Forecast Sebagai Alat Management Hotel

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Pernahkah Anda melihat Perkiraan Cuaca yang ditanyangkan di Televisi? Biasanya perkiraan cuaca dibuat untuk harian atau mingguan. Perkiraan cuaca sangat penting yang biasanya digunakan oleh sang pilot untuk menentukan flight plan mereka yang dikeluarkan oleh lembaga otoritas seperti BMKG.

Dengan perkiraan cuaca tersebut maka sang pilot dapat merencanakan rute yang akan dilalui dan memutuskan kecepatan dan ketinggian yang akan digunakan pada waktu yang tepat. Melihat  dan menganalisa perkiraan cuaca adalah hal yang wajib dilakukan oleh Pilot sebelum melakukan rencana penerbangan yang digunakan untuk memastikan keselamatan dan keberhasilan dalam penerbangan yang akan dilakukannya.

Bagaimana dengan industri perhotelan kita? Apa kaitannya dengan industri kita? Bagaimana proses penerapannya? Dan siapa yang bertanggung jawab?

General Manager (GM) boleh diibaratkan sebagai seorang pilot yang selalu melihat perkembangan bisnis dari dua arah, yaitu nilai pencapaian bisnis yang “sudah” dilalui dan yang “akan” dilalui.

Ia melihat kebelakang untuk melihat apa saja yang sudah berhasil dicapai dan mencari cara untuk “mempertahankan” yang sudah  berhasil dilalui dan mencari cara untuk “meningkatkan” hasil pencapaian yang dikehendaki. Ia akan mengambil keputusan-keputusan strategis untuk kedua hal tersebut, baik penetapan harga jual kamar, penambahan dan pengurangan tenaga kerja, perencanaan pembeliaan perlengkapan kebutuhan operasional, maupun mengambil keputusan dalam perencanaan aktivitas rencana penjualan (Sales Plan) yang tepat.

Untuk melihat kebelakang, biasanya GM akan melihat berbagai macam pencapaian dalam laporan-laporan keuangan yang ada dan yang telah berjalan, lalu GM akan melihat kedepan dengan menggunakan salah satu hasil laporan yang bernama “weekly forecast”. GM biasanya dibantu oleh seorang Revenue & Distribution Manager atau Front Office Manager dalam menyajikan Laporan Forecast yang akurat.

Laporan forcast hotel tersebut berupa beberapa elemen dibawah:

Nilai tingkat hunian kamar atau jumlah event dalam seminggu atau sebulan kedepan.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar level kesibukan yang akan dilalui oleh hotel. Besar kecilnya volume bisnis sangat berpengaruh terhadap:

a. Penentuan Jumlah pekerja yang akan digunakan.

Forecast berguna untuk menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan beban kerja yang akan dilalui dalam masa yang akan datang.

Misalnya untuk menjaga kualitas ketika  volume bisnis tinggi maka semakin banyak pula jumlah pekerja yang dibutuhkan yaitu dengan menambah jumlah tenaga casual/daily worker. Sebaliknya, ketika volume bisnis menurun maka jumlahnya dikurangi sehingga beban variable cost menjadi berkurang. Hal ini akan  berdampak pada financial statement diakhir bulan. Disinilah letak Human Resource Manager sebagai partner bisnis untuk memastikan nilai produktivitas selaras dengan strategi bisnis yang akan dilalui.

b. Mengatur Ketersediaan Stock

Forecast sangat berguna untuk mengendalikan ketersediaan dan perputaran stock. Misalnya saja stock amenities yang ada dikamar hotel seperti sabun, shampo, pasta gigi dan lainnya. Selain itu juga berfungsi untuk mengendalikan ketersediaan stock untuk keperluan makanan dan minuman. Dengan meneliti laporan forecast maka Anda bisa melihat dan membandingkan antara stock yang Anda miliki saat ini dan rencana pembeliaan barang-barang keperluan operasional sesuai dengan volume bisnis. Sehingga tidak ada penimbunan stock yang beresiko rusak atau kekurangan stock yang berdampak kepada kualitas pelayanan.

c. Menentukan Perkiraan Energy Cost

Dengan memiliki forecast maka Anda juga bisa melihat perkiraan biaya energi yang akan Anda keluarkan. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan nilai yang sesuai dengan volume bisnis.

Perkiraan Pendapatan (Revenue) 

Komponen laporan forecast lainnya adalah perkiraan sumber-sumber pendapatan hotel. Sehingga Anda dapat melihat seberapa besar nilai proyeksi pendapatan yang akan  dihasilkan. Lalu, Anda  bisa membandingkannya dengan “target anggaran” pendapatan yang harus dicapai (budget). Sehingga, bila dalam forecast terlihat bahwa kita masih tertinggal oleh budget, maka kita masih memiliki waktu untuk mengejar ketertinggalan kita dengan mencari berbagai strategi untuk mencapainya.

Average Daily Rate (ADR)

Kompenen penting dalam laporan forecast lainnya adalah Average daily rate yang sangat penting sebagai alat ukur harga kamar yang kita jual sesuai dengan posisi merek hotel kita dipasar. Dengan memiliki forecast, maka Anda bisa melihat besaran permintaan (demand) yang ada di hotel kita. Lalu, Anda dapat mengambil  keputusan untuk menerapkan Dynamic Pricing dihotel Anda untuk menyeimbangkan nilai bisnis dan tingkat hunian yang ideal. 

Umumnya, laporan forecast tersebut telah tersedia dalam Property Management System di hotel Anda. Biasanya laporan forecast ini disempurnakan lagi oleh Revenue & Distribution Manager atau Front Office Manager dengan memberikan analisa lengkap dalam pengambilan kebijakan yang akan diambil yang  berhubungan dengan penentuan harga jual dan strategi penjualan.

Forecast merupakan salah satu dari berbagai alat management hotel dalam memastikan pertumbuhan bisnis. Fungsi management tersebut meliputi: Perencanaan aktifitas management, pengaturan dan mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang dimiliki, dan mengontrol semua aktivitas dari tim hotel dalam melaksanakan roda perputaran bisnis di hotel. Forecast juga sangat berguna dalam pengendalian variable cost dihotel sehingga profitabilitas bisnis dapat diraih dan dikendalikan.

Jadi, forecast sangat penting sebagai kelengkapan “alat management” yang ada di industri perhotelan, selayaknya seorang pilot yang menggunakan weather forecast untuk perencanaan penerbangan demi keselamatan dan kesuksesan penerbangan atas destinasi yang ingin dicapai. 

Salam Jempolier,

By: Ikin Solikin |IHLC.co.id

Pelajari juga artikel menarik dibawah:

Cara Menghitung Occupancy Hotel

Cara Menerapkan Dynamic Rate 

Membangun Budaya Revenue Management 

Cara Membangun Budaya Sales 

 

Like & Share
error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id