Intro to: Fundamental Revenue Management

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda mengalami situasi dimana “Ketika Kamar Anda sudah penuh, lalu ada saja tamu yang minta kamar, bahkan mereka bersedia membayar dengan harga yang lebih mahal”?

Atau:

Pernahkah Anda mengalami situasi dimana “Kamar Anda Sold Out”, lalu beberapa tamu Anda justru melakukan “Last Minutes Cancel” atau “No Show”?

Jika Anda pernah mengalami kedua contoh situasi diatas, itu berarti Anda memerlukan “Revenue Management” dalam tata kelola dalam mengoptimalan “Pendapatan” bagi hotel Anda.

Fungsi utama dari Revenue Management adalah untuk mengoptimalkan “pendapatan” berdasarkan “permintaan” pasar. Selain itu berfungsi untuk “meminimalkan resiko” yang dihadapi oleh Manajemen dan owner atas investasi yang telah mereka keluarkan.

Lalu, Apa fungsi dasar dari Revenue Management ini dan apa latar belakangnya?

A Revenue Manager’s goal is to achieve the: 1. Right product to the 2. Right customer at the 3. Right time for the 4. Right price through the  5. Right channel.” – By Robert Cross

Sebagai Revenue Manager, tugas Anda adalah untuk menjual produk yang tepat kepada segmen tamu yang tepat pada waktu yang tepat pada level harga yang tepat dengan jalur distribusi yang tepat pula.

Latar belakang dari fungsi tersebut adalah karena semakin rumitnya dalam pengelolaan Revenue saat ini dengan semakin banyaknya kompetisi, banyaknya pilihan jalur distribusi dan demand pasar yang semakin sulit diprediksi dimana perubahan demand & supply bisa terjadi dalam kurun waktu yang sangat cepat.

Lantas, bagaimana process dalam menjalankan fungsi tersebut?

Dalam menjalankan fungsi tersebut, Revenue Manager akan dihadapkan terhadap 6 proses yang harus dilalui untuk menjual inventory-nya, seperti terlihat dalam gambar ilustrasi dibawah ini:

Revenue Management Action & Process
Total Revenue Management Model, by Breffni M. Noone, Cathy A. Enz, and Jessie Glass mire, Cornell Hospitality Vol 17 No 8 Page 12. 
  • Step 1 Data Collection, yaitu Anda harus mengumpulan data-data seperti Room Sold, Room Occupied, ARR, ADR, Projected Room Booking next week, market segment dan data-data pendukung lainnya.
  • Step 2 Data Aggregation, dari data-data yang telah Anda kumpulkan, maka Anda dapat mengkonsolidasi data-data tersebut kedalam sebuah bentuk laporan statistik yang cantik dan menawan
  • Step 3 Data Analysis, nah ini saatnya Anda melihat data-data statistik untuk Anda analisa dengan seksama, yaitu dengan melakukan what if analysis, matching puzzle, atau menggunakan AB Testing analysis approach.
  • Step 4 Forecasting yaitu dengan menggunakan hasil analisa Anda untuk memproyeksikan level demand & supply dipasar dan memperkirakan performa bisnis untuk hotel Anda
  • Step 5 Decision yaitu saatnya Anda mengambil keputusan baik untuk membuka atau tutup inventory, menaikkan atau menurunkan harga yang ideal dan membuat restriksi tertentu dalam inventori yang Anda miliki sesuai strategi yang Anda pilih.
  • Step 6 Distribution, keputusan yang telah Anda buat kemudian ditindak lanjuti yaitu dengan mendistribusikan kepada seluruh channel distribusi penjualan yang tepat pada saat yang tepat, baik channel offline maupun online.

Jadi fungsi dari Revenue Manager itu simple saja, yaitu: Memahami data dan situasi pasar, mengantisipasi dan menindaklanjuti demand yang ada dipasar yang bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan bagi hotel.

Kunci sukses dalam menjalankan fungsinya terletak pada “ketersediaan informasi” dan “kebersihan data” dimana Revenue Manager sangat berhubungan erat dengan Front Office dan Sales & Marketing, baik dalam proses data entry mau pun dalam proses penerimaan informasi yang akurat untuk diolah, dianalisa dan mengambil keputusan yang tepat.

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Pelajari Juga Artikel Menarik dibawah ini: 

Menghitung Average Room Rate (ARR)

Menghitung Average Daily Rate (ADR)

Menghitung RevPAR

Membangun Budaya Revenue Management

Mahalnya Data Di Industri Perhotelan

Pentingnya Forecast Sebagai Alat Management 

Pentingnya Channel Manager Sebagai Alat Distribusi 

Like & Share
error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id