Festival of light – Jogja rasa Singapura

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

hotelier.co.id- Festival of light adalah salah satu Festival ragam lampion terbesar di Jogjakarta yang diadakan di kawasan gardu pandang Gunung Merapi di Kaliurang, kabupaten sleman.

Selain mempertunjukkan ratusan lampion bercahaya menghiasi gelapnya malam di gardu pandang Kaliurang, di dalam Festival of light ini juga mengadakan show berupa Water dancing yakni pertunjukkan air mancur yang menari-nari mengikuti irama lagu yang dikombinasikan dengan permainan lampu LED, sinar laser, dan Proyektor sehingga membuat kesan seperti menyaksikan water dancing  di Singapura. Jadi kalian tidak perlu jauh-jauh main ke Singapura hanya untuk melihat water dancing ini hehehe.

Pertunjukan Water dancing dibagi menjadi 3 jam pertunjukan yakni pukul 19.30 , pukul 20.30, dan pukul 21.30.

Untuk dapat menikmati pertunjukan water dancing dan festival of light ini pengunjung diwajibkan membeli tiket yang sudah disiapkan oleh panitia di loket tiket.

Harga satu tiket masuk festival of light ini terdiri dari 2 jenis tarif :

Senin- Jumat : Rp 25.000 per orang untuk sekali masuk

Sabtu dan minggu : Rp 30.000 per orang untuk sekali masuk

Di area festival of light ini juga terdapat puluhan warung makan dan stand makanan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman sehingga pengunjung tidak perlu khawatir apabila selama menikmati indahnya malam di area Festival of light ini merasa lapar dan haus.

  • Route menuju area Festival of light di gardu pandang kaliurang dari kota jogja:

Dari Malioboro ke utara sampai stadion kridosono, kemudian ke utara lagi sampai Bunderan UGM. Kemudian dari Bunderan UGM belok kiri menuju perempatan Mirota Kampus. Dari mirota kampus belok kanan sampai Bulaksumur UGM. Nah dari Bulaksumur UGM, kalian hanya melaju ke Utara terus sampai menuju Kaliurang. Setelah sampai tempat retribusi masuk wilayah Kaliurang, kalian lurus saja sampai ketemu Patung Udang. Dari patung udang, kalian masih tetap lurus mengikuti jalan. Sampai ketemu Pertigaan Goa Jepang. Dari pertigaan goa jepang, belok kiri sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai ke area festival of lights di gardu pandang kaliurang ini.

  • Tips-tips dari penulis :
  1. Dari rumah siapkan baju hangat seperti jaket karena udara malam di kaliurang cukup dingin.
  2. Selain baju hangat, siapkan juga payung untuk melindungi tubuh dari cipratan air ketika melihat pertunjukan Water dancing.
  3. Pastikan kondisi kendaraan layak untuk jalan seperti Fungsi rem dan handling / kopling serta lampu mobil.
  4. Agar terhindar dari kemacetan panjang di jalan menuju area Festival of lights, disarankan agar berangkat sebelum jam 5 Sore. Apabila kalian berangkat dari pusat kota jogja setelah jam 5 sore, maka sampai di Kaliurang kalian akan terjebak macet yang akan membuat driver mobil kewalahan untuk memainkan hand rem  kopling /gear mobil,dan pedal gas karena jalan menuju ke area Festival of lights yang menanjak.
  5. Apabila kalian menggunakan sepeda motor, pastikan juga kondisi sepeda motor siap digunakan di jalan yang menanjak, karena pernah ditemui beberapa pengemudi motor yang  jatuh tergelincir karena sepeda motor tidak kuat untuk menanjak.
  6. Parkirkan kendaraan di lokasi parkir paling dekat dengan area Festival of lights supaya kalian tidak berjalan terlalu jauh.
  7. Apabila ingin ke toilet, sebaiknya cari toilet di luar area Festival of light ,supaya teman-teman dapat menikmati pertunjukan Festival of light dan water dancing dengan nyaman.
  8. Diusahakan jangan memakai perhiasan ataupun barang mewah yang kelihatan mencolok, dan jaga barang bawaan seperti Handphone dan dompet.
  9. Apabila membawa anak kecil (usia dibawah 7 tahun) sebaiknya digendong saja untuk menghindari berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya saat menyaksikan pertunjukan Water dancing.
  10. Jangan menyentuh dan menginjak kabel yang berada di lokasi Festival of light karena selain bertegangan tinggi, juga bisa menyebabkan pertunjukan festival of lights menjadi terganggu.
  11. Gunakan cahaya dari senter untuk menerangi jalan apabila kalian belum hapal mengenai kondisi medan di gardu pandang merapi ini, karena selain kontour tanah yang berbatu, di gardu pandang merapi ini juga terdapat jurang.

Festival of light ini dimulai sejak tanggal 17 Juni dan akan berakhir pada tanggal 31 Juli 2017. Jadi, kapan nih kalian akan main-main ke festival of light untuk merasakan susasana Jogja rasa Singapura? Apa kamu tertarik?

 

Salam jempolier!!

by Galih Satria Hutama

Photo Credit: Jogja.co

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id