminar, training, diskusi dan lain-lain. Perebutan Talent (karyawan) menjadi isu sentral dikalangan para executive perhotelan. Baru saja di rekrut, sudah dapat tawaran yang lebih baik, akhirnya keluar, lalu diganti yang baru, begitu saja terus dan seterusnya tiada henti. Bila hal ini terus terjadi maka akan berakibat fatal terhadap terpuruknya bisnis perhotelan dan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Baca Juga: Alasan Karyawan Resign

Untuk mengantisipasi hal tersebut memang tidak mudah, dibutuhkan komitmen tinggi oleh semua pihak.

Divisi Human Resources menjadi sangat vital untuk menempatkan dirinya sebagai mitra strategis bisnis. Lalu, apa yang harus mereka perbuat?

1. Tentukan strategy Sourching yang Tepat. 

Biarkanlah kandidat yang mencari Anda, bukan sebaliknya. Oleh karena itu, tentukan sumber-sumber yang tepat untuk memasang iklan lowongan Anda. Gunakan media offline dan online secara tepat. Sehingga waktu Anda tidak terkuras untuk screening applicants yang masuk. Bila Anda ingin membuka hotel, Anda bisa langsung melakukan recruitment di kampus-kampus atau sekolah-sekolah perhotelan. Libatkan manajer Anda untuk berpartisipasi. Untuk yang channel online, gunakan social media atau portal recruitment seperti applyhotel.com atau portal-portal lowongan berbayar atau gratis lainnya yang hanya khusus menyediakan lowongan hotel.

2. Rancang Strategy recruitment yang tepat. 

Ada dua model recruitment, pertama “membeli“, yakni menawarkan pekerjaan kepada kandidat dengan paket yang lebih tinggi. Kedua “mengembangkan“, yaitu menawarkan pekerjaan dengan paket pengembangan karir. Yang mana yang lebih baik?

Jawabannya ya tergantung situasi yang Anda hadapi dan kelengkapan alat manajemen yang Anda miliki. Bila Anda membeli, maka beban payroll Anda bengkak dan umumnya karyawan pun tidak bertahan lama, karena hanya diukur dengan materi dan bersifat transaksional. Sebaliknya, karyawan akan bangga karena memiliki kesempatan untuk belajar dan meniti karir. Umumnya, dengan hal ini karyawan bisa bertahan lebih lama.

2. Rancang Retention Strategy

Buat strategy untuk mempertahankan karyawan agar mereka betah bekerja di perusahaan Anda. Fokuskan kepada hal-hal seperti program penghargaan, program pelatihan, program pengembangan karir, dan lain-lain. Ingat, bahwa uang bukanlah segalanya untuk mempertahankan karyawan, suasana kerja dan intangible benefit lah yang menjadi kunci.

Baca Juga: Makna Merdeka Bagi Karyawan

Pesan untuk kandidat:

  • Gunakanlah kesempatan Anda sebaik-baiknya. Lihatlah orang-orang disekitar Anda dan peliharalah rasa syukur yang diberikan Tuhan kepada Anda atas pekerjaan yang Anda dapatkan.
  • Asah kompetensi dan rencanakan karir Anda secara matang
  • Pilihlah perusahaan yang betul-betul Anda yakin atas kesuksesan karir Anda. Fokus dan titilah karir Anda hingga kepuncak.

Salam Jempolier dan selamat menempuh situasi yang Anda hadapi. Semoga Indonesia tumbuh, selaras dengan Sumber Daya Manusianya. Amin.

Like & Share

2 thoughts on “Mencari Karyawan Tantangan Terberat

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id