Membangun Percaya Diri Dalam Pelayanan – Bagian 3

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda mengalami situasi dimana ketika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi permasalahan Anda bingung atas apa yang akan Anda lakukan?

Setelah kita membahas mengenai pentingnya Product Knowledge dan Procedure Knowledge, maka dalam artikel ini kita akan mengulas pentingnya Empowerment untuk menunjang rasa percaya diri staff dalam melakukan pekerjaannya.

Sebagai Manager, silahkan refelksikan pertanyaan ini kedalam diri Anda:

Seberapa sering karyawan Anda salah dalam bekerja dan membuat Anda frustasi?,  seberapa sering mereka menghubungi Anda untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi?

“Empowerment merupakan kepercayaan yang diberikan oleh atasan kepada bawahan untuk bertindak sesuai dengan level otoritas yang telah diberikan dalam menyelesaikan masalah dioperasional”

Misalnya, jika ada tamu komplen mengenai makanan dengan nilai dibawah IDR 100.000 maka karyawan memiliki otoritas untuk memberikan kompensasi kepada tamu untuk mengganti dengan menu lainnya. Sehingga, proses penanganan komplen menjadi lebih cepat. Sebaliknya, jika nilai kompensasi diatas IDR 100.000 maka karyawan meminta ijin kepada supervisor.

Coba banyangkan jika setiap terjadi komplen karyawan harus lapor kepada atasannya, jika Anda menjadi staff, apa reaksi Anda? Sebagai atasan, bagaimana Anda menyikapi?

Tanpa adanya empowerment, maka ketiga pihak (karyawan, manager dan tamu) akan merasa frustasi. 

Karyawan mungkin saja takut Anda semprot karena telah melakukan kesalahan internal sehingga mengakibatkan komplen. Anda sebagai manager juga berpotensi hanya berkecimpung diwilayah perkerjaan yang bersifat tekhnis dimana seharusnya fungsi Anda bisa digunakan untuk mengerjakan ke hal-hal yang bersifat strategis. Tamu pun juga kesal lantaran lambathya dalam mendapatkan solusi dari hotel.

Jadi, empowerment sangat penting sekali bagi kebahagiaan ketiga belah pihak.

Lalu, bagaimana cara memulai untuk membuatnya?

Creating The Level Empowerement 

Cara menerapkan level empowerment adalah dengan cara membuat daftar jenjang otoritas atas tindakan-tindakan yang bisa dilakukan dalam penyelesaikan masalah dilapangan.

Berikut adalah empat tahapan dalam merancang empowerment bagi tim kerja Anda.

Tahap pertama: Fokus saja untuk mendaftar masalah yang paling sering terjadi, baik internal maupun external. Lakukan update secara berkala

Tahap Kedua: Daftar otoritas yang bisa dilakukan untuk setiap level jabatan dan lakukan update secara berkala.

Tahap Ketiga: buat policy & procedure atas penggunaan level otoritas beserta alat kontrolnya agar tepat sasaran dalam penggunaaan otoritas yang diberikan.

Tahap Keempat: Lakukan pelatihan dengan melakukan simulasi ketika karyawan hendak menggunakan otoritas yang diberikan.

Pada hakekatnya, setiap orang akan nyaman, senang dan percaya diri dalam bekerja ketika mereka diberikan kepercayaan oleh atasannya. Sehingga ia akan dengan cepat dan mandiri dalam mengambil keputusan dalam melayani tamu.

Kepercayaan yang diberikan haruslah dikontrol dengan menggunakan alat penunjang sehingga dapat digunakan pada saat yang tepat dan untuk hal yang tepat pula.

Jadi, sudahkah Anda percaya kepada staff Anda dengan membuat daftar empowerment bagi tim Anda untuk memupuk rasa percaya diri mereka untuk melakukan pekerjaannya?

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik Dibawah:

Menanamkan Percaya Diri Dalam Pelayanan – Bagian 1

Menanamkan Percaya Diri Dalam Pelayanan – Bagian 2

Service Execellent Ala Pedagang Pisang

Service Selling Skill

Menerapkan Budaya Bertanya

Menjual Dengan Menjawab

Creating Authentic Service

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id