Cara Menghitung Revenue Generation Index (RGI)

Feel Free to share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

hotelier.co.id – Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa tingkat pendapatan  (revenue) di hotel Anda lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor Anda? Apa alat ukurnya?

Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana sih cara kita dalam menghitung Revenue Generation Index (RGI) yang berguna bagi Revenue Management dalam pengelolaan pendapatan dihotelnya dan menjadikannya sebagai salah satu alat ukur external bagi keberhasilan dalam tata kelola pendapatan?

Apa definisi RGI? 

Dalam ilmu perhotelan, Revenue Generation Index (RGI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur level pendapatan per kamar yang tersedia / Revenue Per Room Available (RevPAR) pada hotel Anda yang dibandingkan dengan hotel-hotel yang berada pada keseluruhan hotel kompetitor yang telah Anda pilih dikota Anda yang berguna untuk melihat apakah Anda mendapatkan pembagian pasar berdasarkan pendapatan yang layak atau tidak.

Rumus cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

RGI = Hotel RevPAR dibagi dengan ComSet RevPAR

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh penerapan rumus diatas adalah sebagai berikut:

RGI = RevPar Kapita (IDR 720.000) dibagi dengan RevPAR ComSet (IDR 683.600) = 1.05

Cara membacanya adalah sebagai berikut, Jika hasil Index Anda adalah:

  • 1.00, maka posisi RevPAR Anda sama dengan nilai RevPAR  yang berada dipasar
  • Lebih dari 1.00, maka posisi RevPAR Anda berada diatas pasar
  • kurang dari 1.00, maka posisi RevPAR Anda berada dibawah pasar

Dalam ilustrasi diatas, maka kita melihat bahwa besaran nilai RevPAR pada Kapita Hotel adalah sebesar IDR 720.000 dengan nilai Revenue Generated Index sebesar 1.05 yang berarti bahwa Kapita Hotel berada pada level 5% diatas nilai RevPAR dalam ruang lingkup kompetisinya yaitu dengan nilai occupancy dikota Anda sebesar IDR 683.600.

Dari ilustrasi diatas, kita juga melihat bahwa pasar pada hotel D berada pada level yang sama dengan nilai RevPAR dipasar, sedangkan RevPAR pada Hotel E berada pada pada level -13% dibawah  kompetisi. Hal itu berarti potensi pendapatan per kamar yang tersedia pada hotel E diambil oleh hotel Kapita, Hotel B dan C.

Setelah mengetahui cara menghitungnya, lalu Apa saja manfaatnya?

  • Anda dapat menggunakan data RGI sebagai pembanding dengan kompetitor dan memacu semangat team untuk mempertahankan atau meningkatkan volume tingkat Pendapatan per Kamar Yang Tersedia (Revenue Per Available Room / RevPAR)
  • Megetahui laju penetrasi pendapatan pada hotel Anda terhadap segmentasi pasar dan kompetisi yang Anda masuki.
  • Mengetahui rata-rata tingkat buying power di kota Anda
  • Mengetahui tingkat pembagian pasar (market share) dari perspektif pendapatan

Jadi, sudahkan Anda menggunakan RGI sebagai indicator di hotel Anda?

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Baca Juga Artikel Menarik Dibawah:

Daftar Isi: Fundamental Revenue Management 

Intro To: Fundamental Revenue Management 

Pentingnya Performance Management Bagi Hotelier

Cara Menghitung Average Rate Index (ARI)

Cara Menghitung Market Penetration Index (MPI)

KPI Revenue Management 

Pentingnya Forecast Bagi Hotelier 

5 Cara Menentukan Kompetitor

Menganalisa Value Proposition Hotel 

Cara Menghitung Average Rate Index (ARI) 

Cara Menghitung Occupancy 

Cara Menghitung RevPAR

Like & Share

Leave a Reply

error: Copyright by HOTELIER.CO.ID 2017. For non commercial purpose, please contact info@hotelier.co.id