Kerjasama Antar Departemen di Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Seperti kita ketahui hotel adalah salah satu industri yang mengedepankan pelayanan yang terbaik bagi customernya (tamu). Demi memberikan pelayanan yang terbaik itulah diperlukan adanya kerjasama yang solid antar departemen yang ada pada unit hotel.

Di dalam melakukan kerjasama antar departemen ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Adanya persamaan persepsi

Yang pertama hal yang harus diperhatikan adalah persamaan persepsi antar departemen, contohnya adalah kualitas sayuran, mungkin bagi seorang purchasing persepsi kualitas sayuran yang baik adalah sayuran yang sudah bersih, sementara bagi staff Kitchen memiliki persepsi yang berbeda yakni kualitas sayuran yang baik itu yang segar dan tidak layu, daunnya masih komplit dan tidak ada bekas gigitan ulat. Tentu saja perbedaan persepsi ini harus diminimalkan, caranya adalah dengan membuat sebuah pedoman tentang kualitas sayur dan buah yang digunakan sebagai acuan didalam membeli barang bagi purchasing.

  1. Adanya kesepakatan bersama antar departemen

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai kesepakatan bersama antar departemen. Mengapa dibutuhkan kesepakatan? Karena masing-masing departemen memiliki Standar Operation Prosedure yang berbeda, tentu saja agar kerja sama berjalan dengan baik dibutuhkan kesepakatan bersama sehingga masing-masing departemen tetap berpedoman terhadap SOP yang berlaku, selain itu dengan adanya kesepakatan bersama membuat aliran pekerjaan menjadi lebih lancar. Contohnya : Pengeluaran barang dari gudang central hotel dibutuhkan schedule (jadwal pengambilan barang)  yang bertujuan agar pengawasan terhadap pengeluaran barang bisa tetap berjalan, seandainya tidak ada schedule pengeluaran barang pasti pengawasan terhadap barang keluar akan mengalami kedodoran, karena keterbatasan personil store keeper.

  1. Komunikasi harus semakin intens

Inti dari kerjasama antar departemen adalah komunikasi, yap di dalam melakukan kerjasama antar departemen harus mengedepankan komunikasi sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman antar staff departemen, selain itu fungsi dari komunikasi adalah mencegah adanya benturan terhadap SOP masing masing departmen.

  1. Kerjasama ditujukan untuk memberikan pelayanan bagi tamu

Tujuan utama dari kerjasama antar departemen adalah menciptakan service excellent untuk tamu, sehingga tamu merasa betah menginap di hotel dan memberikan kesan yang positif. Kesan positif dari tamu bisa sangat berguna untuk membentuk brand image unit hotel tersebut. Apabila brand image hotel tersebut sudah terbentuk, maka tamu akan terus kembali untuk menggunakan jasa pelayanan unit hotel tersebut.

Bentuk bentuk kerjasama antar departmental

  1. Departemen accounting dengan Departemen F&B dalam urusan pengadaan barang, pemasukan pendapatan dari restaurant, banquet, dan bar.
  2. Departemen Sales and marketing dengan Departemen F&B dalam urusan penggunaan Banquet dan meeting room untuk event
  3. Departemen Sales and marketing dengan Departemen Front Office dalam urusan jumlah kamar yang bisa dijual, dan dalam penetapan harga kamar
  4. Departemen Housekeeping dengan Departemen Engineering dalam urusan perbaikan fasilitas kamar seperti AC, televisi, keran bocor, Toilet macet,dll
  5. Dan masih banyak lainnya

Untuk penjelasan bentuk-bentuk kerjasama antar departemen ini akan dibahas pada artikel berikutnya, jadi pada dasarnya kerjasama antar departemen dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang prima sehingga tamu merasa nyaman menginap di unit hotel tersebut, selain itu tujuan lainnya adalah agar unit hotel berhasil untuk menjalankan visi dan misi dari manajemen yang sudah dibentuk bersama.

Kontributor

Galih Satria Hutama

 

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id