KPI Revenue Management Di Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Setelah kita mengulas tentang KPI yang umum ada di hotel, maka dalam artikel ini kita akan fokus membahas mengenai Key Performance Indicator (KPI) yang umum diterapkan dalam Revenue Management.

Jika Anda pernah membaca buku atau mengikuti pelatihan tentang Revenue Management, maka Anda mengerti bahwa pengelolaan Revenue di hotel itu bukan hanya sekedar buka atau tutup inventori disetiap channel penjualan, menaikkan atau menurunkan harga kamar, akan tetapi lebih kearah pengelolaan bisnis secara strategic dimana dalam tata kelolanya membutuhkan analisa yang akurat  yang berhubungan dengan banyak departemen yang tentu saja memiliki ukuran yang jelas dalam megukur tingkat keberhasilannya.

Cakupan operasional Revenue Management itu sangat luas, yaitu semua lini yang menjadi sumber pendapatan baik pendapatan kamar, Restoran, Spa, Bar, Meeting Room dan lain-lain.

Perspective dalam proses pengambilan keputusan juga sangat kompleks  karena harus melihat dari berbagai macam perspective; baik perspective internal maupun external.

Oleh karena itu, jika Anda menemui seorang Revenue Manager yang crewet, itu berarti ia sedang menunaikan fungsinya, dengan demikian berfikir positif terhadap orang lain itu sangat penting sekali untuk kesuksesan bersama.

Dalam Artikel ini kita hanya akan berfokus untuk membahas KPI yang diterapkan di Room Revenue saja, yang lainnya menyusul yah…

Lalu, apa ukuran indicator kesuksesan yang digunakan dalam tata kelola pendapatan untuk kamar hotel?

Room Revenue KPI Overview 

Pada bagian pertama ini, beberapa jenis KPI dan cara penghitungan serta alasan pentingnya Key Performance Indicator sudah pernah diulas dalam artikel sebelumnya. Namun, beberapa KPI yang lain akan menyusul dalam sub topik Fundamental Revenue Management lainnya.

Pada dasarnya, terdapat dua perspective KPI yang digunakan, yaitu dari sudut pandang internal dan external.

Bagian Pertama: Internal KPI

Internal KPI digunakan untuk mengukur keberhasilan tata kelola pendapatan secara internal, yaitu untuk melihat kinerja dilingkungan hotel Anda sendiri. Contoh KPI yang umum diterapkan silahkan pelajari lebih lengkap dalam link dibawah:

  1. Average Room Rate
  2. Average Daily Rate 
  3. Occupancy Rate
  4. RevPAR
  5. GoPAR
  6. CPOR

Setiap KPI diatas berkorelasi dengan strategi pemasangan harga, struktur biaya, dan investasi yang telah dikeluarkan untuk pembuatan kamar sebagai produk hotel. Antara satu dengan KPI lainnya saling berkorelasi sehingga dengan KPI tersebut maka operasional dan arah bisnis dapat dikendalikan dengan baik.

Bagian Kedua: External KPI

External KPI digunakan untuk mengukur keberhasilan Anda dari sisi kompetisi dipasar dimana datanya diperoleh dari perbandingan dengan hotel lain dalam ruang lingkup competitor set yang sudah Anda tentukan sesuai dengan segmentasi hotel Anda. Contoh KPI-nya adalah sebagai berikut:

  1. Average Rate Index (ARI)
  2. Market Penetration Index (MPI)
  3. Revenue Generation Index (RGI)
  4. Fair Share
  5. Natural Market Share

Dalam artikel selanjutnya akan dijelaskan lebih rinci mengenai KPI dari perspective external diatas.

Dari kedua perspective diatas, maka hasil akhirnya diukur lagi dari Perspective Profitability (keuntungan bisnis), yaitu Gross Operating Profit Ratio (GOP) dan Net Operating Profit Ratio (NOP).

Fungsi dari KPI diatas adalah untuk “membandingkan antara sasaran kerja yang ditentukan yang dibandingkan dengan pencapaian kinerja dalam periode kurun waktu tertentu”. Sehingga, pola majemennya dapat lebih proaktif dalam menyikapi situasi yang dihadapi dan tidak seperti pemadam kebakaran yang kelabakan ketika terjadi kekurangan disana dan disini.

Indikator tersebut penting dalam pengoperasian hotel seperti layaknya Anda mengendarai sebuah kendaraan dengan GPS dengan arah tujuan yang jelas yang disertai dengan indicator kecepatan, bensin, air radiator, indicator suhu AC dan lain sebagainya sehingga ketika Anda patuh untuk memenuhi indicator tersebut maka niscaya Anda selamat dan nyaman dalam menuju tujuan Anda.

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Dibawah:

Daftar Isi: Fundamental Revenue Management 

Pentingnya KPI Bagi Hotelier

Fundamental Revenue Management

5 Cara Memetakan Kompetitor di Hotel

Menganalisa Value Proposition di Hotel 

Like & Share

One thought on “KPI Revenue Management Di Hotel

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id