Cara Menghitung Market Penetration Index (MPI)

hotelier.co.id – Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa tingkat hunian (occupancy) di hotel Anda lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor Anda?

Dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana sih cara menghitung Market Penetration Index (MPI) yang berguna bagi Revenue Management dalam pengelolaan pendapatan dihotelnya.

Apa definisi MPI? 

Dalam dunia perhotelan, Market Penetration Index adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat hunian (occupancy) pada hotel Anda yang dibandingkan dengan tingkat hunian yang berada pada keseluruhan hotel kompetitor yang telah Anda pilih dikota Anda.

Rumus cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

MPI = Hotel Occupancy % dibagi dengan Market Occupancy %

Cara Menghitung MPI di hotel

Dalam contoh diatas, maka Anda dapat menghitungnya dengan menerapkan rumus tersebut seperti pada contoh berikut ini:

MPI = 89% (Occupancy Kapita hotel) dibagi dengan 80% (ComSet Occupancy) = 1.12

Cara membacanya adalah sebagai berikut, Jika hasil Index Anda adalah:

  • 1.00, maka posisi occupancy Anda sama dengan nilai occupancy  yang berada dipasar
  • Lebih dari 1.00, maka posisi occupancy Anda berada diatas pasar
  • kurang dari 1.00, maka posisi occupancy Anda berada dibawah pasar

Dalam ilustrasi diatas, maka kita melihat bahwa besaran nilai Occupancy pada Kapita Hotel adalah sebesar 89% dengan nilai Market Penetration Index sebesar 1.12 yang berarti bahwa Kapita Hotel berada pada level 12% diatas nilai occupancy dalam ruang lingkup kompetisinya yaitu dengan nilai occupancy sebesar 80%.

Dari ilustrasi diatas, kita juga melihat bahwa pasar pada hotel B dan Hotel E berada dibawah kompetisi yang tersebar kedalam pasar  Kapita Hotel sebesar 12%, Hotel C sebesar 4% dan Hotel D sebesar 2%.

Setelah mengetahui cara menghitungnya, lalu Apa saja manfaatnya?

  • Anda dapat menggunakan data MPI sebagai pembanding dengan kompetitor dan memacu semangat team untuk mempertahankan atau meningkatkan volume tingkat hunian kamar
  • Megetahui laju penetrasi hotel Anda terhadap segmentasi pasar dan kompetisi yang Anda masuki.
  • Mengetahui volume demand & supply di kota Anda dan mengantisipasi dengan berbagai aspek pengelolaan hotel yaitu dengan mengambil kebijakan-kebijakan yang diterapkan baik untuk penentuan harga jual kamar dan penentuan forecast yang berguna untuk keperluan kontrol sumber daya yang dimiliki hotel untuk memaksimalkan pelayanan.

Sudahkan Anda menggunakan MPI sebagai indicator di hotel Anda?

Salam Jempolier!

By Ikin Solikin

Baca Juga Artikel Menarik Dibawah:

Fundamental Revenue Management 

Pentingnya Performance Management Bagi Hotelier

KPI Revenue Management 

Pentingnya Forecast Bagi Hotelier 

5 Cara Menentukan Kompetitor

Menganalisa Value Proposition Hotel 

Cara Menghitung Average Rate Index (ARI) 

Cara Menghitung Occupancy