kegiatan operasional divisi Sales and Marketing di Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Divisi sales and marketing bertugas dan bertanggung jawab untuk mendatangkan tamu ke hotel sesuai target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Untuk mendatangkan tamu ke hotel, anggota tim yang berada di divis Sales and Marketing ini akan melakukan kegiatan operasional. Kegiatan operasional divisi sales and marketing di hotel dibagi menjadi 3 bagian yakni Selling, Marketing, and Promoting.

Di masing-masing bagian ini terdapat kegiatan operasional yang harus dikerjakan oleh seseorang yang berada di divisi sales and marketing baik itu di level staff maupun di level managerial. Kegiatan operasional apa saja ? simak artikel dibawah ini

Macam- macam kegiatan operasional divisi Sales And Marketing di hotel

  •      Selling

Selling  adalah kegiatan operasional untuk menjual kamar maupun event-event yang akan dikelola oleh unit hotel. Didalam melakukan kegiatan Selling ini terdiri dari beberapa tugas yaitu :

  1. Menjual kamar secara langsung atau melalui media online
  2. Menjual kamar melalui Tour agent yang berada di wilayah unit hotel tersebut
  3. Menjual event-event baik itu promotion event maupun banquet event
  • Marketing 

Marketing adalah kegiatan operasional untuk memperluas sebaran area penjualan unit hotel. Didalam melakukan kegiatan Marketing ini terdiri dari beberapa tugas yaitu :

  1. Melakukan Sales Call atau penawaran melalui telepon kepada intansi pemerintah maupun perusahaan swasta dan perorangan
  2. Melakukan kunjungan kerja ke instansi pemerintah maupun perusahaan swasta
  3. Membuat program kerja sama B-B (Business to Business) antara pihak hotel dengan perusahaan maupun program kerja sama B-G (Business to Governent) antara pihak hotel dengan pemerintah
  4. Melakukan analisa pasar secara berkala termasuk Analisa terhadap unit hotel lainnya yang masih berada di dalam satu wilayah yang sama
  5. Controlling terhadap perubahan occupancy supaya tidak berada di bawah estimasi dan target yang telah ditetapkan sebelumnya
  • Promoting 

Promoting adalah kegiatan operasional untuk memperkenalkan brand atau nama unit hotel kepada masyarakat luas untuk memberikan support terhadap kegiatan operasional selling. Di dalam melakukan kegiatan Promoting ini terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya :

  1. Pemasangan iklan di media cetak maupun elektronik
  2. Pemasangan Banner dan baliho di sudut jalan protokol
  3. Membuat event- event seperti Konser, newyear party, valentine party
  4. Turut serta di dalam kegiatan-kegiatan yang di adakan oleh pemerintah terutama yang berkaitan dengan Pariwisata
  5. Membuat diskon harga dan harga khusus Corporate bagi perusahaan dan instansi pemerintah
  6. Mengadakan kegiatan sosial seperti donor darah dan bakti sosial
  7. Membuat dan menyebarkan brosur ke kantor instansi pemerintah maupun perusahaan swasta

Ketiga bagian kegiatan tersebut saling berkaitan satu sama lain. Tanpa Promoting dan marketing, kegiatan Selling atau aktivitas penjualan tidak akan berjalan lancar, begitu juga sebaliknya tanpa kegiatan selling, kegiatan promoting dan marketing bisa membuat biaya yang dikeluarkan oleh unit hotel akan semakin besar karena tidak adanya pendapatan dari penjualan . Jadi, didalam jobdesk (Deskripsi pekerjaan) seorang staff maupun manager di divisi sales and marketing terdapat tiga bagian kegiatan operasional yang harus dilakukan untuk mendatangkan tamu dan menjaga agar occupancy dan pendapatan hotel tetap stabil bahkan meningkat.

Kontributor

Galih Satria Hutama

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id