Grebeg Maulid Di Kraton Jogja

hotelier.co.id – Di penghujung tahun 2017 ini biasanya digunakan untuk cuti kerja bagi karyawan yang ingin berlibur. Terlebih di akhir bulan november hingga awal Desember ini terdapat long weekend yang bisa diambil untuk cuti selama 2-3 hari yakni hari kamis 30 November, senin 4 Desember , dan selasa 5 desember karena pada hari Jumat tanggal 1 Desember merupakan hari libur nasional bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Buat kamu yang ingin menikmati long weekend di kota Jogja, ada beberapa acara yang bisa kamu tonton loh disini. Tahun ini akan sangat istimewa karena ada banyak acara yang hanya diselenggarakan delapan tahun sekali. Berikut ini adalah event di kraton jogja selama akhir bulan November hingga awal desember :

RANGKAIAN AGENDA HAJAD DALEM GAREBEG MULUD DAL 1951 / 2017 

Jumat (24/11) pk. 22.00 : Miyos Gangsa

Miyos Gangsa : Keluarnya alat musik gamelan dari dalam kraton disemayamkan di Keben (pendopo depan kraton) yang kemudian akan dimainkan sekali pada malam hari kemudian tengah malamnya dibawa ke pagongan yang berada di komplek masjid besar kauman.

Minggu (26/11) pk. 15.30 : Gladhi Prajurit

Selasa (28/11) pk. 15.00 : Numplak Wajik

Numplak wajik adalah prosesi pembuatan gunungan atau pareden. Gunungan atau pareden adalah susunan dari aneka kue dan bahan makanan yang merupakan untuk hajatan dari seorang raja untuk rakyat. Istimewa nya di tahun ini adalah Grebeg besar, gunungan yang ditampilkan semua jenis gunungan dikeluarkan, ini terjadi hanya 8 tahun sekali. Salah satu keunikan ada gunungan yang mengeluarkan asap

Kamis (30/11)
Pk. 20.00 : Pesowanan Malam Garebeg
Pk. 22.00 : Jejak Beteng (Banon)
Pk. 00.00 : Kondur Gangsa

Kondur gangsa adalah prosesi pengembalian alat musik gamelan yang berada di komplek masjid besar kauman ke dalam kraton

Jumat (1/12)
Pk. 07.00 : Garebeg Mulud /maulid
Pk. 20.00 : Ringgitan Bedhol Songsong.

Ringgitan bedhol Songsong : prosesi rangkaian penutup acara hajat dalem perayaan  Garebeg maulid nabi Muhammad SAW

(Jadwal acara berasal dari info kraton Jogjakarta)

Itulah beberapa agenda acara yang akan diadakan oleh Kraton Yogyakarta yang bisa kamu saksikan di long weekend akhir November sampai awal desember ini.

Salam jempol

By Galih Satria Hutama