Makna Senioritas Dalam Bekerja

hotelier.co.id – Di artikel sebelumnya telah diulas mengenai  ciri-ciri karyawan yang merasa senior. Nah, sekarang ayuk kita kupas sebetulnya apa sih makna senioritas dalam dunia profesional itu?

Merujuk kepada kamus Cambridge Seniority bermakna dua yaitu:

Pertama: “keuntungan” yang diperoleh karyawan atas lamanya durasi kerja dengan perusahaan. 

Kedua: Situasi dimana seseorang “menempati posisi yang lebih tinggi” dibandingkan orang lain.

Dalam dunia kerja di perhotelan, kita mengenal Lenght of Service, yaitu lamanya seorang karyawan bekerja dihotel. Biasanya karyawan yang lebih dulu bekerja disebut sebagai senior bagi karyawan yang baru saja masuk bekerja. Demikian juga dalam pergaulan kita diberbagai asosiasi, siapa yang lebih dulu masuk atau yang lebih sepuh dipanggil sebagai senior dibandingkan yang baru masuk atau yang lebih muda. Lalu, apa sih makna senior yang sesungguhnya?

Penulis lebih sepakat menggunakan makna kalimat dari frase yang kedua, yaitu senioritas melekat pada posisi atau jabatan yang diemban, terlepas ia lebih muda atau baru saja bergabung dalam suatu organisasi. Karena, Seorang yang senior berarti:

Harus mampu mengambil keputusan-keputusan strategis 

Ya, karena bila posisi kita junior, maka mustahil kita memiliki otoritas untuk mengambil keputusan dan dilaksanakan oleh semua anggota organisasinya. Sebaliknya, ketika posisi kita lebih tinggi maka kita bisa mengambil berbagai aspek keputusan yang menyangkut kepuasan tamu hotel, kepuasan karyawan, perbaikan cara kerja atau keputusan yang bersifat finansial dalam menjalankan roda organisasi.

Mampu memberikan contoh positif bagi Juniornya

Seorang yang senior berarti harus mampu memberikan contoh dalam melakukan suatu pekerjaan, itu berarti mereka harus mampu melatih bawahannya dan memberikan contoh atas perilaku yang diharapkan. Jadi, bila posisi kita lebih tinggi, maka perilaku kita akan terus diawasi oleh bawahan kita (junior), salah memberikan contoh perilaku positif maka apa pun yang Anda ucapkan kecil kemungkinannya untuk ditaati.

Mampu menyumbangkan Hasil Karya

Jika Anda seorang HRD suatu hotel dan akan melakukan seleksi wawancara dengan salah seorang yang sudah lebih dari 20 tahun diposisi yang sama. Mungkin saja Anda akan melempar pertanyaan yang sederhana: Selama dua puluh tahun terakhir, Karya Apa yang sudah Anda buat untuk hotel Anda? Manfaat apa yang sudah berhasil Anda buat untuk hotel Anda? Jadi, senioritas juga bisa melekat pada karya yang telah Anda sumbangkan. Bila posisi Anda lebih tinggi dari yang lain, itu berarti Anda memiliki banyak kesempatan untuk berkarya karena Anda memiliki otoritas yang lebih dibandingkan yang lain.

Jadi, senioritas bukan diukur dari berapa lama Anda bekerja, namun senioritas melekat dalam posisi atau jabatan seseorang untuk membawa organisasi kearah yang lebih positif. Namun demikian, hendaknya sebagai senior, kita dituntut untuk saling menghargai kepada orang-orang yang lebih sepuh atau pun yang lebih dulu masuk kedalam suatu organisasi, demikian juga sebaliknya. Sehingga, kekompakan dapat terjalin dengan baik untuk mencapai organisasi kearah yang lebih tumbuh positif.

Salam Jempolier!

By: Ikin SolikinIHLC.co.id

Pelajari Juga Artikel Menarik Dibawah:

Ciri-ciri Karyawan Yang Merasa Senior, Tapi Kualitas Pekerjaannya Junior

Karyawan Anda Susah diatur? Gunakan Soft Leadership 

Leadership Ala Indonesia