Kampoeng Djowo Sekatul – Kendal

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Kampoeng Djowo Sekatul berada didaerah Limbangan, Kendal, cukup dekat dari Kota Semarang.

Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul  ini merupakan tempat wisata agro dengan nuansa pedesaan tempo dulu. Desa wisata ini terletak di areal perbukitan Medini di kaki gunung Ungaran dengan lahan seluas sekitar 12 hektar.

gazebo desa wisata sekatul kendal

Konsep bangunan diareal wisata ini adalah tradisional Jawa kuno yang berbentuk Joglo dan sangat tepat bagi para traveller yang ingin mempelajari kebudayaan jawa dimasa lalu. 

Baca juga: Tips meningkatkan occupancy hotel

Biasanya, di hari-hari tertentu pengunjung disambut dengan live music berupa sinden dan musik gamelan. Bila traveller hanya ingin berkeliling kawasan, pengelola desa wisata Sekatul ini tidak memungut biaya retribusi alias gratis.

fliying fox desa wisata sekatul

Para traveller hanya diminta membayar jika menggunakan fasilitas lanjutan yang disediakan seperti bermain flying fox, berenang atau memesan makanan di restoran.  

Menu makanan disajikan secara unik dan tradisional dan dapat dinikmati di gazebo-gazebo yang berbentuk joglo dengan berbagai ukuran, ada juga gazebo yang berada di pohon dengan pemandangan alam yang sangat indah. 

rumah joglo sekatul

Karena berada di kaki gunung Ungaran, air kolam renangnya begitu dingin dan menyegarkan. Hal yang paling menarik pengunjung adalah Flyong Fox yang berada di antara pepohonan dan berukuran panjang. Menurut pengelola kawasan, flying fox yang ada adalah yang terpanjang diwilayah Jawa Tengah.

Nama “Sekatul” berasal dari kata “Katul”, yang merupakan serbuk seperti tepung hasil dari penggilingan padi. Pada masa penjajahan Jepang, penduduk yang berada di daerah ini hidupnya sangat menderita dan sangat sulit yang akhirnya apa saja dimakan, termasuk katul yang biasanya untuk makan ternak. Untuk mengenang masa masa sulit dan mengingatkan sejarah tersebut kepada anak cucu di masa yang akan datang, maka daerah ini diberikan nama “Sekatul”.

Untuk menuju lokasi  dari kota Semarang, Anda bisa melalui Ngaliyan atau Ungaran dengan jarak 27 Km.

Selain melalui Ngaliyan, traveller juga bisa melalui Ungaran, dari alun alun Ungaran ambil arah ke barat menuju Gunungpati dan ikuti petunjuk arah menuju lokasi.

kolam renang desa wisata sekatul kendal

Biasanya kawasan ini full occupancy dihari libur nasional atau weekend, sebaiknya rencanakan dan buat reservasi jauh hari.

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id