Cara Resign Yang Baik

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hotelier.co.id- Resign atau pengunduran diri adalah hal yang sering terjadi di setiap unit hotel. Bagi karyawan, resign adalah salah satu cara untuk pindah ke unit hotel lain ataupun mencari kesempatan yang lebih baik di luar sana. Resign atau mengundurkan diri dengan seenaknya sendiri sangat berbahaya bagi masa depan karyawan tersebut karena nama baik karyawan tersebut menjadi jelek dan bisa menyebar ke HR dari hotel yang lainnya.

Sebaiknya, jadikan resign sebagai opsi yang paling terakhir bila Anda sedang dirundung emosi. Pikirkan langkah Anda dengan matang dengan melihat dari berbagai macam sudut pandang. Diskusikan langkah Anda kepada keluarga, sahabat atau atasan Anda, mintalah pandangan mereka. Lalu, olah informasi yang Anda dapatkan dan analisa plus dan minus atas keputusan yang akan Anda ambil.

Bila memang Anda sudah yakin untuk melangkah, maka artikel ini akan menjelaskan tata cara mengundurkan diri dari hotel Anda dengan cara baik-baik.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengajukan resign yang baik :

  1. Temui atasanmu untuk mengajukan pengunduran diri secara verbal. Hal ini sangat diperlukan agar manager kamu mengetahui kalau kamu ingin mengajukan resign, selain itu atasanmu juga bisa menganalisa sebab kamu mengundurkan diri dan dapat melakukan rolling atau re-position untuk temen-temenmu yang bisa mengambil alih sementara pekerjaanmu apabila HRD belum menemukan kandidat yang sesuai. Dengarkan baik-baik saran yang diberikan oleh manager kamu, jika kamu masih ragu, urungkan niatmu untuk resign.
  2. Mengajukan resign  jangan mendadak, minimal 1 bulan sebelumnya atau ikuti ketentuan yang ada di hotel kamu. Mengapa hal tersebut perlu diperhatikan? Karena dengan kita mengajukan resign sesuai ketentuan waktu dari hotel Anda, maka team HR dapat melakukan rekrutmen kembali untuk mengisi posisi yang akan kamu tinggalkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan serah terima pekerjaan kepada  seseorang yang kelak akan mengisi posisimu sementara hotel masih menunggu kandidat penggantimu bergabung dengan hotel.
  3. Temui Manajer HR dan berikan surat resign untuk mengajukan pengunduran diri. Biasanya HRD akan menanyakan alasan mengapa resign, tujuan HRD menanyakan alasanmu supaya mereka mengetahui motivasi kamu keluar dari hotel dan menindaklanjuti supaya kedepannya menjadi lebih baik dan karyawan menjadi betah kerja di hotel.
  4. Sambil menunggu masa resign (hari H kamu keluar dari unit hotel), fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaanmu, lakukan serah terima dengan baik sehingga ketika kamu sudah keluar, pekerjaanmu sudah beres. Dan jangan lupa untuk mengajari teman-temanmu agar bisa membackup pekerjaanmu sampai kandidat penggantimu sudah bisa join.
  5. Pamit kepada Atasanmu (manager/departement head) dan ucapkan terimakasih atas bimbingannya selama ini sudah diberikan untuk kamu dan ucapkan maaf apabila terdapat kesalahan yang mungkin tidak sengaja kamu buat.
  6. Pamit kepada teman-teman departemenmu, biasanya teman-temanmu akan mengadakan pesta perpisahan kecil-kecilan (farewell party) buat kamu.
  7. Pamit kepada Manajer HR dan mengembalikan property atau barang milik hotel yang dipinjamkan seperti uniform (seragam), name tag, kartu asuransi, password komputer dan email kerja serta semua item yang tertuang dalam standard check list untuk proses pengunduran diri.
  8. Mintalah surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh HRD. Surat keterangan kerja sangat kamu butuhkan untuk melamar kerja di tempat lain dan juga untuk proses pencairan BPJS dimasa-masa yang akan datang. Simpan surat keterangan kerja dengan sebaik-baiknya, satukan dengan dokumen-dokumen penting lainnya.
  9. Pamit kepada GM hotel (jika GM sedang tidak sibuk)
  10. Tetap menyambung silaturahmi dengan tempat kerja yang lama, karena siapa tahu kelak kamu akan membutuhkan mereka atau sebaliknya.

Dengan melakukan pengunduran diri yang baik, nama kita akan tetap bersih dan tidak dicap sebagai “skipper (tukang kabur)”, sehingga ketika kita melamar pekerjaan di tempat yang baru nama kamu akan tetap bersih apabila HR di tempat yang baru melakukan reference check dari hotel tempat kerja lamamu.

Ingat bahwa dunia tak selebar daun kelor, apalagi orang-orang hotel yang kemungkinan besar kamu akan bekerja kembali dengan kawan lamamu dihotel lain. Kunci bekerja dihotel adalah karakter yang baik.

Jadi kalau mau mengajukan resign, harus yang baik ya….biar hasilnya baik juga…

Kontributor

Galih Satria Hutama

Baca Juga Artikel dibawah:

Ciri-Ciri kamu akan dibajak hotel lain

Tips Melamar Pekerjaan

Pilih Mental Driver atau Penumpang? 

 

 

Like & Share

One thought on “Cara Resign Yang Baik

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id