Ditengah Talent War, Hotelier dibidik Industri Lain karena karakternya

Hotelier.co.id – Bila dibandingkan dengan industri pelayanan lainnya seperti Bank, Airline dan Rumah sakit, maka HOTEL adalah industri yang paling menyenangkan untuk bekerja. Karena, industri hotel lebih flexible dan sangat dynamis dalam menjalankan roda operasionalnya.

Orang-orang perhotelan saat ini banyak sekali dibidik oleh ketiga industri tersebut karena ketiganya ingin mengadopsi pelayanan ala hotel berbintang.

Insan hotelier indonesia sangat terkenal dimata mereka sebagai orang-orang yang ramah, jujur, menyenangkan dan berorientasi kepada solusi, sehingga mereka tergiur untuk menyuntik DNA pelayanan mereka seperti di hotel demi meningkatkan image perusahaanya.

Ya, sebut saja Garuda Indonesia yang berkolaborasi dengan Chef dari hotel untuk menghadirkan menu masakan ala hotel berbintang. Atau, MNC Bank yang memposisikan dirinya sebagai bank bintang lima. Selain itu, RS SMC Telogorejo, rumah sakit terbesar dan bergengsi dikota semarang ini yang juga menempatkan pelayanan diposisi teratas dalam strategi bisnis mereka.

Ditengah tingginya Talent War di industri kita sendiri, ternyata mereka juga tergiur atas insan perhotelan. Lalu, apa yang menyebabkan mereka tergiur?

Dirangkum dalam pengalaman penulis di industri hotel, maka berikut adalah karakter yang pas dan tepat untuk insan perhotelan tanah air:

Honest & Friendly

Dihotel, Anda akan banyak bertemu dengan orang-orang yang asyik-asyik, suka guyon dan membuat orang lain menjadi betah dengan Anda. Disana juga banyak dijumpai orang-orang yang jujur yang secara tertulis sangat tegas diatur dan ditindak bila dilanggar. Contoh, Anda ambil sabun atau benda apa pun didalam areal hotel, lalu dibawa keluar dan ketangkap security pada saat pemeriksaan keluar, maka tamatlah karir Anda. Walaupun barang yang diambil terlihat sepele, tapi inti sari dari aturan tersebut adalah menanamkan “Budaya Jujur”

Out of the Box

Pelayanan itu dynamis dan bergerak mengikuti situasi dan perkembangan jaman. Contoh, food fashion tahun ini bisa sangat berbeda dengan tahun depan dan semua karyawan harus bisa mengikuti perkembangan yang ada. Selain itu, mereka juga harus kreatif dalam menghadapi situasi-situasi sulit yang harus direspon secara tepat dan cepat.

Team spirited

Bekerja dihotel sama seperti bermain musik yang dapat menghibur para penontonnya. Untuk memainkannya, kekompakan team adalah kuncinya.

Effective Process

Proses pengerjaan apa pun yang ada dihotel selalu dilihat dari tiga sudut pandang, yakni Tamu, Karyawan dan perspective control. Sehingga, yang dikerjakan menjadi efektif.

Learning & Leading

Karena mengikuti perkembangan jaman, maka hotelier terus ditempa untuk belajar, target-target pelatihan pun ditentukan, sehingga kaliber karyawannya dapat mengikuti perkembangan bisnis dan memimpin pasar.

Baca Juga: Tentang Hotelier

Oleh karena itu, kelima nilai-nilai tersebut diatas yakni H.O.T.E.L adalah nilai-nilai yang kami gunakan dalam operasional hotelier.co.id dan aplikasi kami yang lainnya. Sehingga, kehadiran kami dapat memberikan manfaat untuk insan perhotelan tanah air ditengah gencarnya kehadiran MEA.