FAQ: Apa motivasi hotelier.co.id menulis?

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

hotelier.co.id – Banyak sekali rekan-rekan se profesi yang menanyakan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang intinya hampir semuanya sama:

Apa sih hotelier.co.id itu? 

Situs ini adalah portal belajar yang berisi ilmu-ilmu dalam dunia perhotelan dan pariwisata. Saat ini memang kontennya masih sangat terbatas, namun cukup untuk mempelajari seluk beluk bagaimana sebuah hotel dioperasionalkan dan dikelola. Variasi kontennya ditargetkan dari mulai level basic hingga yang bernuansa strategi. Target audiencenya pun bervariasi, dari mulai pelajar, hingga level executive dan owner hotel.

Sebetulnya ada juga sih situs jobnya yang ada di Jobs.Hotelier.co.id, namun saat ini belum kami aktifkan, fokus kami masih mengembangkan konten belajar, sehingga para calon kandidat bisa belajar dulu seluk beluk pekerjaan didunia perhotelan sebelum mereka melamar kerja.

Siapa dibalik hotelier.co.id? 

Pemilik situs ini adalah PT Lintas Top Media (PT LTM) yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Advertising. Lalu, PT LTM mempercayakan pengelolaan kontennya kepada Indonesian Hospitality Learning Center (IHLC)

Siapa IHLC? 

IHLC merupakan lini usaha dari PT Kapita Solusi Indonesia (PT KSI) yang merupakan perusahaan konsultan dibidang riset dan strategi untuk industri perhotelan dan kesehatan. PT KSI juga membawahi Kapita Technology yang menjalankan usahanya dibidang Software Developer yang dikembangkan bersama para profesor dan expert dibidang perhotelan dan kesehatan, para ahli dibidang tekhnologi big data dan bidang keahlihan perancang system berbasis artificial intelligent.

Kenapa hotelier.co.id menulis konten-konten bermuatan keilmuan dan membagikannya secara cuma-cuma? 

Proses pembuatan konten, pengaturan penulis dan penetrasi pembaca dilakukan oleh PT Kapita Solusi Indonesia dengan prinsip sosial yang merupakan salah satu bagian dari program Kapita Care (program Corporate Social Responsibility) dengan konsep sustainability dibidang pendidikan masyarakat secara luas. Konsep-konsep yang ditulis terbilang masih sangat basic dan akan terus dikembangkan ke level advance dengan berbagai variasi jenis konten lainnya.

Kenapa diberikan secara Gratis? Bukankah IHLC bergerak dibidang konsultan? 

Menurut kami “Knowledge is Free“, karena untuk berhasil implementasi wawasan tersebut para pembaca  memerlukan pendampingan, alat, dan berbagai resources pendukung lainnya. Hal tersebut sangat sulit untuk kami lakukan hanya melalui tulisan. Core business kami dibidang riset, strategi dan tekhnologi dimana pelatihan hanya salah satu dari sekian banyak jenis layanan yang kami berikan.

Konten yang kami bagikan hanya sekedar bersifat knowledge, maka tidak mungkin kami harus memungut fee. Yang terpenting adalah masyarakat luas bisa mendapatkan pemahaman mengenai bidang perhotelan dan menumbuhkan minat belajar mereka untuk memperbaiki diri untuk mengabdi kepada negri dengan caranya sendiri-sendiri.

Tujuan utama kami adalah supaya semua orang tertarik untuk melanjutkan pendidikan dibidang perhotelan, lalu mengabdikan diri untuk bangsa dibidang perhotelan dan pariwisata. Sehingga, sustainability bisnis dibidang ini terus berjalan dan membawa banyak manfaat untuk bangsa dan negara, termasuk  untuk kami. Itulah program berkelanjutan yang kami dambakan.

Siapa yang boleh menulis?

Siapa pun boleh berpartisipasi dalam mempersiapkan generasi kita dalam menyongsong bonus demografi yang diperkirakan akan melonjak tajam ditahun 2020 hingga 2030. Jika generasi tersebut tidak disiapkan maka bisa berakibat fatal terhadap keberlangsungan penerus profesi perhotelan yang berdampak pada kerberlangsungan bisnis di industri Pariwisata dan Perhotelan.

Anda bisa menulis konten belajar atau pun exposure pariwisata didaerah Anda masing-masing, sehingga akan menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan bangga akan kekayaan negri.

Jika Anda ingin berpartisipasi, silahkan kirimkan artikel dan biografi singkat Anda ke admin@hotelier.co.id

Bolehkah konten artikelnya digunakan pembaca sebagai materi pelatihan?

Sangat boleh, kami sangat senang bila artikel kami disebar luaskan atau digunakan sebagai bahan ajar di hotel atau disekolah, sehingga Anda juga telah berkontribusi menbangun bangsa. Silahkan catumkan link atau logo hotelier.co.id, jika Anda memerlukan logo atau format slide presentasi yang menarik, silahkan ajukan permintaan Anda melalui admin@hotelier.co.id

Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan konten sebagai bahan ajar, maka Anda harus melengkapinya dengan studi kasus-studi kasus lainnya, sehingga materi yang Anda sampaikan dapat mudah diterapkan. Anda dapat berkonsultasi gratis melalui email diatas.

Dari mana sumber pendapatan hotelier.co.id? 

PT Lintas Top Media adalah perusahaan iklan, sumber pendapatannya ya dari iklan banner yang bisa di klik itu. Namun, untuk saat ini kami masih fokus untuk mengembangkan platform kami dan konten-konten yang berkualitas dan masih belum fokus untuk komersialisasi. Seluruh biaya operasional ditanggung oleh PT LTM.

Apakah hotelier.co.id mengadakan pelatihan-pelatihan? 

Iya benar, salah satu programnya adalah pelatihan langsung. Biasanya topik-topiknya memperdalam konten-konten artikel atau eBook yang disampaikan oleh fasilitator dan diiringi dengan praktek-praktek secara langsung. Pelatihan hanya dilakukan atas undangan dari komunitas, akademisi atau asosiasi. Kami tidak membuka sesi pelatihan secara terbuka namun hanya melalui komunitas tersebut, Karena sifatnya hanya mendukung dan melengkapi tujuan dari teman-teman sejawat dalam mencerdaskan bangsa.

Apakah pelatihan tersebut berbayar? 

Tidak, kami tidak memungut fee, karena semua pelatihan yang dilakukan atas inisiatif rekan-rekan  seprofesi dan merupakan program CSR kami. Bila mereka memberlakukan fee, itu karena untuk membayar lunch dan coffee break yang Anda konsumsi ketika menghadiri sesi pelatihan yang umumnya diadakan selama 1 hingga 2 hari. Selain itu untuk membayar akomodasi dan tiket pesawat bagi para fasilitator yang akan di undang bila undangan berasal dari luar kota Jakarta.

Bagaimana cara mengundang fasilitator dari hotelier.co.id?

Caranya silahkan diakusikan dengan asosiasi, akademisi atau komunitas Anda dan kirimkan permintaan Anda yang berisi:

  1. Judul Artikel mana yang akan dikupas
  2. Tanggal dan Durasi (minimum durasi adalah 8 jam per hari dan maksimum adalah 16 jam untuk dua hari, karena konsepnya fasilitasi, workshop, group coaching dan konsep interaktif lainnya, bukan seminar)
  3. Kirimkan permintaan Anda 2 bulan sebelumnya ke admin@hotelier.co.id

Bisakah hotelier.co.id menjadi media partner? 

Bisa, hotelier.co.id adalah situs bersama, lebih tepatnya collaborative platform dimana kerjasama model apa pun akan kami terima selama membawa dampak positif bagi insan perhotelan tanah air. Kami percaya bahwa dengan bersama-sama maka kita bisa melangkah lebih cepat dan lebih luas dalam menjangkau masyarakat untuk terus belajar. Siapa pun bisa menjadi media partner atau pun penulis kami, dari mulai akademisi, komunitas, media, assosiasi, konsultan, individu dan instansi pemerintah terkait bidang perhotelan dan pariwisata.

Silahkan kirimkan permintaan Anda ke admin@hotelier.co.id

Semoga FAQ diatas  menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para pembaca setia. Terima kasih telah membaca dan salam jempolier!

About Us | Contact Us  | Term 

Like & Share
error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id