Inilah Desa Wisata yang Mendunia

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Kampung Wisata Kungkuk adalah salah satu desa wisata terbaik di Indonesia yang telah mendunia melalui events balap sepeda kelas internasional yang telah banyak menyedot perhatian social media. Kawasan wisata ini terletak di Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Malang. Tepatnya, berada di bagian barat Desa Punten yang diapit oleh dua gunung, yaitu  Gunung Panderman (sebelah selatan) dan Gunung Arjuno di sebelah utara. Desa wisata ini berada di ketinggian 950 mdpl dengan luas 14 hektar ditambah areal hutan seluas 125 hektar membuat lokasi ini memiliki suhu udara yang dingin dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kampung Wisata Kungkuk

Suasana alam dan udara di Kampung Wisata Kungkuk sangat alami, sejuk dan eksotik dengan pemandangan alam yang sangat indah bisa membuat traveler betah dikawasan ini. Tak hanya itu, kita juga bisa menikmati panorama lembah, hutan, kawasan pertanian maupun pemukiman penduduk pedesaan. Pohon-pohon pinus yang berdiri seakan membatasi wilayah kampung dengan hutan di perbukitan. Disana, traveler  juga dapat menemui beberapa sumber mata air yang alami yang bisa dijumpai di atas bukit dan lereng-lereng gunung.

Selain menghadirkan pesona alam, Desa Wisata Kungkuk juga sangat cocok bagi penggemar outbond, perkemahan, flying fox, olahraga gunung, sepeda gunung, mobil gunung, dan lain-lain. Sangat cocok untuk korporasi atau sekolah yang akan mengadakan kegiatan gathering atau pelatihan. Kampung wisata ini menyediakan dua area camping dan outbound. Pertama, terletak di samping gazebo dengan panorama alam yang lebih terbuka. Dari sebelah utara, traveler  bisa menikmati paket wisata petik apel dan dari sebelah selatan paket wisata petik jeruk. Nah, uniknya disebelah barat, pengunjung bisa menikmati paket wisata sekolah alam tentang cara menanam, merawat, dan memanen tanaman. Sedangkan sebelah timur terdapat home stay dan perkampungan penduduk yang siap menerima para tamu-tamunya dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi para keluarga yang ingin berwisata dengan nyaman, juga terdapat villa-villa dengan kualitas sangat baik yang dapat disewa disekitar lokasi.

Camping Ground Kampung Wisata Kungkung

Area camping dan outbound lainnya terletak di tengah hutan pinus dengan panorama pegunungan. Area ini lebih cocok untuk pelatihan berbagai kegiatan outbound. Sebab, selain menantang, tempat ini juga jauh dari pemukiman penduduk. Terdapat empat unit gazebo ukuran sedang dan satu gazebo ukuran besar di kawasan hutan ini. Bagi pecinta motor trail, bisa mencoba paket trail adventure yang unik dibanding tempat wisata lainnya.

Track yang berada di hutan pinus, perbukitan, dan pegunungan yang menantang siap memacu adrenalin. Selain itu, traveler  juga bisa menikmati keindahan alam Kampung Wisata Kungkuk sambil berkuda dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi Anda yang suka berkebun atau bercocok tanam, tidak ada salahnya mencoba Wisata Sekolah Alam yaitu belajar bagaimana cara menanam dan merawat buah apel, jeruk, dan sayur-sayuran sampai bisa menghasilkan produk-produk berkualitas. Tak hanya itu saja, Anda dapat menikmati segarnya buah jeruk, jambu, dan apel yang bisa dipetik langsung dari pohonnya. Asyik kan?

Seni Tradisi Bantengan Batu Malang

Menariknya, berbagai atraksi adat budaya  juga digelar secara rutin seperti atraksi Tari Santar, kuda lumping, dan bantengan yang siap menghibur setiap wisatawan yang datang. Konsep kampung wisata ini sangat unik, karena traveler  juga dapat terlibat langsung dan merasakan kegiatan warga setempat saat ronda malam bersama warga setempat. Paket wisata ini sangat  menarik untuk melestarikan sikap gotong royong antar warga yang saat ini sudah mulai pudar dikota-kota besar.

Dilokasi ini juga kerap digelar event-event besar baik domestik mau pun international, sebut saja balap sepeda yang digelar secara internasional yang telah banyak mendapatkan apreasiasi dunia olah raga balap sepeda. Events yang mendunia dan Kampung Wisata Kungkung ini dikelola secara gotong royong oleh warga setempat.  Hal itu tidak terlepas dari kerja keras seorang pemuda bernama Andik (33 tahun) yang memiliki motivasi dan dedikasi kuat untuk melestarikan warisan budaya leluhur. Ia juga aktif dalam menata dan memberikan penyuluhan untuk para  UKM dan penduduk setempat dalam hal pariwisata. Bila Anda ke kota Batu, Malang, silahkan pilih Kampung Wisata Kungkuk, karena selain murah meriah dengan memilih tempat wisata ini berarti Anda telah membantu masyarakat sekitar dalam melestarikan budayanya dan memberikan mereka harapan masa depan.

Bila traveler memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai desa wisata ini beserta fasilitasnya, silahkan langsung saja menghubungi Koordinator Desa Wisata Kungkung, dengan Mas Andik dinomor  0813 3602 1899

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id