Intro to Digital Recruitment – Part 2

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Pada artikel pertama kita baru mengupas tahap pertama dalam proses rekruitment secara digital, yaitu “Sourcing” atau process mencari kandidat dengan alat-alat digital yang umum tersedia dipasar.

Nah, di artikel ini kita akan kupas, sumber-sumber mana saja yang bisa kita gunakan untuk mencari kandidat dan bagaimana proses penyebaran iklan lowongan pekerjaan yg akan kita lakukan.

Seperti kita ketahui bahwa fungsi HR sama persis dengan fungsi Marketing yang berarti erat kaitannya dengan menjaga hubungan baik dengan prospek atau klien.

Dalam dunia digital saat ini, seperti di rilis dibeberapa media international seperti Harvard Business Riview, dalam 5 tahun kebelakang ini para marketer dunia sedang gencar-gencarnya melakukan konsep “Demand Generation”, yakni menciptakan permintaan dengan dua cara, yakni:

1. InBound Marketing atau bisa kita sebut “Digital Marketing”

2. OutBound Marketing atau bisa kita sebut conventional marketing (offline)

Kedua konsep tersebut sangat vital untuk dilakukan secara seimbang dan saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Lalu, bagaimana aplikasinya dalam sebuah recruitment? 

Ya, Anda adalah marketer untuk hotel Anda. Anda bisa menggunakan sumber-sumber jaringan sebagai berikut:

Digital Recruitment

Sumber dan alat yang bisa digunakan antara lain: Online recruitment management system (Job Engine), Job Board, social media, blog, email blast, sms blast, Banner Ad, Google AdWord, PPC, dan lain-lain. Yang jelas semua tools tersebut harus saling sinergi karena terdapat dua hal, yakni Creating Brand Awareness dan Brand Convertion. 

Conventional Recruitment

Sumber dan alat yang bisa digunakan antara lain:

Bikin poster lowongan dan disebar ke kampus-kampus atau komunitas. Aktif berkontribusi dalam asosiasi, bikin job fair, school visit, dan lain-lain. Dimana disetiap kegiatan kita harus mencantumkan alamat website dari online recruitment management system kita, beserta poin of contact sebagai converstion tools atau distribution channels.

Lihat saja Tokopedia, Traveloka, dan lain-lain, mereka itu kan sudah besar didunia digital, kenapa masih pakai “baleho” yang seukuran gajah disetiap persimpangan jalan? atau mereka memasang iklan poster dikabin pesawat atau disekujur badan Bis Kota? Nah, itu artinya mereka sedang menunaikan “brand awareness” untuk proses mengembangkan merek secara offline/conventional.

Tentunya, untuk industri hotel, khususnya dibidang HR dapat menggunakan sumber-sumber dan alat-alat marketing lain yg hendaknya efektif dan tepat sasaran.

Nah, tantangannya sekarang adalah dengan banyaknya sumber dan alat-alat yang tersedia, bagaimana caranya agar semua alat digital bisa dilakukan secara bersamaan, sehingga menghemat waktu dan biaya?

Coba bayangkan bila Anda harus memasukkan lowongan Anda dengan menebar link atau poster kemana-mana, tentu sangat melelahkan dan mengganggu orang lain juga. Dalam dunia digital, hal ini biasa disebut sebagai “Spam“.

Agar process Brand Awareness dan Brand Convertion terjadi dengan efektif dan efisien, Jawabanya ada di dua hal dibawah:

Pertama adalah Online Recruitment Management System (ORM) yang terpasang di website Anda

Alternatif kedua, Anda bisa menggunakan jasa penyedia “Job Board“. Ya, kalau dalam bahasa marketing ya seperti menaruh hotel kita di Online Travel Agent gitu lah kira-kira.

Untuk ORM memang masih jarang. khusus industri hotel, umumnya jarang yang memiliki sendiri, mereka umumnya menggunakan pihak ketiga sebagai supplier. Yang paling terkenal didunia adalah product dari Oracle yg namanya Mas “Taleo”, kebanyakan dipakai oleh hotel chain asal Amerika. Yang punya sendiri kelihatannya baru hanya Accor dengan Accorjobs-nya itu.

Khusus untuk Job Board pasar internasional dibidang Hospitality masih dikuasai oleh Caterer Global. Sayangnya, untuk indonesia masih belum ada Job Board yang masuk ke Niche Market hotel. Dinegara kita ada, tapi masih bersifat generic yaitu JobStreet dan JobsDB.

Lalu, apa sebetulnya ORM dan Job Board ini dibandingkan dengan portal lowongan lainnya?

Jawabannya simpel aja, proses distribusi lowongan mereka sudah berjalan secara global dan terjadi secara otomatis dan real time. Engine yang digunakan disebut “Buying Cycle Engine” dimana mesinlah yang mengatur alur distribusi dan komunikasi antara sang pemilik Job Board, employer dan candidate. Semua transaksi terjadi secara digital.

Jika Anda pernah memasang iklan lowongan dikedua job board diatas, pastinya dalam waktu yang sangat singkat email Anda akan di bombardir dengan informasi tentang lamaran yang masuk, walau pun kualitas pelamar patut dipertanyakan bukan? Kenapa bisa begitu, karena mesinlah yang bekerja untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan.

Kalau saya menyebutnya system syariah, dimana bisnis job board itu saling berkolaborasi, bertukar info kedalam satu platform yang terintegrasi dengan lebih dari 15.000 Job Board lainnya diseluruh dunia dalam sebuah Job Market. Ya, kalau untuk bahasa marketing gambarannya ya seperti Global Distribution System gitu lah.

Lalu, apa lagi keunikan Online Recruitment Management system dan Job Board yang bagus itu?

Job Board yang sudah berbasis Buying Cycle Engine, umumnya terdapat fasilitas seperti Screening Test untuk kandidat pada saat melamar, Filter resume, alat Komunikasi dengan kandidat atau team recruitment, alat menyimpan dan menandai CV yang relevan, Tracking kandidat dan lain-lain. Sehingga, proses recruitment menjadi lebih mudah.

Hal terberat dalam recruitment adalah mencari dan memfilter kandidat sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Seyogyanya, technology itu hendaknya mampu memudahkan kita dan mampu membantu dalam setiap pekerjaan kita. 

Salam Jempolier dan selamat berakhir pekan.. Mohona maaf bila bahasanya rada njlimet dan ruwet karena memang bahasa digital rada susah dibahasa jawakan atau terdengar gimana gitu kalau di bahasakan, Jadi ya pakai bahasa aslinya saja.

Salam Jempolier

Ikin Solikin

IHLC.co.id

Like & Share

One thought on “Intro to Digital Recruitment – Part 2

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id