Manfaat Employee Rate

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda menginap di hotel tempat Anda bekerja? Atau; Pernahkah Anda diminta harga spesial dari kerabat atau teman Anda yang hendak tinggal di hotel Anda? 

Jika semua jawaban Anda adalah Iya, itu berarti Anda memerlukan dukungan dari Manajemen Anda untuk membuat “Employee Rate” yang merupakan harga khusus yang berlaku bagi karyawannya.

Manfaat Employee Rate di Hotel Bagi staff

Istilah “employee rate” ini tidak asing lagi bagi Anda yang bekerja di Internasional Chain. Anda dapat menggunakan harga khusus ini sebagai sarana untuk “belajar” bagaimana rasanya menjadi tamu dan dilayani oleh orang lain. Sehingga, Anda dapat memahami bagaimana sebuah pelayanan yang baik diberikan kepada tamu-tamu Anda.

Dibeberapa hotel chain asal Amerika bahkan mereka memberikan kamar secara gratis (complimentary) selama belasan malam per tahun yang dapat digunakan dijaringan group mereka diseluruh dunia. Tujuannya ada dua: Pertama adalah untuk membuat karyawan betah bekerja dalam groupNya dan menjadi bagian dari skema benefit bagi karyawannya. Kedua, sebagai sarana pembelajaran bagi staff untuk mendapatkan pengalaman sebagai tamu.

Manfaat Employee Rate Bagi Hotel

Salah satu semboyan hotelier adalah “Everyone is a sales person“. Itu berarti semua karyawan berperan sebagai “penjual”. Pertanyaannya kemudian: Seberapa besar otoritas yang Anda berikan bagi mereka untuk menjual?

Jika Anda tim manajemen dan ingin menerapkan pola tersebut, bagaimana jika Anda mulai menyusun struktur harga khusus yang Anda berikan kepada setiap karyawan untuk mereka gunakan sendiri atau ditawarkan kepada para relasi mereka?. Hal ini tentunya akan sangat membantu hotel dalam meningkatkan “direct booking” ke hotel Anda tanpa biaya yang mahal. Set objective bagi setiap karyawan dan uji keahlihan mereka dalam menjual. Dalam menerapkan employee rate ini, Jika Anda berfikir positif kepada mereka dan menjelaskannya secara gamblang, maka mereka pun akan berfikir hal yang sama.

Lalu, bagaimana proses kontrol terhadap kebijakan “employee rate” tersebut?

Jika Anda belum memiliki Central Reservation System (CRM), maka gunakan cara manual dengan membuat alur reservasi. Catat setiap pemesanan dari karyawan, berikan kode khusus dan rangkum dalam Ms Excel.

Jika Anda sudah memiliki “Booking Engine” (CRS) sendiri, misalnya saja Anda menggunakan STAAH sebagai provider Anda, maka caranya sangat simple, yaitu Bagikan “Rate Code” kepada semua karyawan agar mereka membagikannya kepada para tamu potensial Anda untuk mendapatkan “Employee Rate” yang tentu saja harus berbeda dengan harga yang berlaku untuk segmen pasar lainnya.

Jadi dengan menerapkan employee rate maka Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama: karyawan memiliki peluang untuk belajar bagaimana sebuah pelayanan diberikan dan kedua mereka dapat berpotensi mendatangkan kerabat atau jaringan mereka untuk menggunakan fasilitas hotel dengan harga khusus.

Jadi, sudahkah Anda menerapkan Employee Rate bagi staff Anda untuk menunjang direct booking? 

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik Dibawah:

Daftar Isi: Fundamental Revenue Management 

Meningkatkan Direct Booking dan RevPAR

Global Hotel Inventory Distribution Map

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id