Manfaat Magang kerja di hotel

Hotelier.co.id- Seperti kita ketahui dunia perhotelan adalah salah satu industri yang memiliki sistem kerja yang sangat dinamis dan fleksibel sehingga setiap karyawan yang bekerja pada unit hotel selalu cepat dan responsif di dalam bekerja. Industri perhotelan ini sangat cocok bagi teman-teman mahasiswa yang baru saja lulus dari bangku kuliahan (terutama kuliah di bidang pariwisata dan hospitality) untuk mencicipi bagaimana rasanya bekerja itu. Yap… temen-temen bisa mulai dari awal yakni dari mencoba untuk Magang kerja di hotel terlebih dahulu.

Bagi sebagian orang masih menganggap bahwa kerja magang adalah hal yang sia-sia karena menurut mereka kerja magang sama dengan kerja yang tidak dibayar. Penulis sendiri dulunya adalah anak magang di salah satu grup hotel lokal chain Indonesia. Menurut penulis yang pernah bekerja di hotel dengan status magang (Trainee ) merasakan benar manfaat dari magang kerja di hotel walaupun hanya berlangsung selama 3 bulan.

Apa sih manfaat magang kerja di hotel bagi temen-temen semua? Inilah manfaat yang didapatkan ketika temen-temen magang kerja di hotel :

  1. Magang kerja Sebagai warming up ( pemanasan) atau langkah awal menuju dunia kerja

Magang kerja merupakan langkah awal atau sebagai pemanasan bagi teman-teman yang akan berkarir di dunia perhotelan. Dari magang kerja inilah, teman-teman bisa mengetahui seluk beluk tentang hotel (dari kacamata karyawan) dan merasakan sensasi asyiknya bekerja di hotel.

Berawal dari magang kerja inilah nantinya teman-teman akan mendapatkan reward berupa kontrak kerja apabila teman-teman dinyatakan capable dan memiliki kinerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Manajemen

  1. Banyak ilmu dan pengetahuan tentang perhotelan yang akan didapatkan

Magang kerja merupakan sarana yang tepat bagi Learning by Doing ( belajar dengan melakukan pekerjaan). Dari magang kerja inilah teman-teman akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang perhotelan. Penulis sendiri mendapatkan ide dan bahan untuk membuat artikel di hotelier.co.id ini juga berdasarkan pengetahuan yang didapatkan ketika melakukan magang kerja.

  1. Mental kerja dan sikap kerjamu akan ditempa secara tidak langsung

Magang kerja di dunia perhotelan akan membuat mental kerjamu terbentuk dengan sendirinya. Mengapa? Karena lingkungan kerja perhotelan yang sangat dinamis dan fleksibel membuat dirimu akan mengikuti ritme kerja disana. Efeknya adalah teman-teman tidak lagi mengalami shock culture atau kaget karena perbedaan kondisi ketika waktu kuliah yang sering nyantai dengan ketika bekerja yang harus memenuhi target kerja. Selain mental kerja, sikap kerjamu juga akan ditempa secara tidak langsung seperti etika, sopan santun, profesionalisme, dan kejujuran.

  1. Banyak kenalan dengan orang-orang yang hebat seperti profesional hotelier ataupun manager yang kenyang dengan pengalaman di dunia perhotelan

Dengan magang kerja di hotel kamu akan berinteraksi dengan banyak orang-orang hebat di unit hotel tersebut seperti manager yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Dari orang-orang tersebut kamu dapat belajar banyak terutama masalah sikap dan profesionalisme asalkan teman-teman mau bertanya dengan mereka. Dari perkenalan dan interaksi tersebut muncul yang dinamakan relasi, sehingga ketika teman-teman akan melamar pekerjaan di tempat lain, teman-teman sudah memiliki relasi yang bisa dicantumkan ketika mengisi formulir atau data pelamar kerja.

  1. Mulai mendapatkan hasil keringat sendiri

Siapa bilang magang kerja tidak diberi upah? Sudah banyak unit hotel yang memberikan upah bagi pemagang kerja. Walaupun tidak sebanyak sebagai karyawan,upah yang teman-teman dapatkan dari magang kerja adalah hasil keringat sendiri. Besar kecilnya upah yang diberikan apabila selalu bersyukur pasti akan menjadi berkah, jadi tak perlu khawatir dengan kecilnya upah yang didapatkan ketika magang kerja.

Itulah beberapa manfaat yang akan teman-teman dapatkan ketika magang kerja di perhotelan. Jadi, teman-teman jangan khawatir dengan status “Magang”, “Trainee”, dan “ Daily Worker” selama teman-teman mau untuk belajar .

 

Kontributor

Galih Satria Hutama