Manfaat Guest Comment Card

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id- Perhotelan adalah salah satu industri yang mengutamakan pelayanan. Di dalam melakukan pelayanan tentunya setiap individu akan memberikan penilaian yang berbeda secara segi subjektif. Untuk mengakomodir komen dari tamu, maka di setiap hotel pastilah memiliki kartu guest comment (kartu untuk memberikan kesan dan pesan), apa sih manfaat guest comment card bagi hotel? ternyata manfaat dari guest comment card bagi hotel adalah :

1.Sebagai bahan evaluasi manajemen pada operasional hotel agar tercipta service excellent

Guest comment card (kartu kesan dan kritik bagi tamu) bisa digunakan sebagai bahan evaluasi bagi manajemen yang mengoperasikan unit hotel. Evaluasi tersebut sebagai sarana untuk memperbaiki pelayanan agar tercipta service excellent. Evaluasi tersebut meliputi penilaian kinerja Karyawan, Perbaikan SOP, maupun pengecekan fisik bangunan dan kelengkapan barang-barang hotel.

2.Sebagai media komunikasi antara manajemen dengan tamu

Terkadang tamu merasa sungkan untuk komplain atau memberikan kritik kepada pengelola hotel sehingga ketika checkout ada perasaan yang mengganjal di hati tamu karena kritikan tersebut tidak disampaikan. Guest comment card adalah salah satu media agar tamu nyaman untuk menyampaikan kritik dan komentarnya terhadap pelayanan yang ia terima.

3. Sebagai bahan pertimbangan dalam penilaian kinerja karyawan

Banyaknya keluhan dari pelanggan bisa berakibat buruk bagi karir dan posisi seorang karyawan di hotel karena tamulah yang langsung berhadapan dengan karyawan. Apabila pelayanan yang diberikan oleh karyawan tersebut tidak membuat “senang” tamu, maka tentu saja guest comment card bisa menjadi alat pertimbangan untuk menilai kinerja karyawan terutama di divisi Front office, Housekeeping, dan F &B.

4. Sebagai dasar perencanaan bagi manajemen pengelola hotel

Saran maupun kritik yang diberikan oleh tamu melalui tulisan di dalam guest comment card bisa menjadi dasar perencanaan bagi manajemen pengelola hotel. Seperti contoh: adanya menu-menu baru yang tersaji di restaurant, atau adanya promosi-promosi yang dapat menarik pelanggan baru, dan peremajaan bangunan hotel bagi unit hotel yang sudah beroperasi lebih dari 5 tahun.

5. Sebagai dasar pembuatan training karyawan secara berkala

Banyaknya kritikan yang tertulis di dalam guest comment card bisa menjadi dasar pembuatan training karyawan secara berkala terutama pelatihan bagaimana melayani tamu yang baik dan benar. Tidak banyak hotel yang memberikan training secara berkala terhadap karyawannya sehingga dari segi pelayanan pun tidak membuat tamu merasa senang, akibatnya hotel mengalami penurunan occupancy.

6. Sebagai dasar  penghitungan prosentase besaran tamu yang satisfied terhadap pelayanan hotel

Semakin sedikit tamu memberikan complain di dalam guest comment card, maka bisa dikatakan pengelola hotel dan karyawan berhasil menciptakan pelayanan yang memuaskan (service excellent). Dampak dari tamu yang merasa senang adalah kemungkinan besar tamu akan kembali menginap di hotel, atau mungkin tamu bisa memberikan rekomendasi menginap kepada orang lain agar menginap di hotel kita, sehingga hotel pun mengalami kenaikan occupancy. Kenaikan occupancy yang diakibatkan tamu yang merasa puas dengan pelayanan karyawan hotel bisa menaikkan service charge yang diterima oleh karyawan hotel.

Dengan demikian guest comment card dapat dijadikan sebagai kontrol terhadap pelayanan yang diberikan oleh karyawan hotel. Kesan dan Komentar baik yang ditulis tamu untuk memberikan penilaian atas pelayanan yang diterimanya bisa menjadi bahan bakar semangat bagi karyawan hotel agar terus memperbaiki diri sehingga tercipta service excellent yang diidam-idamkan oleh manajemen pengelola hotel. Sedangkan kesan dan komentar kurang baik yang ditulis tamu, bisa menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi pengelola hotel agar terus berbenah dan memperbaiki kinerjanya.

Totalitas dan rasa ikhlas dalam melayani adalah salah satu cara bagi karyawan agar dapat memberikan kepuasan terhadap tamu hotel.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id