Ini dia salah satu kunci dasar memenangkan pasar

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id – Bila kita mengadopsi konsep “Service Marketing” dari literatur mana pun, maka “kunci memenangkan” dalam persaingan pasar perhotelan selalu dimulai dari “ketersediaan Informasi”. 

Bila kita memiliki informasi yang tepat maka kita akan sangat terbantu dalam:

“Memahami kebutuhan dan keinginan tamu”, sehingga kita dapat dengan cepat untuk merespon kebutuhan mereka. 

Jika melihat perkembangan technology saat ini, maka kita akan sangat dengan mudah melihat demographi tamu-tamu kita, apa saja kesukaan mereka, sebaran lokasi mereka dan lain-lain. Lihat saja Facebook fans page Anda, disana sudah tersedia banyak informasi tentang tamu Anda atau orang yang berpotensi menjadi tamu. Tinggal Anda petakan saja aktifitas marketing apa yang akan Anda buat, kedaerah mana saja jangkauan aktifitas marketing Anda dan berapa banyak  resources yang dibutuhkan.

Lalu, bagaimana agar strategi business plan Anda dapat menjadi lebih tepat dan efektif? Jawabannya simple, semua informasi sudah tersedia di Property Management System(PMS) Anda. Namun kenyataannya:

  • Apakah data-data yang Anda miliki betul-betul akurat dan terupdate?
  • Siapa yang harus bertanggung jawab? 

Nah, inilah kenyataannya dimana dengan kemudahan kita menjual kamar via Online Travel Agent (OTA),  maka kita lupa bahwa semua fields (kolom) vital pada PMS harus tetap kita update. Sehingga, strategi pemasaran Anda tidak sepenuhnya bergantung kepada OTA.

Dari skala 1 hingga 100 kali pengalaman penulis menginap diberbagai hotel dan kota di Indonesia, maka 80 dari mereka tidak menanyakan “pertanyaan-pertanyaan” dasar pada saat proses check in seperti layaknya dulu ketika penggunaan OTA tidak segencar sekarang. Padahal, pada proces check in ini lah screening data dilakukan.

Fields data seperti purpose of visit, guest preferences, sources of booking, special request, rate code, room rate, email address, ID Number, Address, phone number, nationality adalah fields inti dalam process pembuatanData Mining dan Data Slicing” yang bermuara kepada perumusan strategi yang tepat.

Merujuk pada ilustrasi situasi diatas, maka tidak heran bila industri perhotelan tanah air masih didominasi asing sebagai pemimpin pasar karena mereka sangat peduli terhadap data-data tersebut dengan melakukan berbagai macam audit untuk menjaga konsistensinya.

Sebut saja mystery shopper dan complience audit yang dilakukan secara berkala. Berita bagusnya, akhir-akhir ini juga sudah mulai banyak hotel lokal yang mulai rutin menggelar audit-audit internal dan external. Bagaimana pun juga, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali dan patut kita apresiasi.

Lalu, apa solusinya?

  • Petakan data Anda. Bila dihotel Anda tidak tersedia posisi Revenue Manager , Maka bisa mencari Big Data Technology Analist untuk membantu Anda. Atau,  bisa juga menghubungi provider PMS Anda.
  • Berikan pelatihan kepada Front Desk, Reservation, e-commerce, sales, marketing dari arti penting dalam masing-masing fields tersebut. Sehingga, mereka akan memiliki persamaan pandangan.
  • Monitor kebersihan data dan lakukan audit secara rutin.
  • Lakukan dari yang termudah dan secara konsisten (back to basic is the key to success)
  • Gunakan “Guest Hystory/Profile” sebagai alat untuk memberikan pelayanan prima bagi tamu-tamu kita

Semoga bermanfaat dan salam Jempolier!

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id